Program Loyalitas, Cara Mudah Menjaga Retensi Pelanggan

Meski tergolong sebagai pos pengeluaran yang tidak kecil, banyak pelaku usaha yang masih berinvestasi pada program loyalitas untuk pelanggan. Mulai dari memberikan potongan harga khusus, sneak peek produk, hingga kerja sama dengan merchant. Beragam program dapat dijalankan untuk menjaga tingkat retensi. Jika kamu juga tertarik untuk meluncurkan program-program sejenis, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum mulai menyusun program retensi pelanggan yang ciamik.

Apa itu retensi pelanggan?

Secara garis besar, retensi merupakan ukuran yang digunakan untuk mengetahui kemungkinan seorang pelanggan melakukan pembelian ulang. Semakin tinggi tingkat retensi yang dimiliki, semakin besar kemungkinan pelanggan untuk melakukan pembelian berikutnya. Sebaliknya, semakin rendah retensinya, semakin besar pula kemungkinan pelanggan meninggalkan bisnismu dan melakukan pembelian di tempat lain. Retensi bisa dibilang sangat penting untuk memastikan bisnis yang kamu jalankan bisa terus maju dan berkembang.

Meningkatkan kepuasan pelanggan

Salah satu cara untuk menjaga retensi adalah dengan memastikan pelanggan mendapatkan kepuasan saat berbelanja. Semakin memuaskan pengalaman belanja seorang pelanggan, semakin besar pula kemungkinannya untuk kembali di lain waktu. Oleh karena itu, banyak pelaku usaha rela menyisihkan modal yang cukup besar untuk menawarkan program-program kepuasan pelanggan. Tidak heran pula jika dalam menyusun program-program semacam ini pun dibutuhkan pertimbangan yang sangat besar di mana modal yang dikeluarkan harus bisa menjadi sumber pendapatan yang sepadan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai menyusun program kepuasan pelanggan.

1. Mencari jenis program yang sesuai dengan sifat bisnis yang dijalankan.

Dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, ada banyak program yang bisa dijalankan. Namun, penting untuk memastikan jenis program tersebut tetap sesuai dengan keinginan pelanggan sekaligus sifat bisnismu. Misalnya saja, jika bisnismu menjual eksklusivitas, meluncurkan program yang dapat dinikmati oleh semua orang tentunya akan menimbulkan efek yang berkebalikan. Jika kamu ingin menonjolkan sifat eksklusif bisnismu, tawarkan produk khusus yang dibuat secara terbatas hanya bagi pelanggan dengan poin loyalitas tinggi sehingga pelanggan akan merasa diistimewakan. Jika bisnismu mengedepankan harga yang murah, program potongan harga khusus akan jauh lebih bisa diandalkan untuk mendorong pelanggan setiamu melakukan pembelian.

2. Mengaitkan manfaat loyalitas pelanggan dengan jumlah pembelian.

Menyusun Program Loyalitas, Cara Mudah Menjaga Tingkat Retensi Pelanggan

Agar retensi pelanggan semakin meningkat, pastikan program yang ditawarkan dapat memancing pelanggan untuk terus berbelanja. Kelompokkan poin loyalitas pelanggan berdasarkan pembelian. Buat program di mana semakin sering pelanggan melakukan pembelian, semakin besar pula poin loyalitas yang dimilikinya, dan semakin banyak manfaat yang bisa dinikmati. Dengan demikian, pelanggan akan tertarik untuk terus melakukan pembelian agar memenuhi syarat menikmati manfaat tingkat loyalitas yang lebih tinggi. Namun, pastikan selisih pengelompokan ini tidak terlalu jauh sehingga pelanggan tertarik mengejar poin loyalitas, bukannya malas melakukan pembelian karena merasa jarak poin antar kelompok loyalitas tidak masuk akal untuk dicapai.

3. Melakukan evaluasi program yang sudah dijalankan.

Tidak semua program dapat berjalan sukses. Karenanya, pantau selalu jalannya program dan lakukan evaluasi di akhir periode. Untuk program yang sukses, cari tahu apa yang membuat program tersebut begitu disukai pelanggan. Luncurkan program serupa di lain waktu untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Sebaliknya, untuk program-program yang tak begitu diminati, cari tahu bagian apa yang bisa kamu tingkatkan sehingga saat kamu meluncurkan program berikutnya, tingkat kesuksesannya dalam menggaet minat pelanggan bisa lebih tinggi. Jika perlu, contoh ide-ide promo lain yang menarik dan coba gabungkan dengan sifat bisnismu untuk program promomu yang berikutnya.

Menjaga retensi pelanggan memang gampang-gampang susah. Jika perlu, gunakan aplikasi majoo yang mempermudahmu dalam menentukan strategi pemasaran. Majoo menawarkan berbagai fitur untuk mengenali dan menganalisis perilaku transaksi pelanggan setiamu, sehingga kamu dapat merancang program loyalitas terbaik untuk menjaga tingkat kepuasan pelanggan.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Pentingkah UMKM Memiliki Website Bisnis Khusus?

Menyediakan website bisnis tersendiri untuk sebuah usaha tentu bukan sesuatu yang aneh. Namun, apa manfaatnya untuk pelaku UMKM?

5 Alasan Pentingnya Analisis Bisnis dalam Era Digital

Proses pengumpulan, evaluasi, dan penarikan kesimpulan berdasarkan data atau lebih dikenal sebagai analisis bisnis makin penting di era digital ini.

Manfaat Membuat Strategi Pemasaran dengan Analisis Laba Rugi

Analisis laba rugi dapat membantu pelaku usaha dalam menyusun strategi pemasaran dan juga penjualan. Namun, sebenarnya apa manfaat melakukan analisis ini?

Pentingnya Manajemen Inventory yang Efektif Bagi UMKM

Manajemen inventory merupakan bagian krusial dari menguntungkan atau tidaknya sebuah bisnis, terlebih bagi UMKM.
Whatsapp