Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Belajar Digital Campaign agar Konten dan Bisnismu Melesat!

     

    Dalam berbisnis, perlu perencanaan matang agar usaha kamu bisa lebih cuan dan mampu bertahan. Salah satu cara membuat perencanaan matang adalah membuat digital campaign. Pelaku usaha perlu melakukannya untuk mengoptimalkan pertumbuhan bisnis mereka, mulai dari merencanakan budget iklan, planning pembuatan konten, hingga targeting audience.

    Saat ini, hampir semua bisnis sudah bisa go digital karena masa pandemi membantu akselerasi bisnis UMKM melalui digital marketing. Oleh karena itu, kamu perlu membuat digital campaign kamu semaksimal mungkin untuk bisa bersaing dengan kompetitor.

    majoo hadir membantu kamu dalam mengembangkan bisnis dan membantu kamu dengan tips-tips berikut tentang digital campaign, agar bisnis kamu dapat menjangkau lebih banyak pelanggan. Yuk, simak tips berikut sampai tuntas ya!

    Tentukan Tujuan Digital Campaign

    Pertama, tentunya kamu harus menentukan tujuan utama dari kampanye digital bisnismu. Mulai dari brand awareness, mencari leads baru, atau bahkan mendapatkan banyak closingan dari konten maupun iklan yang kamu buat. Ini wajib kamu lakukan karena beda tujuan maka beda pula bahasa atau jenis konten yang digunakan.

    Jika tujuan utama kamu meningkatkan brand awareness atau mengenalkan brand kamu ke lebih banyak orang, konten yang kamu buat sebaiknya menjelaskan bisnis maupun keunggulan produkmu. Beda lagi jika tujuanmu meningkatkan leads atau mendapatkan kontak dari pelangganmu, kamu bisa menggunakan konten gratis seperti e-book atau tutorial gratis yang bisa diunduh oleh calon pelangganmu.

    Target Audience yang Utama

    Selain tujuan, kamu juga wajib memetakan target audiens kamu agar konten dan iklan yang kamu buat bisa tepat sasaran. Coba petakan seperti apa pembeli idealmu, mulai dari jenis kelamin, usia, pendapatan per bulan, kebiasaan, dan bahasa yang sering mereka gunakan.

    Dengan menentukan audiens yang tepat, kamu akan bisa menggunakan bahasa copywriting dan konten yang sesuai mereka. Jika kamu berhasil menarik perhatian mereka melalui konten dan iklan buatanmu, mereka akan lebih mudah mengingat brand kamu. Menentukan platform yang cocok untuk konten dan audiens kamu juga sangat penting lho. Mengingat konten digital semakin banyak dan beragam, menentukan audiens yang tepat menjadi kunci kesuksesan kampanye digital kamu.

    Cara Membuat Digital Campaign yang Menarik

    Setelah menentukan tujuan dan target marketing utama untuk konten atau iklanmu, tentunya kamu perlu membuat kampanye yang menarik. Kampanye yang menarik tentunya akan membuat brand kamu bisa menarik lebih banyak perhatian audiens, baik melakukan follow, share, maupun pembelian.

    Salah satu cara yang bisa kamu gunakan adalah membuat content planning bulanan, mingguan, dan harian untuk konten sosial media kamu. Jenis-jenis konten yang bisa dibuat adalah konten edukasi, konten promo produk, katalog, dan hiburan. Tentunya, kamu wajib menyesuaikan konten tersebut sesuai dengan audiens utama kamu. 

    Jika audiens utama produkmu adalah anak muda millenials dan Gen Z, kamu bisa membuat konten berupa short video dan memanfaatkan platform Tiktok atau Instagram. Bahasa yang digunakan juga harus kamu sesuaikan dengan kebiasaan mereka. Pastikan untuk konsisten menggunakan bahasa dan panggilan untukmu atau audiensmu. 

    Evaluasi dan Riset

    AB Testing adalah cara melakukan evaluasi dari kampanye atau konten yang sedang kamu garap saat ini. Menurut salah satu praktisi digital marketing, kamu perlu punya 1 atau 2 winning content untuk memaksimalkan kampanye digital. Misalnya, dalam kamu beriklan, kamu harus menentukan jenis konten video dan foto yang paling banyak disukai oleh audiens.

    Coba tentukan metrics yang tepat dalam kontenmu, seperti jumlah share dan comment atau berapa banyak audiens membeli produk melalui konten tersebut. Melakukan evaluasi dan riset wajib dilakukan agar kamu bisa menentukan prioritas pembuatan konten yang disukai oleh pelangganmu. Karena nggak semua brand punya winning content yang cocok dan pas bagi audience mereka. 

    Ada audience yang menyukai konten humor, ada yang suka konten edukatif, atau ada juga brand yang menggunakan meme sebagai konten utama mereka. Jadi, tetap lakukan evaluasi dan riset mengenai kampanye digital yang sedang kamu kerjakan saat ini.

    Hal Penting untuk Diperhatikan

    Membuat kampanye digital bukan sesuatu yang dapat diukur dalam satu malam. Perlu konsistensi dan waktu yang tidak sedikit untuk menentukan kesuksesan kampanye digital brand kamu. Kamu perlu mengetahui bahwa membangun sebuah brand dengan kampanye digital bukan perkara mudah.

    Kamu harus mempersiapkan waktu dan biaya yang sesuai dengan tujuan utama kamu. Baik itu meningkatkan brand awareness maupun meningkatkan penjualan. Seperti poin sebelumnya, kamu juga perlu melakukan riset konten apa yang populer dan banyak diminati dari kompetitor kamu. 

    Konsistensi adalah kunci dalam digital marketing. Jika kamu terus konsisten dalam membuat konten, planning kampanye digital yang oke, tentunya kerja keras kamu akan terbayarkan dengan meningkatnya followers atau closingan produk kamu.

    Penasaran ingin tahu cara membuat kampanye digital dan sukses memasarkan produkmu? Yuk, ikutan webinar ‘Kelas majoo’ yang akan membahas mengenai campaign digital menggunakan majoo untuk meningkatkan cuan toko kamu! Webinar ini akan dipandu oleh Kak Rahma Putri A. seorang Ads Specialist dari majoo. Kamu bisa diskusi tentang ads dan fitur majoo lainnya juga lho! Catat tanggalnya ya, hanya di Kelas majoo edisi 30 September 2022!

    Jangan lupa mendaftar gratis di link berikut ya!

    bit.ly/webinarmajoo

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Pro Kontra Program Loyalty Pelanggan
    Sebelum mengimplementasikan program loyalitas pelanggan, pelajari dulu pro dan kontranya untuk bisnismu.
    Ingin Jualan di Media Sosial? Kamu Wajib Baca Ini!
    majoo punya beberapa tips nih, agar kamu bisa memaksimalkan penjualan melalui media sosial. Yuk, disimak!
    Memaksimalkan Bisnis secara Optimal dengan Integrasi GoFood
    Ada banyak cara untuk memaksimalkan bisnis, salah satunya dengan melakukan integrasi GoFood. Wah, maksudnya bagaimana, tuh?
    Bagaimana Digital Marketing Bisa Membantumu Perluas Pasar?
    Saat ini merupakan era menarik bagi digital marketing. Berkat pemasaran digital, bisnis lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen dan memperluas pasar.