Table of Content

    Kemudahan Transaksi, Strategi Menjaga Loyalitas Pelanggan

    Kini, pembayaran dengan eWallet telah menjadi pilihan banyak orang.

    Dulu, pembayaran dengan menggunakan dompet digital mungkin hanya dikenal oleh konsumen yang melek teknologi. Lain halnya dengan situasi saat ini, fitur eWallet bisa dibilang akan menjadi masa depan metode transaksi atau pembayaran.

     

    Dalam kurun lima tahun terakhir, jumlah pengguna dompet digital terus bertambah. Dibandingkan tahun 2017, jumlah dana yang dikeluarkan orang melalui dompet digital meningkat hampir sekitar 30%.

     

    Penggunaan eWallet di Indonesia

    Di Indonesia sendiri, popularitas metode pembayaran dengan dompet digital meningkat signifikan pada tahun 2019. Bisnis besar hingga bisnis kecil menawarkan penggunaan eWallet sebagai metode pembayaran alternatif.

     

    Terdapat sekitar 144 juta penduduk Indonesia yang sudah menggunakan internet. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Jakpat, 93% di antaranya telah menggunakan eWallet sebagai pilihan metode pembayaran.

     

    Dari jumlah pengguna tersebut, memang tidak semuanya menggunakan fitur eWallet secara aktif. Namun, angka pengguna dompet digital yang tidak aktif hanya sekitar 5%. Dikatakan tidak aktif berdasarkan tidak adanya transaksi dengan menggunakan dompet digital dalam tiga bulan terakhir.

     

    Masih berdasarkan laporan survei yang dirilis oleh Jakpat, sekitar 80% orang telah beralih ke transaksi cashless. Di mana sebagian besarnya atau sekitar 74% memilih melakukan transaksi dengan menggunakan dompet digital.

     

    Menjaga loyalitas pelanggan dengan fitur eWallet

    Laporan survei di atas, dirilis oleh Jakpat pada tahun 2019. Kini, angka pengguna dompet digital tentu semakin meningkat, mengingat semua orang lebih memilih transaksi minim kontak di masa pandemi ini.

     

    Selain praktis, alasan keamanan juga menjadi penyebab konsumen lebih memilih transaksi dengan eWallet

     

    Artinya, ada potensi besar yang kamu lewatkan bila bisnismu tidak mengakomodasi preferensi konsumen, yaitu menggunakan eWallet. Semakin baik suatu bisnis dalam mengakomodasi keinginan konsumen, keseluruhan consumer experience yang dirasakan akan semakin baik, jika sudah demikian bisnismu akan cenderung ada dalam ingatan konsumen.

     

    Dalam kata lain, menyediakan pilihan pembayaran dengan dompet digital dapat menjadi salah satu strategi untuk menjaga loyalitas pelanggan.

     

    Bila kita sejenak kembali pada laporan survei Jakpat, sebagian besar konsumen memilih dompet digital karena merasa lebih praktis. Di situasi saat ini, selain praktis, keamanan juga menjadi alasan penggunaan eWallet. Sebagai bisnis, sudah sepatutnya kamu mengakomodasi kebutuhan ini.

     

    Untuk memudahkan aktivitas bisnis harian, pastikan kamu memilih aplikasi POS yang sudah menyediakan fitur eWallet. Pastikan pula, aplikasi tersebut dapat terhubung dengan banyak pilihan eWallet, seperti Gopay, Ovo, LinkAja, dan berbagai pilihan cara pembayaran lain yang sudah tergabung di dalam QRIS.

     

    Lagi-lagi, karena pelanggan memiliki preferensi masing-masing. Sebagian lebih suka menggunakan Gopay, sebagian lainnya lebih nyaman bertransaksi dengan Ovo. Atau menggunakan dompet digital tertentu karena ada promo khusus. Menjawab berbagai keinginan ini, dapat menjadi salah satu cara menjaga loyalitas pelanggan. 

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Bisnis Maju Dengan Aplikasi Toko Kelontong Modern
    Mengelola bisnis tradisional di tengah gempuran eCommerce tidaklah mudah. Kamu harus mulai mengadaptasi perkembangan teknologi, misalnya menggunakan aplikasi untuk mengelola toko kelontongmu.
    5 Hal Penting dalam Melakukan Market Research
    Informasi dari market research dapat membantumu menyampaikan kampanye pemasaran yang dapat menarik target pasar.
    Keuntungan Integrasi Online Bisnis F&B dengan GrabFood
    Di masa pandemi, integrasi online dengan layanan pesan antar seperti GrabFood bisa menjadi pilihan bijak. Nikmati program terbaru aplikasi majoo.
    Menentukan Jam Buka Restoran Terbaik selama Ramadan
    Apa saja yang perlu diperhatikan pelaku usaha di bidang kuliner saat menentukan jam buka restoran selama bulan puasa?