Table of Content

    • majoo blog
    • Tips
    • Inilah Strategi Pemasaran Digital Jitu untuk Usaha Kecil!

    Inilah Strategi Pemasaran Digital Jitu untuk Usaha Kecil!

    Saat ini, digital marketing tidak bisa dipisahkan dari strategi pemasaran bisnis.

    Digital marketing merupakan bagian penting dari keseluruhan strategi pemasaran bisnis, terlepas dari seberapa besar skala bisnis tersebut. Hal ini juga tetap penting, meskipun bisnis yang bersangkutan belum menjual produk secara online.

    Memang usaha kecil yang menyasar konsumen lokal bisa memanfaatkan iklan offline, tetapi saat ini menyertakan porsi digital marketing pun tetap diperlukan dalam rangka memaksimalkan penjualan.

    Baca juga: Meningkatkan Penjualan dengan Fitur Live Streaming di Medsos? Kenapa Tidak?

    Apalagi, bila bisnis milikmu memang fokus pada proses penjualan secara online. Strategi digital marketing akan membantu audiens mengetahui produk atau layanan yang kamu tawarkan.

    Nah, ada beberapa bagian dari strategi pemasaran online yang menarik bagi bisnis kecil. Yuk, simak selengkapnya!

    Search Engine Marketing

    Strategi ini terbilang cukup krusial untuk usaha kecil. Muncul lebih banyak di laman hasil pencarian melalui search engine marketing memberi kesempatan bagi bisnis kecil untuk bersaing dengan perusahaan mapan.

    Berhubung kini konsumen memanfaatkan search engine untuk mencari aneka produk, maka bisnismu perlu muncul sebagai bagian dari hasil pencarian atas kata kunci terkait produk atau layanan yang kamu jual.

    Tidak perlu khawatir bila kamu merasa kesulitan menerapkan strategi ini sebab sekarang ada banyak jasa profesional yang menawarkan Search Engine Optimization (SEO). Penerapan SEO memungkinkan peringkat website-mu menjadi lebih tinggi.

    Local Search Marketing

    Berikutnya, kamu juga perlu mengoptimalkan local search marketing. Sebetulnya, strategi ini mirip dengan search engine marketing. Hanya saja, pemasaran berdasarkan pencarian lokasi melibatkan optimalisasi Google Maps.

    Jadi, saat calon konsumen mencari suatu produk atau layanan terkait, bisnismu akan muncul lengkap dengan informasi alamat serta panduan arah menuju lokasi. Hal ini memberikan gambaran bagi konsumen tentang penawaran bisnismu.

    Semakin jelas informasi tersebut, semakin mudah konsumen memutuskan untuk mengunjungi geraimu.

     Dengan strategi pemasaran digital, kamu dapat menarik konsumen dengan jangkauan yang luas.

    Content Marketing

    Terlihat dari istilahnya, strategi ini meliputi pemberian informasi terkait produk atau jasamu, termasuk informasi umum lainnya tentang bisnismu. 

    Perlu diingat, saat ini semua orang mencoba berjualan, tetapi hanya mereka yang mampu memberikan informasi dengan tepat yang akan memperoleh penjualan lebih banyak.

    Dengan kejelasan informasi, konsumen akan mengaitkan bisnis dengan tingkat keahlian tertentu, misalnya terkenal sebagai merek yang memproduksi cookware berkualitas. Hal ini tentu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnismu. 

    Lalu, bagaimana kamu mengoptimalkan content marketing? Strategi ini sangat bergantung pada penyajian konten, misalnya artikel, yang bermanfaat dan relevan di website-mu. 

    Konten tersebut dapat menarik konsumen potensial serta bisa kamu jadikan sebagai call to action.

    Baca juga: Call to Action Adalah: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

    Social Media Marketing

    Social media marketing merupakan strategi yang rumit. Terlepas dari klaim media sosial sebagai alat yang powerful, tidak mudah bagi sebuah bisnis untuk mengintegrasikan media sosial dengan bisnis.

    Untuk beberapa bisnis, menjaga interaksi dengan konsumen serta membagikan informasi terkini terkait bisnis melalui media sosial merupakan elemen penting yang mendukung kesuksesan.

    Sebagai contoh, sebuah restoran terlihat makin maju dengan memanfaatkan media sosial. Melalui akun resmi media sosialnya, restoran tersebut membagikan informasi tentang menu terbarunya sehingga calon konsumen dapat tertarik.

    Perlu diingat, salah satu aspek penting dari media sosial ialah memanfaatkannya untuk memperkuat basis konsumen demi tercapainya repeat order.

    Baca juga: Definisi Repeat Order dan Cara Meningkatkannya

    Mobile Marketing

    Saat ini pengalaman konsumen sangat dipengaruhi oleh gawai, baik untuk mencari produk atau brand, membandingkan harga, ataupun untuk melakukan transaksi itu sendiri.

    Nah, mobile marketing bertujuan untuk menjangkau konsumen melalui smartphone atau tablet melalui berbagai media, seperti text message, media sosial, website, email, dan aplikasi.

    Dengan strategi pemasaran ini, bisnis akan diuntungkan oleh teknologi yang menargetkan konsumen berdasarkan waktu dan lokasi, misalnya mengirimkan kode promosi saat konsumen memasuki geraimu.

    Menariknya, kamu tidak perlu khawatir akan kesulitan mengelola strategi ini sebab kini sudah ada aplikasi Point of Sale (POS) yang dilengkapi dengan fitur kampanye digital seperti majoo.

    Majoo adalah aplikasi POS yang membantu para wirausaha untuk memajukan bisnisnya. Lebih dari sekadar aplikasi kasir online, majoo hadir dengan fitur lengkap.

    Kamu bisa memanfaatkannya untuk pengelolaan transaksi penjualan, pengelolaan laporan keuangan, manajemen absensi karyawan, dan tak ketinggalan untuk pengelolaan kampanye digital. Lengkap, bukan? Jadi, sudahkah bisnismu menggunakan aplikasi majoo?

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Ingin Mulai Bisnis Kuliner? Ini 5 Perlengkapan yang Wajib Kamu Punya!
    Bisnis kuliner belakangan makin jadi primadona, apalagi di tengah populernya platform penjualan online.
    5 Trik Tingkatkan Jualan Laris di eCommerce, Anti Gagal!
    Buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi usaha dengan coba berjualan di marketplace, majoo punya beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba. Yuk, simak!
    5 Cara Mudah Dapatkan Modal untuk Pengembangan Bisnis
    Dibandingkan dengan pengajuan modal konvensional melalui bank, pendanaan online lebih unggul dari segi kepraktisan.
    5 Taktik Jitu Memulai Bisnis Kuliner Online
    Apakah kamu tertarik memulai bisnis kuliner online? Kami siapkan lima taktik jitu untuk kamu simak!