Table of Content

    Ingin Memulai Usaha Bersama? Kenali Dulu Partner Bisnismu!

    Membangun dan menjalankan bisnis sering menjadi impian banyak orang, lantaran bisnis menjanjikan peluang sukses yang lebih besar, walau memang hal ini juga harus dibarengi dengan kerja keras dan konsep yang jelas sejak awal.


    Membangun bisnis bisa dilakukan sendiri, tapi bila dilakukan bersama dengan memiliki partner bisnis, segala sesuatunya akan jadi lebih mudah. Karena itulah tidak sedikit orang yang memilih untuk membangun sebuah usaha bersama dengan partner bisnis. 


    Memiliki partner bisnis bisa menjadi salah satu langkah sukses penjualan, karena kerjasama yang baik semestinya akan membawa kamu pada keberhasilan. Tapi, memilih partner bisnis bukan hal yang mudah. Bisa dibilang malah lebih rumit dibandingkan dengan memilih pasangan hidup. 


    Kamu harus jeli sebelum memastikan dan memilih siapa yang akan menjadi partner dalam usaha bersamamu. Hal ini sangat penting, karena bila salah pilih, bukannya keberhasilan yang akan kamu dapat, tapi bisa jadi malah kegagalanlah yang dihadapi. 


    Pentingnya Peranan Seorang Partner Bisnis 

    Menjalankan usaha bersama dengan partner selayaknya akan memberikan berbagai kemudahan. Kamu bisa saling bertukar ide dan pendapat tentang konsep dan strategi yang jitu untuk mengembangkan bisnis agar lebih maju. Termasuk juga dalam hal keuangan. Partner bisnis bisa membantu pengadaan modal awal. 


    Dengan memiliki partner, kamu juga bisa memperluas jaringan untuk bisnismu. Kamu dan partner bisnismu harus mampu saling melengkapi setiap kekurangan atau kelemahan yang bisa saja terjadi saat bisnis sudah mulai berjalan. 


    Siapa Saja yang Bisa Menjadi Partner Bisnis?

    Ada banyak hal yang bisa kamu pertimbangkan sebelum memilih partner bisnismu. Di bawah ini ada beberapa kriteria yang bisa jadi bahan pertimbanganmu dalam memilih partner bisnis. Partner bisnis yang baik adalah yang memiliki beberapa hal ini dalam dirinya. 


    Karakter

    Karakter dan kepribadian adalah dua hal penting yang mendasar dalam memilih partner. Sebisa mungkin tidak memilih partner yang karakter dan kepribadiannya total bertolak belakang denganmu untuk menghindari terjadinya konflik dalam berbisnis. Pastikan adanya chemistry yang baik dengan partnermu. 


    Setidaknya, pilihlah partner yang sudah kamu kenal dengan baik, sehingga bisa memahami bagaimana kebiasaan dan juga kepribadiannya secara mendalam. Hal ini bertujuan untuk mengatasi berbagai tantangan dan masalah yang mungkin saja terjadi dalam bisnis yang dijalankan.


    Visi Dan Misi

    Dalam membangun sebuah usaha bersama, visi dan misi adalah hal yang sangat penting. Pastikan terlebih dulu bahwa partner bisnis ini memiliki visi dan misi yang sama denganmu. Bila visi dan misi sudah sama, maka kamu dan partner bisnismu bisa menjalankan bisnis dengan arah dan tujuan yang sama. 


    Visi dan misi sebaiknya disusun dan dipikirkan dengan matang. Bisnis yang dijalankan oleh dua orang atau bahkan beberapa orang  harus tetap memiliki satu visi dan misi saja. Karena bila visi dan misinya tidak bisa dikonsepkan menjadi satu, maka hal ini sama saja dengan mengendalikan satu perahu ke dua arah. Kalau ini yang terjadi, rasanya mustahil untuk bisa sampai dengan selamat ke tujuan. Sulit untuk mendapatkan keuntungan dan keberhasilan.


    Komitmen

    Komitmen adalah hal yang juga penting dalam mendirikan usaha bersama. Pilih partner bisnis yang mampu diajak berkomitmen dan menjadikan bisnis kalian sebagai prioritas utamanya. Hal ini lantaran komitmen akan mendasari keseriusan dalam menjalankan bisnis.


    Selain itu, sebisa mungkin hindari bila bisnis yang dijalankannya bersama kamu ini ternyata hanya pekerjaan sampingannya. Karena kemungkinan yang terjadi adalah dia tidak bisa mencurahkan perhatian serta kemampuannya secara maksimal pada bisnis kalian. 


    Keuangan

    Tanpa modal yang cukup, bisnis yang sudah kamu rencanakan tidak akan berjalan dengan baik. Karena itulah sebaiknya kamu pilih partner yang bisa membantu kamu dalam mencari modal. Sebaiknya pula kamu dan partnermu membicarakan sejak awal perihal menentukan jumlah keuntungan yang akan didapatkan oleh kedua belah pihak secara adil. 



    Etos Kerja yang Baik 

    Dibutuhkan kerja keras dan usaha yang panjang untuk membangun sebuah usaha bersama yang maju dan sukses. Dalam hal ini, kamu dan partnermu sebaiknya memiliki etos kerja yang baik. 


    Disiplin tinggi dan kerja keras merupakan tanda bahwa partnermu memiliki etos kerja yang baik. Selain itu, kejujuran dan sifat terbuka  menjadi poin wajib yang tidak bisa kamu abaikan begitu saja. Pastikan memilih partner bisnis yang jujur dan  juga bertanggung jawab.


    Maka, sebaiknya pastikan dulu kalau partnermu nantinya memiliki etos kerja tersebut demi kesuksesan usaha yang kamu jalankan. Tapi jangan salah, hal ini juga berlaku bagi kamu,  sebab kalian nantinya memiliki kepentingan yang sama dalam bisnis tersebut.


    Pengalaman dan Networking

    Kriteria lainnya dalam memilih partner bisnis adalah yang berpengalaman di bidangnya. Pengalaman yang cukup dari seorang partner bisnis mampu mengatasi setiap permasalahan yang mungkin terjadi pada saat bisnis berjalan. Hal ini akan sangat menguntungkan dalam mengembangkan sebuah usaha bersama. 


    Selain itu, pilihlah partner dengan jaringan bisnis yang luas. Networking atau jaringan bisnis bisa jadi penentu suksesnya suatu bisnis karena dengan jaringan yang luas, peluang untuk mengembangkan bisnis menjadi terbuka lebar.


    Memilih partner bisnis memang tidak mudah, terutama jika berniat untuk membangun sebuah usaha bersama yang sukses dan maju. Kamu harus cukup jeli memperhatikan berbagai kriteria yang memang benar-benar sangat dibutuhkan dalam sosok seorang partner bisnis. 


    Bila semua kriteria sudah terpenuhi dengan baik, maka bisa dibilang kamu sudah siap untuk memulai bisnis dan meraih kesuksesan bersamanya.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Bisnis Maju Dengan Aplikasi Toko Kelontong Modern
    Mengelola bisnis tradisional di tengah gempuran eCommerce tidaklah mudah. Kamu harus mulai mengadaptasi perkembangan teknologi, misalnya menggunakan aplikasi untuk mengelola toko kelontongmu.
    5 Hal Penting dalam Melakukan Market Research
    Informasi dari market research dapat membantumu menyampaikan kampanye pemasaran yang dapat menarik target pasar.
    Keuntungan Integrasi Online Bisnis F&B dengan GrabFood
    Di masa pandemi, integrasi online dengan layanan pesan antar seperti GrabFood bisa menjadi pilihan bijak. Nikmati program terbaru aplikasi majoo.
    Menentukan Jam Buka Restoran Terbaik selama Ramadan
    Apa saja yang perlu diperhatikan pelaku usaha di bidang kuliner saat menentukan jam buka restoran selama bulan puasa?