Sudah bukan rahasia lagi, hari valentine merupakan salah satu momen yang memberi bisnis kesempatan mendulang banyak keuntungan. Terlepas dari opini bahwa cinta dapat dirayakan setiap hari, momen valentine tetap dianggap sebagai saat yang tepat untuk menunjukkan kasih sayang.
Sayangnya, pandemi yang melanda membuat perayaan momen ini penuh dilema, tidak terkecuali bagi para pemilik usaha. Sebagai contoh, valentine sering kali dirayakan dengan memberikan hadiah di tengah makan malam romantis.
Kini hal tersebut tidak mudah sebab semua bisnis, termasuk restoran, perlu menerapkan protokol kesehatan ketat demi menekan penyebaran virus COVID-19. Karena itu, bisnis memang perlu hadir dengan ide marketing campaign yang lebih dari sekadar intimate romance.
Nah, kalau kamu masih bingung kampanye pemasaran seperti apa yang akan dijalankan, coba intip beberapa ide di bawah ini!
Inspirasi campaign 1: Fokus pada self-love
Bukan hal asing lagi bila konsumen didorong untuk menunjukkan kasih sayangnya kepada pasangan. Momen valentine dianggap sebagai waktu paling tepat mengunjungi kembali bagaimana sebuah kisah cinta dapat bersemi.
Namun, setiap orang pasti sepakat bahwa cinta mempunyai makna yang luas. Sebagai tim marketing, kamu dapat mengarahkan fokus kampanye pemasaran ke arah lain seperti self-love.
Alih-alih fokus kepada orang lain, tidak ada salahnya jika kamu mengajak pelanggan lebih mencintai dirinya sendiri. Kamu bisa memberikan potongan harga sejumlah tertentu bagi pelanggan yang memberikan hadiah untuk dirinya sendiri pada hari valentine.
Baca juga: Tips Tentukan Strategi Promosi, Dari Konsep Hingga Eksekusi
Inspirasi campaign 2: Jujur pada orang yang dianggap penting
Autentisitas merupakan hal yang banyak dicari oleh konsumen hari ini. Konsumen akan lebih tertarik pada marketing campaign yang terasa personal sekaligus jujur.
Maka dari itu, kamu dapat menjadikan hal tersebut sebagai fokus utama dari kampanye pemasaran yang dibuat. Ide besar dari kampanye tersebut adalah jujur kepada orang-orang yang dianggap penting dalam hidup.
Kampanye ini dapat ditampilkan dalam sebuah video yang bercerita tentang makna cinta bagi orang-orang dalam video tersebut atau bercerita tentang mengapa seseorang merasa lawan bicaranya penting.
Sementara itu, produk yang kamu pasarkan dapat dijadikan media pelengkap dalam rangka menyampaikan pesan tersebut. Jadi, fokus utama tetap pada konsumen sehingga konsumen akan merasa relate dan dekat dengan brand.
Inspirasi campaign 3: Cinta dan dukungan untuk usaha kecil
Meskipun sudah berjalan lebih dari dua tahun sejak pandemi COVID-19 pertama kali merebak, perlu diakui bahwa bisnis belum pulih sepenuhnya. Para pemilik usaha, terlebih usaha kecil, masih berjuang.
Jika usahamu termasuk ke dalam usaha kecil, tidak ada salahnya mengambil angle dukungan bagi usaha kecil sebagai marketing campaign pada momen valentine.
Bentuk kampanyenya tentu perlu disesuaikan dengan bidang usaha yang kamu tekuni.
Inspirasi campaign 4: Cinta berarti keluarga
Rasanya perayaan valentine dengan cokelat adalah dua hal yang hampir tidak bisa dipisahkan. Kebanyakan orang memilih cokelat untuk mengekspresikan kepeduliannya kepada orang terkasih.
Nah, kamu membuat sedikit twist bila bisnismu memang menjual produk cokelat. Dengan ide ‘cinta berarti keluarga’ kamu dapat mengarahkan cokelat yang semula terasa hadiah romantis menjadi lebih hangat dan kekeluargaan.
Sebagai contoh, bersama paket cokelat valentine yang kamu jual, kamu telah menyiapkan DIY activities yang bisa konsumen lakukan bersama keluarga. Mungkin kamu bisa melengkapinya dengan game board sederhana, printables, dan lain-lain.
Intinya, sesuatu yang memungkinkan sebuah keluarga berkumpul dan berbagi kehangatan bersama pada hari kasih sayang.
Inspirasi campaign 5: Love nature
Memang benar, potensi keuntungan yang dapat diperoleh bisnis pada hari valentine relatif tinggi. Akan tetapi, momen valentine tidak harus selalu tentang profit.
Kampanye yang kamu lakukan bisa juga ditujukan untuk meningkatkan brand awareness.
Baca juga: Solusi Meningkatkan Brand Awareness Melalui Konten Instagram
Inspirasi ini dapat digunakan oleh kamu yang membangun bisnis dengan memasukkan kelestarian lingkungan sebagai salah satu value. Jalankanlah kampanye yang menyerukan cinta lingkungan di momen valentine.
Meskipun tidak mendorong penjualan secara langsung, kampanye seperti ini akan mendatangkan konsumen-konsumen yang memegang value sama dengan bisnismu.
Calon konsumen mungkin tertarik mencari tahu lebih lanjut terkait bisnis milikmu. Perlu diingat, konsumen yang memilih brand karena nilai yang dijunjungnya umumnya cenderung loyal.
Nah, kira-kira dari ide-ide marketing campaign tersebut, mana yang kamu anggap sesuai untuk diterapkan di dalam bisnis?
Tentu kamu perlu mempertimbangkan kesesuaian jenis kampanye pemasaran dengan produk atau jasa yang kamu jual, value, serta kesiapan bisnis dalam mengeksekusi program tersebut.
Setelah mengetahui kampanye pemasaran seperti apa yang akan dijalankan, jangan lupa memastikan bisnismu telah mengimplementasikan sistem POS yang memadai.
Carilah aplikasi POS yang dilengkapi dengan fitur digital marketing untuk memudahkan pengelolaan kampanye pemasaran tersebut!