Usaha Kecil Makin Maju Dengan Penggunaan Digital Tools

Penulis Nisa Destiana
30 January 2023

article thumbnail

Digital tools akan membantu pebisnis untuk mengelola usahanya secara lebih efisien.

Terlepas dari besar atau kecilnya skala bisnis, tetap banyak tuntutan dan tekanan dalam pengelolaan usaha. Terlebih, bila kamu menjalankan setiap aspek bisnis sendiri, tanpa bantuan digital tools.

Dengan cara begitu, tidak heran bila pemilik usaha kecil bekerja sampai tujuh hari penuh dalam seminggu. Koordinasi aktivitas harian bisnis, memimpin tim, mengelola arus kas, dan mengatur alokasi sumber daya memang bisa jadi pekerjaan tiada henti dalam bisnis.

Masih ditambah lagi dengan komunikasi eksternal seperti kegiatan pemasaran atau merespons komplain konsumen. Daftar pekerjaanmu makin panjang. Bagaimana kamu bisa menjadikan tugasmu lebih efisien? Penerapan teknologi seperti digital tools bisa menjadi jawaban.

Digital Tools Esensial untuk Usaha Kecil

Kalau kamu tengok di pasaran, ada banyak sekali opsi alat bantu digital yang bisa digunakan oleh bisnis. Mana sih tools yang benar-benar esensial dan mendukung kemajuan bisnis kecil? Yuk, simak pembahasannya?

Customer Relationship Management Software

Software yang berfungsi mengelola hubungan dengan pelanggan merupakan alat bantu penting bagi bisnis. Dengan alat bantu yang didedikasikan pada manajemen hubungan pelanggan, kamu bisa mengoptimalkan pengalaman pelanggan.

Selain itu, kamu dapat membangun basis pelanggan setia dengan customer relationship management (CRM) yang optimal. Seperti yang sudah diketahui, CRM adalah teknologi yang bisa digunakan oleh bisnis untuk mengelola seluruh interaksi dengan pelanggan atau calon pelanggan.

Baca juga: Apa Itu CRM ? Kenali Manfaat dan Fungsinya di Sini!

Aplikasi Human Resource (HR)

Sebagai pemilik usaha kecil yang baru memiliki sedikit karyawan, kamu mungkin menganggap belum perlu investasi untuk manajemen SDM. Padahal, berapa pun jumlah karyawanmu, kamu tetap harus menangani manajemen karyawan dan pekerjaan tersebut tetap menyita waktu.

Maka dari itu, aplikasi manajemen karyawan merupakan salah satu alat bantu digital yang patut kamu pertimbangkan untuk menjadikan pekerjaan administratif terkait karyawan lebih efisien.

Apalagi, bila bisnismu adalah jenis bisnis yang membagi komisi kepada karyawan. Kamu pasti kerepotan menghitung pembagian gaji dan komisi setiap bulan. Jadi, permudah dengan penggunaan aplikasi manajemen karyawan.

 Untuk mempermudah pengelolaan bisnis, kamu bisa menggunakan digital tools mulai dari CRM hingga aplikasi kasir.

Aplikasi Akuntansi

Kamu mungkin sudah tahu bahwa akuntansi adalah sistem informasi yang berguna untuk mencatat kejadian ekonomi di suatu perusahaan dan menginformasikannya kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Dengan penerapan akuntansi yang tepat, kamu bisa lebih memahami keuangan bisnismu. Kamu akan bisa merencanakan pengeluaran masa depan secara strategis untuk memaksimalkan keuntungan.

Sayangnya, kebanyakan pebisnis, khususnya pemilik bisnis kecil, kurang memahami dan merasa kesulitan menerapkan akuntansi dalam bisnisnya. Karena itu, kamu perlu aplikasi akuntansi untuk mempermudah pengelolaan keuangan bisnis.

Software akuntansi akan membantu bisnis mengelola aliran dana masuk dan keluar sekaligus mengawasinya melalui laporan-laporan keuangan. 

Baca juga: Laporan Keuangan adalah: Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

Kasir Online

Sebelum pemasukan dilaporkan dalam bentuk laporan keuangan dalam sistem akuntansi, tentu ada proses uang masuk dalam proses transaksi. Kalau menilik bisnis besar, transaksi tersebut mungkin sudah dikelola dengan memanfaatkan teknologi. 

Namun, tidak semua bisnis kecil familiar dengan opsi aplikasi kasir. Saat ini masih cukup banyak UMKM yang mengelola transaksi penjualannya secara manual. Kalau kamu salah satunya, digital tools berikutnya yang perlu kamu miliki ialah aplikasi kasir online.

Dengan memanfaatkan kasir online, kamu bisa memproses transaksi secara cepat dan akurat. Transaksi penjualan juga akan langsung tercatat di dalam sistem secara real time. Saat geraimu tutup, kamu bisa menarik laporan penjualan. Mudah, bukan?

Temukan Satu Aplikasi Lengkap Agar Makin Praktis

Kini kamu sudah mengetahui software atau aplikasi apa saja yang sebaiknya kamu gunakan supaya pengelolaan bisnismu lebih mudah. Di pasaran, kamu bisa menemukan sistem-sistem di atas dalam aplikasi yang terpisah-pisah.

Sebut saja, software manajemen karyawan tersendiri. Lalu, kamu bisa menggunakan aplikasi akuntansi yang terpisah dari sistem manajemen karyawan tersebut.

Terdengar rumit bila kamu harus menggunakan aplikasi terpisah? Tenang saja sebab kini ada majoo yang siap menjawab berbagai kebutuhan bisnismu.

majoo adalah aplikasi wirausaha lengkap dengan fitur-fitur esensial yang dibutuhkan oleh bisnis. Kamu bisa mengelola transaksi penjualan, laporan keuangan, hingga manajemen karyawan dalam satu aplikasi.

Bahkan, kamu juga dapat mengelola CRM dengan berbagai programnya di aplikasi yang sama. Jadi, kamu bisa membuat loyalty program yang nyambung dengan kondisi penjualan. Potensi keuntungannya tentu bisa lebih optimal.

Penasaran dengan aplikasi wirausaha lengkap ini? Klik tautan ini untuk mempelajari lebih lanjut!

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo