Table of Content

    Ide Promosi Tahun Baru sebagai Customer Loyalty Program



    Memasuki momen pergantian tahun, banyak pebisnis yang memanfaatkannya untuk menarik lebih banyak konsumen atau pelanggan. Berbagai macam promosi tahun baru akan digelar, seperti memberikan potongan harga, diskon, free gift, dan sebagainya. 


    Selama ini, promosi tahun baru secara tidak langsung lebih banyak digunakan oleh pebisnis sebagai strategi marketing untuk menggaet konsumen atau pelanggan baru. Padahal konsumen atau pelanggan tetap yang sudah lama memakai produknya pun patut diperhitungkan. 


    Para pebisnis menganggap bahwa yang namanya pelanggan tetap ya akan setia dengan produk yang mereka tawarkan karena sudah mengerti dan menyukainya.  Hal ini tidak salah, asalkan si pemilik usaha bisa menemukan cara yang tepat untuk memberikan pelayanan terbaik. 


    Ini dikarenakan pelanggan atau konsumen setia bisa saja beralih ke produk dari kompetitor atau berbelanja ke tempat lain jika menemukan penawaran yang lebih menarik. Di sinilah fungsi dari customer loyalty program bisa menyelamatkan bisnis kamu dari kehilangan pelanggan setia. 


    Lantaran itulah, ide untuk mengadakan promosi tahun baru yang digabung menjadi customer loyalty program sepertinya bisa bermanfaat, bukan hanya untuk menarik pelanggan baru namun juga mempertahankan pelanggan lama.


    Promosi tahun baru bisa digunakan untuk menggaet pelanggan baru dan juga menjaga kesetiaan pelanggan lama.


    Potongan harga dengan berbelanja online

    Ide yang satu ini bisa digunakan jika bisnis yang kamu jalankan sudah menerapkan digitalisasi bisnis. Kamu bisa menggelar promo berbelanja melalui situs resmi atau marketplace yang akan mendapatkan potongan harga menarik. Promosi bisa dilakukan melalui postingan di akun media sosial. 


    Jika kamu selama ini sudah menggunakan sistem Point of Sales (POS), maka hal ini akan lebih menguntungkan lagi karena seluruh data pelanggan sudah tercatat secara otomatis di situ saat mereka melakukan transaksi. Dengan begitu kamu bisa memilah mana pelanggan yang selama ini sudah setia dengan produkmu. Intinya, jangan sampai menerapkan promosi yang syaratnya terlalu rumit atau potongan harga yang terlalu kecil.


    Buy 1 Get 1 Khusus untuk anggota membership

    Selama ini ternyata ada beberapa pebisnis yang sedikit mengeluh bahwa promosi dengan memberikan potongan harga atau diskon cukup merugikan, karena mereka menjual produk di bawah harga harga produksi. Solusinya adalah dengan memberikan promosi berbentuk buy 1 get 1. Hal ini dianggap lebih menguntungkan kedua belah pihak. 


    Jika selama ini kamu memberlakukan sistem membership kepada para pelanggan, maka manfaatkan hal tersebut dalam promosi tahun baru kali ini. Selain itu, bentuk customer loyalty program seperti ini juga bisa kamu gunakan untuk menghabiskan stok produk lama. 


    Memberikan free gift atau hadiah langsung

    Promosi tahun baru dalam bentuk seperti ini mungkin sudah banyak digunakan oleh pebisnis untuk menarik minat lebih banyak konsumen. Tapi, untuk membuatnya lebih menarik, kamu bisa memberikan hadiah yang unik, atau yang berhubungan dengan momen di akhir tahun, seperti natal dan tahun baru. 


    Free ongkos kirim

    Customer loyalty program yang memberikan free ongkos kirim seperti ini bisa kamu terapkan sebagai promosi jika bisnismu adalah online shop yang memiliki pelanggan di banyak daerah. Dari promosi ini, pelanggan bisa mendapatkan akses pengiriman barang gratis ke seluruh wilayah dalam batas waktu yang sudah ditentukan. 


    Apakah bisa berhasil? Ya. Amazon bahkan diketahui sudah lama menerapkan sistem ini dalam loyalty program mereka yang diberi nama Prime.


    Promosi dalam bentuk Cashback

    Bisa dibilang, promosi tahun baru dengan program cashback adalah hal yang sedang banyak digemari oleh para pelanggan. Sebenarnya, program cashback ini tidak terlalu berbeda dengan program bonus poin yang selama ini sudah sering diterapkan pada pelanggan yang setia dengan produk tertentu. 


    Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian orang lebih menyukai promosi dalam bentuk uang asli dibandingkan dengan poin yang nantinya harus ditukarkan lagi bila ingin digunakan. Jadi, jelas lebih praktis dan menggiurkan. 


    Dengan beberapa ide promosi tahun baru digabungkan dengan customer loyalty program yang sudah dibahas tadi, diharapkan para pelanggan yang selama ini sudah setia dengan produk yang kamu tawarkan, akan lebih menyukai lagi dan tidak memutuskan untuk berpaling pada produk dari kompetitor. Selamat mencoba. 

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Menjajaki Bisnis Laundromat yang Sedang Naik Daun
    Bisnis laundromat sedang naik daun belakangan ini. Apa yang membuat pelanggan beralih dari laundry kiloan? Apakah bisnis laundry koin ini menguntungkan?
    Inilah 7 Keuntungan Menggunakan Strategi Omnichannel!
    Setiap bisnis tidak bisa lagi mengabaikan revolusi digital sehingga sudah saatnya bisnis menerapkan strategi omnichannel.
    Rekomendasi Pemberian Customer Reward untuk Loyalty Program
    Customer reward umumnya diberikan kepada pelanggan setia sebuah bisnis, reward apa sajakah yang bisa ditawarkan pada mereka?
    3 Loyalty Program dari Beauty Brand yang Bisa Kamu Tiru
    Loyalty program bisa menjadi strategi membangun basis pelanggan setia. Nah, beberapa model program loyalitas pelanggan ini dapat menjadi inspirasi.