Memang usaha kecil yang menyasar konsumen lokal bisa memanfaatkan iklan offline, tetapi saat ini menyertakan porsi digital marketing pun tetap diperlukan dalam rangka memaksimalkan penjualan.
Baca juga: Meningkatkan Penjualan dengan Fitur Live Streaming di Medsos? Kenapa Tidak?
Apalagi, bila bisnis milikmu memang fokus pada proses penjualan secara online. Strategi digital marketing akan membantu audiens mengetahui produk atau layanan yang kamu tawarkan.
Nah, ada beberapa bagian dari strategi pemasaran online yang menarik bagi bisnis kecil. Yuk, simak selengkapnya!
Search Engine Marketing
Strategi ini terbilang cukup krusial untuk usaha kecil. Muncul lebih banyak di laman hasil pencarian melalui search engine marketing memberi kesempatan bagi bisnis kecil untuk bersaing dengan perusahaan mapan.
Berhubung kini konsumen memanfaatkan search engine untuk mencari aneka produk, maka bisnismu perlu muncul sebagai bagian dari hasil pencarian atas kata kunci terkait produk atau layanan yang kamu jual.
Tidak perlu khawatir bila kamu merasa kesulitan menerapkan strategi ini sebab sekarang ada banyak jasa profesional yang menawarkan Search Engine Optimization (SEO). Penerapan SEO memungkinkan peringkat website-mu menjadi lebih tinggi.
Local Search Marketing
Berikutnya, kamu juga perlu mengoptimalkan local search marketing. Sebetulnya, strategi ini mirip dengan search engine marketing. Hanya saja, pemasaran berdasarkan pencarian lokasi melibatkan optimalisasi Google Maps.
Jadi, saat calon konsumen mencari suatu produk atau layanan terkait, bisnismu akan muncul lengkap dengan informasi alamat serta panduan arah menuju lokasi. Hal ini memberikan gambaran bagi konsumen tentang penawaran bisnismu.
Semakin jelas informasi tersebut, semakin mudah konsumen memutuskan untuk mengunjungi geraimu.
Content Marketing
Terlihat dari istilahnya, strategi ini meliputi pemberian informasi terkait produk atau jasamu, termasuk informasi umum lainnya tentang bisnismu.
Perlu diingat, saat ini semua orang mencoba berjualan, tetapi hanya mereka yang mampu memberikan informasi dengan tepat yang akan memperoleh penjualan lebih banyak.
Dengan kejelasan informasi, konsumen akan mengaitkan bisnis dengan tingkat keahlian tertentu, misalnya terkenal sebagai merek yang memproduksi cookware berkualitas. Hal ini tentu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnismu.
Lalu, bagaimana kamu mengoptimalkan content marketing? Strategi ini sangat bergantung pada penyajian konten, misalnya artikel, yang bermanfaat dan relevan di website-mu.
Konten tersebut dapat menarik konsumen potensial serta bisa kamu jadikan sebagai call to action.
Baca juga: Call to Action Adalah: Pengertian, Jenis, dan Contohnya
Social Media Marketing
Social media marketing merupakan strategi yang rumit. Terlepas dari klaim media sosial sebagai alat yang powerful, tidak mudah bagi sebuah bisnis untuk mengintegrasikan media sosial dengan bisnis.
Untuk beberapa bisnis, menjaga interaksi dengan konsumen serta membagikan informasi terkini terkait bisnis melalui media sosial merupakan elemen penting yang mendukung kesuksesan.
Sebagai contoh, sebuah restoran terlihat makin maju dengan memanfaatkan media sosial. Melalui akun resmi media sosialnya, restoran tersebut membagikan informasi tentang menu terbarunya sehingga calon konsumen dapat tertarik.
Perlu diingat, salah satu aspek penting dari media sosial ialah memanfaatkannya untuk memperkuat basis konsumen demi tercapainya repeat order.
Baca juga: Definisi Repeat Order dan Cara Meningkatkannya
Mobile Marketing
Saat ini pengalaman konsumen sangat dipengaruhi oleh gawai, baik untuk mencari produk atau brand, membandingkan harga, ataupun untuk melakukan transaksi itu sendiri.
Nah, mobile marketing bertujuan untuk menjangkau konsumen melalui smartphone atau tablet melalui berbagai media, seperti text message, media sosial, website, email, dan aplikasi.
Dengan strategi pemasaran ini, bisnis akan diuntungkan oleh teknologi yang menargetkan konsumen berdasarkan waktu dan lokasi, misalnya mengirimkan kode promosi saat konsumen memasuki geraimu.
Menariknya, kamu tidak perlu khawatir akan kesulitan mengelola strategi ini sebab kini sudah ada aplikasi Point of Sale (POS) yang dilengkapi dengan fitur kampanye digital seperti majoo.
Majoo adalah aplikasi POS yang membantu para wirausaha untuk memajukan bisnisnya. Lebih dari sekadar aplikasi kasir online, majoo hadir dengan fitur lengkap.
Kamu bisa memanfaatkannya untuk pengelolaan transaksi penjualan, pengelolaan laporan keuangan, manajemen absensi karyawan, dan tak ketinggalan untuk pengelolaan kampanye digital. Lengkap, bukan? Jadi, sudahkah bisnismu menggunakan aplikasi majoo?