3 Cara Bisnis Kecil Bisa Meningkatkan Layanan Konsumen

Penulis Nisa Destiana
25 September 2023

article thumbnail


Bisnis kecil sering kali dikenal memiliki layanan konsumen yang lebih baik karena pendekatan personalnya. Banyak yang mengaitkan kesuksesan usaha kecil dengan hubungan yang dimilikinya dengan pelanggan.

Dalam lingkungan bisnis yang sangat kompetitif saat ini, memberikan layanan pelanggan yang sangat baik makin penting bagi usaha kecil yang ingin sukses. 

Pelanggan yang puas lebih besar kemungkinannya untuk kembali lagi dan merekomendasikan bisnismu kepada orang lain sehingga dapat membantumu membangun basis pelanggan setia. 

Lebih dari itu, pelanggan setia berpotensi lebih besar meningkatkan keuntungan bisnis. Pertanyaannya, bagaimana cara agar bisnismu bisa terus meningkatkan layanan konsumen

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu terapkan dalam rangkan mengoptimalkan layanan pelanggan dan membedakan bisnis kecil milikmu dari pesaing.

Latih Karyawan untuk Memberikan Layanan Prima

Karyawan merupakan wajah bisnismu. Karena itu, pelatihan karyawan agar memberikan layanan pelanggan yang baik sangatlah penting. 

Tak hanya perlu memiliki pengetahuan produk, karyawan juga perlu mengerti cara mendengarkan secara aktif, memecahkan masalah, dan berkomunikasi secara efektif dengan konsumen. 

Jika sejak awal karyawan sudah dibekali keterampilan berhadapan dengan pelanggan, karyawan akan lebih mampu memberikan layanan yang dipersonalisasi untuk konsumen secara lancar.

Selain itu, karyawan juga perlu dilatih untuk bisa merespons konsumen dengan cepat. Menurut penelitian, lebih dari 60% pelanggan mengharapkan tanggapan dalam waktu satu jam setelah menghubungi bisnis melalui media sosial. 

Maka dari itu, kamu dan tim perlu bisa menanggapi pertanyaan dan keluhan konsumen dengan cepat. Bila perlu, gunakan teknologi seperti chatbots untuk mengotomatiskan respons terhadap pertanyaan pelanggan dan siapkan proses yang memungkinkan karyawan merespons dengan cepat.

Jangan lupa, karyawan juga perlu dilatih untuk melayani konsumen dengan penuh empati. Bahkan, ketika karyawan berhadapan dengan pelanggan yang sulit. 

Empati dapat membantu meredakan situasi tegang dan membuat pelanggan merasa didengarkan dan dipahami. Dengan berempati, kamu dapat mengubah pengalaman pelanggan yang semula negatif sekalipun menjadi positif.

Baca juga: 3 Komponen yang Menjadikan Kualitas Pelayanan Excellent

 Bisnismu harus mudah diakses jika kamu ingin memberikan pengalaman menyenangkan bagi konsumen.

Berikan Layanan yang Mudah Diakses dan Dipersonalisasi

Dalam layanan pelanggan, aksesibilitas memainkan peranan penting. Pastikan bisnismu mudah diakses oleh pelanggan. 

Jadi, kamu mungkin perlu menyediakan berbagai saluran bagi pelanggan untuk menghubungimu, mulai dari telepon, email, hingga media sosial. 

Kalau kamu mau memberikan layanan yang makin prima, kamu bisa pertimbangkan layanan khusus yang mungkin tidak ditawarkan bisnis lain, misalnya menawarkan jam layanan yang diperpanjang.

Di samping itu, kamu perlu selalu ingat bahwa pelanggan tidak suka kerumitan. Oleh karena itu, jadikan proses dan prosedur layanan sederhana dan mudah. Pastikan pelanggan dapat dengan mudah menavigasi website atau toko dan segera menemukan informasi atau produk yang mereka butuhkan.

Selain kemudahan, personalisasi juga aspek penting dalam layanan konsumen. Untuk bisa memberikan layanan yang dipersonalisasi, kamu perlu mengumpulkan data pelanggan yang relevan.

Data tersebut bisa kamu jadikan dasar untuk menyesuaikan layanan dengan preferensi dan kebutuhan konsumen. 

Penyesuaian tersebut dapat mencakup berbagai aspek, misalnya memanggil konsumen dengan menyebutkan nama, mengingat pembelian mereka sebelumnya, menawarkan rekomendasi produk yang dipersonalisasi, atau memberikan diskon khusus untuk pelanggan.

Ukur Kualitas Layanan yang Kamu Berikan

Mengukur kepuasan pelanggan sangat penting untuk meningkatkan upaya layanan pelanggan. Tanpa pengukuran kualitas, kamu tidak tahu pasti layanan yang bisnismu berikan sudah maksimal atau belum.

Jadi, kamu perlu mengumpulkan data feedback dari pelanggan dan gunakan informasi tersebut untuk mengidentifikasi aspek yang masih perlu perbaikan. Feedback dari konsumen berperan signifikan dalam membantumu menyelaraskan proses bisnis dengan kebutuhan pelanggan.

Cara sederhana untuk mengukur kualitas layanan pelanggan yang kamu berikan ialah dengan bertanya langsung kepada pelanggan, terutama setelah pelanggan berinteraksi dengan bisnismu. 

Kamu bisa memanfaatkan digital tools untuk mengirimkan survei kepada konsumen tentang pengalaman mereka berinteraksi dengan bisnis sesaat setelah interaksi terjadi, misalnya melalui:

  • Chat pop-up
  • Survei di akhir telepon, bila interaksi melalui telepon
  • Survei melalui SMS
  • Formulir survei yang dikirimkan melalui email

Sifat survei yang real-time memastikan detail interaksi masih segar dalam ingatan pelanggan dan memungkinkan kamu menyelaraskan survei dengan panggilan, obrolan, atau email tertentu. Platform CRM umumnya menawarkan fitur ini sebagai bagian dari aplikasi. 

Kamu juga bisa mempertimbangkan penggunaan aplikasi kasir online yang dilengkapi fitur CRM untuk mengoptimalkan layanan konsumen. Lebih dari itu, penyelesaian proses transaksi pun jadi jauh lebih cepat dan mudah jika kamu menggunakan aplikasi kasir online. Tunggu apa lagi? Yuk, coba sekarang!

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo