Table of Content

    Inilah 5 Keuntungan Menerapkan Digital Payment Bagi Bisnis


    Lebih dari sekadar titik transaksi, digital payment membuka banyak peluang bagi bisnis.


    Selama ini, kebanyakan bisnis menganggap pembayaran hanyalah bagian dari transaksi konsumen. Akan tetapi, dengan berkembangnya teknologi, digital payment atau pembayaran elektronik menawarkan peluang bertumbuh bagi bisnis, lebih daripada sekadar titik transaksi.

     

    Karena perkembangan teknis yang terus berlanjut, pembayaran elektronik pun terus berevolusi. Salah satunya, kini kita sudah bisa melakukan pembayaran dengan kode QRIS.

     

    Pembayaran elektronik menawarkan kemudahan, keamanan, dan kecepatan dalam bertransaksi. Namun sayangnya, masih ada bisnis yang belum menerima pembayaran elektronik. Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu pertimbangkan dengan memakai digital payment, yaitu:

     

    1. Pembayaran instan

    Dibandingkan metode tradisional seperti pembayaran tunai dan cek, pembayaran elektronik terbilang jauh lebih cepat. Tidak berlaku batasan waktu dan lokasi di dalam hal pembayaran online. Konsumen dapat membayar kapan saja serta dari mana saja.

     

    1. Keamanan yang lebih baik

    Sistem pembayaran elektronik menawarkan berbagai cara untuk meningkatkan keamanan bertransaksi.


    Sebagai contoh, jika gerai atau merchant menerima pembayaran dengan QRIS, konsumen sudah tidak perlu lagi menggunakan kartu debit untuk menyelesaikan transaksi.


    Konsumen hanya cukup memindai kode tersebut dengan ponselnya dan transaksi dapat diselesaikan. Dengan demikian juga dengan keamanan informasi data perbankan milik konsumen akan lebih terjaga.


    Di samping lebih aman bagi konsumen, pembayaran elektronik juga menawarkan keamanan ekstra bagi bisnis. Berbeda dengan uang tunai yang disimpan dalam laci kasir, bisnis hanya akan mendokumentasikan receipt dari transaksi dengan pembayaran elektronik.


    Sehubungan dengan itu, risiko adanya kehilangan atau pencurian dana pun menurun. Data transaksi pun secara akurat akan tercatat pada aplikasi POS dan kamu bisa memeriksa kesesuaiannya dengan receipt.



    Pembayaran elektronik dapat menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.


    1. Meningkatkan kepuasan pelanggan

    Adanya beragam pilihan cara pembayaran, termasuk digital payment, maka membuat konsumen menjadi lebih nyaman dan leluasa dalam bertransaksi. Mereka dapat memilih metode pembayaran yang dianggap paling aman atau menguntungkan.  Seperti yang sudah diketahui, cukup banyak sistem pembayaran elektronik yang menawarkan potongan harga khusus.


    Nah, memberikan opsi yang membuat konsumen nyaman secara tidak langsung akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Tanpa kamu sadari, kamu sudah dalam proses membangun basis pelanggan setia. Jangan keliru, konsumen mungkin batal bertransaksi karena opsi metode pembayaran yang diinginkan tidak tersedia.

     

    1. Menghemat processing cost dan lebih transparan

    Apabila kamu ingin menyediakan layanan pembayaran tertentu, kamu perlu bekerja sama dengan bank untuk install mesin EDC. Nah, ada biaya-biaya atau processing cost yang perlu kamu bayarkan sehubungan dengan transaksi dengan mesin EDC.


    Besaran biaya tersebut tentu tergantung kepada kebijakan masing-masing bank. Kamu mungkin dikenakan biaya install di awal serta biaya administrasi per transaksi. Jika dihitung secara keseluruhan, total processing cost yang harus ditanggung oleh bisnis akan cukup besar.


    Sementara itu, memanfaatkan sistem pembayaran elektronik dengan penyedia layanan tertentu seperti e-money, memakan biaya pemrosesan yang relatif lebih rendah.


    Berikutnya, data transaksi dengan pembayaran elektronik juga lebih transparan. Bukan rahasia lagi, transparansi merupakan bagian penting dalam proses pembayaran. Hal ini dapat terus kamu jaga jika memanfaatkan pembayaran elektronik.

     

    1. Minim kontak

    Di tengah situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini, orang mencari cara untuk mengurangi kontak dengan orang lain. Tujuannya sudah jelas untuk mencegah dirinya terpapar dan terinfeksi virus yang sedang mewabah ini.


    Oleh karena itu, transaksi minim kontak menjadi sangat esensial. Bisnismu perlu menjadi bagian yang menjamin keamanan dan kenyamanan konsumen, salah satunya dengan menyediakan metode pembayaran minim kontak.


    Untuk mewujudkannya, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kamu bisa menyediakan QR codes yang dapat dipindai oleh ponsel konsumen. Dengan begitu, proses pembayaran dapat diselesaikan tanpa ada kontak sama sekali antara konsumen dengan staf.   

     

    Kesimpulan

    Penggunaan uang tunai dalam menyelesaikan pembayaran perlahan-lahan makin ditinggalkan, terutama sejak digital payment menjadi bagian yang terintegrasi dengan pasar.

     

    Dengan kata lain, usaha kecil pun perlu mulai menggunakan metode pembayaran elektronik jika tidak ingin dikalahkan oleh kompetitor. Kini sistem pembayaran elektronik bukan hanya berfungsi sebagai titik transaksi, melainkan dianggap nilai lebih oleh konsumen.

     

    Tambahan pula, pembayaran elektronik lebih menghemat waktu serta biaya. Belum lagi kamu bisa merasakan keamanan yang meningkat. transaksi yang berlangsung lebih cepat, dan berbagai keuntungan lain berkat mengimplementasikan metode pembayaran elektronik.

     

    Jadi, tunggu apa lagi? Segera install sistem pembayaran elektronik untuk bisnismu dan mulailah buka berbagai peluang untuk mendatangkan pendapatan yang lebih besar.

     

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Bisnis Maju Dengan Aplikasi Toko Kelontong Modern
    Mengelola bisnis tradisional di tengah gempuran eCommerce tidaklah mudah. Kamu harus mulai mengadaptasi perkembangan teknologi, misalnya menggunakan aplikasi untuk mengelola toko kelontongmu.
    5 Hal Penting dalam Melakukan Market Research
    Informasi dari market research dapat membantumu menyampaikan kampanye pemasaran yang dapat menarik target pasar.
    Keuntungan Integrasi Online Bisnis F&B dengan GrabFood
    Di masa pandemi, integrasi online dengan layanan pesan antar seperti GrabFood bisa menjadi pilihan bijak. Nikmati program terbaru aplikasi majoo.
    Menentukan Jam Buka Restoran Terbaik selama Ramadan
    Apa saja yang perlu diperhatikan pelaku usaha di bidang kuliner saat menentukan jam buka restoran selama bulan puasa?