Table of Content

    • majoo blog
    • Tips
    • Cara Usaha Kecil Bertransformasi Menjadi Bisnis Besar

    Cara Usaha Kecil Bertransformasi Menjadi Bisnis Besar


    \ Dengan strategi yang tepat, usaha kecil dapat melakukan ekspansi bisnis.


    Selama tahun-tahun awal pembentukan, hampir semua perusahaan fokus pada upaya mempertahankan kelangsungan bisnis. Meskipun begitu, memikirkan pertumbuhan bisnis merupakan salah satu cara terbaik untuk memastikan bahwa bisnis bukan hanya sanggup bertahan, melainkan memiliki kondisi keuangan yang stabil untuk jangka panjang.


    Pertanyaannya, bagaimana cara membawa usaha kecil lebih dari sekadar memiliki kapabilitas untuk bertahan? Bagaimana mengubah bisnis menjadi sumber pendapatan besar seperti yang kamu idamkan? Layaknya berbagai aspek dalam bisnis, terdapat beberapa strategi ekspansi bisnis yang patut kamu coba.

    Meningkatkan retensi konsumen

    Mendapatkan konsumen baru bukanlah satu-satunya cara untuk memajukan bisnis. Pada banyak kasus, konsumen yang sudah pernah berbelanja di gerai milikmu adalah peluang terbaik untuk meningkatkan penjualan.


    Pasalnya, konsumen yang sudah pernah membeli produk lebih besar kemungkinannya untuk bertransaksi kembali. Selain itu, terdapat studi yang menunjukkan bahwa meningkatkan retensi konsumen turut meningkatkan nilai perusahaan.


    Maka dari itu, pastikan kamu memiliki dokumentasi terkait informasi dan preferensi konsumen. Kemudian, manfaatkanlah informasi tersebut untuk mengubah konsumen menjadi pelanggan setia. Mempunyai basis pelanggan yang solid dapat menjadi bekal untuk keberhasilan ekspansi bisnis.


    Baca Juga: Program Loyalitas, Cara Mudah Menjaga Retensi Pelanggan

    Meminta referral

    Meskipun meningkatkan retensi konsumen sangat penting, mendapatkan konsumen baru tentu mendukung pertumbuhan bisnis. Salah satu cara terbaik bagi usaha kecil dalam menjaring konsumen baru adalah meminta referral dari para pelanggan.


    Karena para pelanggan merupakan bagian dari target pasar bisnismu, begitu juga teman atau kerabat dalam lingkaran sosial mereka. Inilah yang menjadi alasan para pelanggan memiliki akses yang kuat dalam memengaruhi calon konsumen baru.


    Akan tetapi, anggaplah bahwa referensi dari pelanggan tidak akan serta-merta menambah basis konsumen. Maka dari itu, kamu perlu mencari referral secara aktif. Misalnya, bertanya kepada pelanggan yang merasa puas, adakah orang lain yang sekiranya akan tertarik dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan?


    Kamu juga bisa membuat pemberian referral menjadi lebih menarik dengan memberikan insentif bagi pemberi rujukan. Cara lainnya, mendorong pelanggan untuk mention atau tag merek milikmu di media sosial.


    Baca Juga: Kode Referral, Cara Menarik Memperkenalkan Program Loyalitas


    Membuat website dan mengidentifikasi demografi baru dapat memperluas jangkauan pasar.

    Perluas jangkauan pasar

    Terdapat beberapa cara membuat bisnis bertumbuh dengan cara memastikan produk atau jasa yang kamu tawarkan dapat diakses oleh pasar yang baru. Di bawah ini, langkah-langkah yang dapat kamu terapkan.


    • Membuka gerai di lokasi yang baru

    Beberapa dari kamu mungkin bertanya-tanya, bagaimana mungkin membuka gerai di lokasi baru dalam situasi pandemi seperti saat ini?


    Tenang saja, gerai baru tidak harus berupa toko fisik, tetapi bisa berupa toko virtual. Sebagai contoh, membuat website dengan fitur web order sehingga produk atau jasa tersedia bagi target pasar baru.


    • Targetkan demografi yang baru

    Ketika menjalankan strategi pemasaran, kamu tentu sudah memiliki target pasar. Nah, dalam rangka memperluas jangkauan pasar, kamu bisa mengidentifikasi kelompok demografi lain yang mungkin bisa menggunakan produk seperti target pasar awal.


    Kamu dapat beriklan di media yang menargetkan pasar tersebut atau membuat kampanye pemasaran khusus.


    • Dorong cara baru menggunakan atau menikmati produk

    Menemukan cara baru dalam menggunakan atau menikmati produk yang kamu tawarkan akan mendorong pelanggan untuk berbelanja lagi. Di samping itu, hal ini juga dapat menarik konsumen baru yang mungkin tertarik dengan produkmu karena alasan lain.


    Cara-cara tersebut memungkinkan bisnismu untuk memperluas market share. Berbagai strategi di atas juga bukan hanya meningkatkan penjualan, melainkan membentuk model bisnis yang lebih stabil. Alasannya, saat kamu tidak bergantung hanya pada satu tipe target pasar, bisnis akan lebih mampu bertahan menghadapi berbagai perubahan pasar.

    Meminimalisasi biaya

    Biar bagaimana pun, meningkatkan laba merupakan salah satu aspek esensial dalam ekspansi bisnis. Apabila market share meningkat dan biaya operasional pun naik, kamu tentu tidak akan memperoleh peningkatan keuntungan.


    Maka dari itu, sambil menyusun strategi untuk memajukan dan mengembangkan bisnis, kamu juga perlu memberikan perhatian ekstra terhadap biaya yang dibutuhkan dalam memproduksi produk atau jasa.


    Meminimalkan biaya operasional bisa menjadi cara yang efektif untuk menghasilkan kas yang dibutuhkan oleh bisnis agar bisa bertumbuh serta stabil.


    Baca Juga: Pengertian Manajemen Operasional, Fungsi, serta Contohnya 


    Setidaknya, terdapat dua pendekatan untuk menekan biaya operasional. Pertama, likuidasi produk yang kurang diminati atau hapuskan jasa yang performanya kurang baik. Berikutnya, tingkatkan perputaran stok melalui penerapan strategi pemasaran dan penjualan yang tepat.

    Kesimpulan

    Berdasarkan paparan di atas, bukan tidak mungkin sebuah usaha kecil bertransformasi menjadi perusahaan besar yang mapan serta menguntungkan. Akan tetapi, kamu perlu menerapkan langkah yang tepat dalam melakukan ekspansi bisnis.


    Beberapa langkah di atas dapat kamu terapkan dalam bisnis. Tentunya, pastikan langkah yang diambil relevan dengan bisnis milikmu.


    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Meningkatkan Brand Exposure Online Shop Tanpa Gagal
    Brand exposure merupakan salah satu kegiatan dalam hal branding. Bagaimana cara meningkatkan brand exposure pada online shop?
    Wajib Tahu, 5 Trik Agar Bisnismu Gak Ambruk di Tengah Jalan!
    Memulai sebuah bisnis membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Tapi ngomongin soal mengelola bisnis? Wah, ini sudah another level sih!
    Ingin Mulai Bisnis Kuliner? Ini 5 Perlengkapan yang Wajib Kamu Punya!
    Bisnis kuliner belakangan makin jadi primadona, apalagi di tengah populernya platform penjualan online.
    5 Trik Tingkatkan Jualan Laris di eCommerce, Anti Gagal!
    Buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi usaha dengan coba berjualan di marketplace, majoo punya beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba. Yuk, simak!