Bisnis Maju Dengan Aplikasi Toko Kelontong Modern

Di tengah gempuran eCommerce yang semakin kencang di era digital seperti sekarang ini, banyak pelanggan yang lebih memilih untuk berbelanja online dengan alasan kepraktisan, fleksibilitas, dan kemudahannya. Tapi bukan berarti bisnis tradisional seperti toko kelontong lantas seketika padam. Jika kamu pintar-pintar melihat peluang, memanfaatkan teknologi, dan membuat beberapa gebrakan dalam cara bisnismu, kamu pun bisa membuat toko kelontongmu menjadi lebih modern agar tetap bisa bertahan di pasaran.

 

Meskipun belanja online secara sepintas terlihat lebih praktis, tapi ada jenis kepraktisan toko kelontong tradisional yang tidak dimiliki oleh bisnis online, yaitu pelanggan bisa langsung mendapatkan barang yang ia beli saat itu juga. Kecepatan dalam mendapatkan barang inilah yang selama ini membuat keberadaan toko kelontong tetap bertahan di banyak tempat.

 

Dalam bisnis online, waktu dan ongkos pengiriman masih sering menjadi pertimbangan pelanggan saat membeli barang. Jika pelanggan memerlukan barang secara cepat, mereka akan tetap memilih untuk berbelanja ke toko yang ada di dekat tempat tinggal mereka. Selain itu, sebagian pelanggan juga masih lebih menyukai sensasi belanja dengan memilih dan memegang langsung barang yang akan dibelinya.

 

Sebagai pemilik bisnis toko kelontong, kamu juga bisa meningkatkan pengalaman pelangganmu saat berbelanja di tokomu dengan banyak cara, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi. Jika selama ini kamu mengelola tokomu secara manual, kamu bisa mencoba mengotomatiskan beberapa aktivitas yang biasanya kamu kerjakan sendiri dengan menggunakan aplikasi wirausaha.

 

Simak bagaimana bisnismu bisa lebih maju dengan menggunakan aplikasi yang dirancang khusus untuk toko kelontong modern berikut ini.

Kasir modern

Salah satu fitur utama aplikasi toko kelontong modern adalah mengotomatiskan aktivitas transaksi belanja dengan fitur kasir modern. Dengan menggunakan aplikasi, transaksi penjualan di tokomu bisa berjalan dengan lebih cepat karena kasir hanya tinggal memasukkan kode SKU, memilih dan menekan tombol SKU, atau memindai kode barcode dengan kamera scanner.

 

Dengan fitur kasir modern, tokomu juga bisa melayani pembayaran transaksi tidak hanya dengan uang tunai, tetapi bisa juga menggunakan kartu debit, kartu kredit, dan bahkan e-wallet. Menawarkan pilihan pembayaran seperti ini akan memudahkan pelangganmu, terutama mereka yang tidak terbiasa membawa banyak uang tunai, atau yang lupa belum mengambil uang sebelum berbelanja di tokomu.

Manajemen inventori

Jika selama ini kamu harus menghitung stok barang secara manual, dengan menggunakan aplikasi seperti ini kamu tak harus melakukannya lagi. Aplikasi toko kelontong modern dilengkapi dengan fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk mengelola inventori tokomu.

 

Kamu bisa melihat posisi stok, menambahnya, hingga melakukan stok opname. Kamu juga bisa membuat PO dan mengatur stok masuk dari pemasok yang terintegrasi dengan laporan keuangan.

Loyalty Pelanggan

Kini toko kelontongmu juga bisa menawarkan program loyalty untuk pelangganmu, seperti layaknya di supermarket-supermarket besar. Kamu bisa memenangkan persaingan dengan toko-toko yang ada di sekitar lokasi bisnismu dengan memberikan pelayanan dan penawaran yang lebih baik untuk pelanggan. Kamu juga bisa mengirim promosi dan diskon langsung ke nomor ponsel atau email pelangganmu.

 

Dengan fitur untuk mengelola program loyalty pelanggan, kamu bisa menerapkan berbagai kampanye loyalty pelanggan yang kamu inginkan. Kamu bisa meningkatkan penjualan dengan memberikan reward atas loyalitas pelanggan berupa poin setiap pembelian produk. Pengumpulan poin bisa diatur berdasarkan minimum pembelian, kelipatan tertentu, serta pemilihan jam dan hari. Poin yang didapat bisa ditukarkan kembali untuk pemberian produk atau konversi pembayaran. Aplikasi toko ini bisa mencatat data lengkap pelanggan, riwayat transaksi pelanggan, dan analisis interval kedatangan. Dengan data pelanggan yang sudah tersimpan, aplikasi ini akan mencatat poin pelanggan langsung ke sistem tanpa perlu pelanggan membawa atau menyimpan kartu loyalty lagi.

Laporan keuangan

Aplikasi toko yang lengkap biasanya terintegrasi dengan data keuangan yang mencatat pemasukan dari penjualan serta pengeluaran rutin tokomu, mutasi dan riwayat buku kas. Seluruh kegiatan pencatatan keuangan mengikuti standar akunting sehingga akan menjadi laporan akunting.

 

Kamu bisa memantau penjualan tokomu secara langsung (real-time) melalui ponsel atau komputer, kapan saja dan dari mana saja. Tidak perlu lagi kamu melakukan pekerjaan manual karena semua kebutuhan laporan penjualan sudah tersedia lengkap. Bahkan aplikasi majoo memiliki 26 jenis laporan penjualan yang dilengkapi dengan data dan grafik serta dapat diunduh dalam bentuk spreadsheet.

 

Aplikasi majoo juga tetap bisa digunakan saat offline, sehingga penjualan tidak akan terganggu dan data akan disimpan dalam aplikasi. Saat perangkat aplikasi tersambung kembali ke internet, data transaksi yang disimpan akan dikirimkan ke sistem sebagai laporan penjualan.

 

Nah, jika sampai di sini kamu akhirnya memutuskan untuk melakukan transformasi toko kelontongmu menjadi toko yang lebih modern, tidak ada gunanya menunda-nunda. Bertindaklah sekarang juga. Transformasi hanya bisa terjadi jika kamu melakukannya. 


Mulailah dengan melakukan riset aplikasi yang paling cocok dengan kebutuhan toko kelontongmu. Sebelum memutuskan mau memakai aplikasi yang mana, mintalah pengembang aplikasi untuk melakukan demo program. Beberapa pengembang, seperti majoo, juga memberimu kesempatan untuk mencoba aplikasinya secara gratis. Jika kamu berminat mencoba majoo, kamu bisa mendaftar di sini.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

5 Tips Melakukan Inovasi Bisnis agar Usahamu Lebih Sukses

Inovasi bisnis penting untuk dilakukan secara terus menerus agar sebuah usaha tidak mengalami kekalahan dalam persaingan bisnis.

QRIS, Satu Langkah Penting Menuju Digitalisasi Bisnis!

QRIS agar pelanggan dapat melakukan pembayaran nontunai dengan mudah merupakan langkah yang tak boleh terlewat bila ingin melakukan digitalisasi bisnis!

majoo Maxima: Aplikasi Kasir + GrabFood untuk Bisnis Kuliner

majoo Maxima merupakan bundling majoo dengan GrabFood. Untuk kamu yang memiliki bisnis F&B, adanya fitur ini semakin mempermudah bisnismu.

Mau Inovasi Bisnis? Jangan Lupakan Hal-Hal Ini!

Setelah bisnis berjalan, pebisnis perlu melakukan inovasi untuk kelangsungan bisnisnya. Inovasi bisnis ini harus dilakukan dengan banyak pertimbangan.
Whatsapp