Table of Content

    Program Loyalitas, Cara Mudah Menjaga Retensi Pelanggan

    Meski tergolong sebagai pos pengeluaran yang tidak kecil, banyak pelaku usaha yang masih berinvestasi pada program loyalitas untuk pelanggan. Mulai dari memberikan potongan harga khusus, sneak peek produk, hingga kerja sama dengan merchant. Beragam program dapat dijalankan untuk menjaga tingkat retensi. Jika kamu juga tertarik untuk meluncurkan program-program sejenis, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum mulai menyusun program retensi pelanggan yang ciamik.

    Apa itu retensi pelanggan?

    Secara garis besar, retensi merupakan ukuran yang digunakan untuk mengetahui kemungkinan seorang pelanggan melakukan pembelian ulang. Semakin tinggi tingkat retensi yang dimiliki, semakin besar kemungkinan pelanggan untuk melakukan pembelian berikutnya. Sebaliknya, semakin rendah retensinya, semakin besar pula kemungkinan pelanggan meninggalkan bisnismu dan melakukan pembelian di tempat lain. Retensi bisa dibilang sangat penting untuk memastikan bisnis yang kamu jalankan bisa terus maju dan berkembang.

    Meningkatkan kepuasan pelanggan

    Salah satu cara untuk menjaga retensi adalah dengan memastikan pelanggan mendapatkan kepuasan saat berbelanja. Semakin memuaskan pengalaman belanja seorang pelanggan, semakin besar pula kemungkinannya untuk kembali di lain waktu. Oleh karena itu, banyak pelaku usaha rela menyisihkan modal yang cukup besar untuk menawarkan program-program kepuasan pelanggan. Tidak heran pula jika dalam menyusun program-program semacam ini pun dibutuhkan pertimbangan yang sangat besar di mana modal yang dikeluarkan harus bisa menjadi sumber pendapatan yang sepadan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai menyusun program kepuasan pelanggan.

    1. Mencari jenis program yang sesuai dengan sifat bisnis yang dijalankan.

    Dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, ada banyak program yang bisa dijalankan. Namun, penting untuk memastikan jenis program tersebut tetap sesuai dengan keinginan pelanggan sekaligus sifat bisnismu. Misalnya saja, jika bisnismu menjual eksklusivitas, meluncurkan program yang dapat dinikmati oleh semua orang tentunya akan menimbulkan efek yang berkebalikan. Jika kamu ingin menonjolkan sifat eksklusif bisnismu, tawarkan produk khusus yang dibuat secara terbatas hanya bagi pelanggan dengan poin loyalitas tinggi sehingga pelanggan akan merasa diistimewakan. Jika bisnismu mengedepankan harga yang murah, program potongan harga khusus akan jauh lebih bisa diandalkan untuk mendorong pelanggan setiamu melakukan pembelian.

    2. Mengaitkan manfaat loyalitas pelanggan dengan jumlah pembelian.

    Menyusun Program Loyalitas, Cara Mudah Menjaga Tingkat Retensi Pelanggan

    Agar retensi pelanggan semakin meningkat, pastikan program yang ditawarkan dapat memancing pelanggan untuk terus berbelanja. Kelompokkan poin loyalitas pelanggan berdasarkan pembelian. Buat program di mana semakin sering pelanggan melakukan pembelian, semakin besar pula poin loyalitas yang dimilikinya, dan semakin banyak manfaat yang bisa dinikmati. Dengan demikian, pelanggan akan tertarik untuk terus melakukan pembelian agar memenuhi syarat menikmati manfaat tingkat loyalitas yang lebih tinggi. Namun, pastikan selisih pengelompokan ini tidak terlalu jauh sehingga pelanggan tertarik mengejar poin loyalitas, bukannya malas melakukan pembelian karena merasa jarak poin antar kelompok loyalitas tidak masuk akal untuk dicapai.

    3. Melakukan evaluasi program yang sudah dijalankan.

    Tidak semua program dapat berjalan sukses. Karenanya, pantau selalu jalannya program dan lakukan evaluasi di akhir periode. Untuk program yang sukses, cari tahu apa yang membuat program tersebut begitu disukai pelanggan. Luncurkan program serupa di lain waktu untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Sebaliknya, untuk program-program yang tak begitu diminati, cari tahu bagian apa yang bisa kamu tingkatkan sehingga saat kamu meluncurkan program berikutnya, tingkat kesuksesannya dalam menggaet minat pelanggan bisa lebih tinggi. Jika perlu, contoh ide-ide promo lain yang menarik dan coba gabungkan dengan sifat bisnismu untuk program promomu yang berikutnya.

    Menjaga retensi pelanggan memang gampang-gampang susah. Jika perlu, gunakan aplikasi majoo yang mempermudahmu dalam menentukan strategi pemasaran. Majoo menawarkan berbagai fitur untuk mengenali dan menganalisis perilaku transaksi pelanggan setiamu, sehingga kamu dapat merancang program loyalitas terbaik untuk menjaga tingkat kepuasan pelanggan.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Ingin Jualan di Media Sosial? Kamu Wajib Baca Ini!
    majoo punya beberapa tips nih, agar kamu bisa memaksimalkan penjualan melalui media sosial. Yuk, disimak!
    Memaksimalkan Bisnis secara Optimal dengan Integrasi GoFood
    Ada banyak cara untuk memaksimalkan bisnis, salah satunya dengan melakukan integrasi GoFood. Wah, maksudnya bagaimana, tuh?
    Bagaimana Digital Marketing Bisa Membantumu Perluas Pasar?
    Saat ini merupakan era menarik bagi digital marketing. Berkat pemasaran digital, bisnis lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen dan memperluas pasar.
    Mengapa Pelaku Usaha Perlu Memahami Karakter Gen Z?
    Mengapa pelaku usaha perlu mempertimbangkan karakter Gen Z dalam menjalankan operasional bisnis? Apa, sih, yang akan terjadi jika tidak dilakukan?