Kode Referral, Cara Menarik Memperkenalkan Program Loyalitas

Dalam mengembangkan bisnis, melakukan berbagai upaya guna menarik pelanggan baru dan menjaga retensi pelanggan lama merupakan salah satu hal penting yang perlu dilakukan, misalnya saja dengan memperkenalkan sistem kode referral. Umumnya, sistem referral digunakan untuk program kepuasan pelanggan bersifat keanggotaan, di mana pelanggan dapat menikmati sejumlah penawaran menarik yang hanya diberikan khusus untuk anggota grup loyalitas saja. Sistem referral semacam ini dapat dimanfaatkan untuk memperluas jangkauan program loyalitas, langkah menarik yang bisa dicoba untuk menjaga retensi pelanggan dan mendorong penjualan.

Di antara beragam kemudahan yang ditawarkan, beberapa keunggulan berikut bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk mencoba menerapkan sistem referral dalam mengembangkan bisnis:

Membantu meningkatkan brand awareness

Program kepuasan pelanggan dengan sistem referral mendorong pelanggan yang sudah kamu miliki untuk mengajak orang-orang di sekitarnya agar ikut mencoba program keanggotan yang ditawarkan. Semakin banyak pelanggan baru yang bergabung dalam program keanggotaan tersebut, semakin banyak pula manfaat tambahan yang bisa didapatkan oleh pelanggan lama yang mengajak. Dengan model program semacam ini, brand yang tengah kamu usung akan semakin cepat dikenali oleh banyak orang. Terutama ketika pelanggan yang baru bergabung juga ingin mendapatkan manfaat sistem referral ini dan mulai mengajak orang-orang di sekitarnya untuk turut bergabung pula. Memanfaatkan model rantai tersebut, jangkauan program keanggotaan milikmu pun akan semakin luas, dan cepat atau lambat, kepopuleran brand milikmu pun akan melambung bersamanya.

Mendorong penetrasi program loyalitas dengan mudah

Kode Referral, Cara Menarik dalam Memperkenalkan Program Loyalitas Bersifat Keanggotaan

Seperti yang sudah dijelaskan, sistem referral berjalan dengan meniru model rantai di mana orang yang satu mengajak orang yang lain, dan begitu seterusnya. Sehingga, selain dapat membangun brand awareness, sistem referral juga dapat dimanfaatkan untuk memperbesar tingkat penetrasi program kepuasan pelanggan yang kamu tawarkan. Lebih lanjut lagi, dengan banyaknya orang yang mengikuti program keanggotaan ini, kamu juga akan semakin mudah mengumpulkan data yang diperlukan dan dapat dianalisis untuk menyusun strategi pemasaran yang lebih baik lagi.

Tidak hanya menguntungkan pelanggan lama, tetapi juga pelanggan baru

Dalam sistem referral, seorang pelanggan akan memiliki satu kode unik yang bisa dibagikan kepada orang lain dan digunakan untuk mendaftar dalam program kepuasan pelanggan yang bersifat keanggotaan. Jika kode unik ini digunakan untuk mendaftar, pemilik kode akan mendapatkan manfaat khusus sebagai rewards atas partisipasinya. Selain itu, orang yang mendaftar menggunakan kode tersebut pun akan mendapatkan imbalan yang sama. Oleh karena itu, sistem ini menjadi menarik untuk dicoba karena setiap pihak akan merasa diuntungkan. Bedanya, jika pelanggan lama mendapatkan rewards setiap kali ada yang mendaftar menggunakan kode unik miliknya, pelanggan baru hanya mendapatkan rewards tersebut satu kali saja, dan harus mengajak anggota baru lainnya untuk mendapatkan rewards berikutnya.

Meningkatkan kepuasan pelanggan

Sistem referral umumnya diberlakukan untuk menarik minat pelanggan agar tertarik mencoba program keanggotaan yang dimiliki. Pelanggan yang awalnya hanya coba-coba mendaftar untuk sekadar mendapatkan rewards dari referral tersebut pun lambat laun akan terpapar dengan berbagai manfaat serta informasi pemasaran yang ditawarkan khusus kepada anggota. Secara tidak langsung, pelanggan yang sudah menjadi anggota pun akan tertarik untuk melakukan pembelian untuk memanfaatkan penawaran-penawaran spesial tersebut. Dengan manfaat-manfaat yang didapatkan, tingkat kepuasan pelanggan pun akan semakin mudah untuk dijaga agar tetap tinggi, sehingga bisnis pun dapat lebih maju dan berkembang lagi.

Manfaat-manfaat program loyalitas yang menarik akan terasa sia-sia tanpa adanya pelanggan yang tertarik untuk mencoba menggunakannya. Oleh karena itu, kode referral dapat menjadi pintu masuk yang sesuai untuk menarik minat pelanggan. Kelola program loyalitas yang kamu miliki dengan aplikasi majoo yang memiliki berbagai fitur yang membantumu memberikan perhatian kepada pelanggan tanpa membutuhkan upaya ekstra. Bagaimanapun juga, kepuasan pelanggan merupakan kunci kesuksesan sebuah bisnis, bukan?

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Omnichannel Marketing: Definisi, Tips, dan Contohnya
Omnichannel marketing adalah strategi yang memungkinkan bisnis menemui target konsumen dengan pesan yang tepat, pada waktu yang tepat pula.
Mengapa Aplikasi POS Penting dalam Strategi Omnichannel?
Demi menghadirkan pengalaman menyeluruh, bisnis dapat menerapkan strategi omnichannel. Aplikasi POS akan mengimplementasikannya secara optimal.
Bisnis Online? Sumber Daya Fisik Apa yang Perlu Disiapkan?
Siapa bilang bisnis online tidak membutuhkan sumber daya fisik yang biasanya hanya dibutuhkan dalam bisnis yang dijalankan secara offline saja?
Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.