Table of Content

    • majoo blog
    • Tips
    • Meningkatkan Penjualan dengan Fitur Live Streaming di Medsos? Kenapa Tidak?

    Meningkatkan Penjualan dengan Fitur Live Streaming di Medsos? Kenapa Tidak?

    Fitur live streaming bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan.

    Makin banyaknya bermunculan online shop secara otomatis meningkatkan persaingan antara pemilik bisnis. Masing-masing dari mereka ingin meningkatkan angka penjualan dan memenangkan persaingan. Berbagai macam metode pemasaran dan penjualan ditempuh dalam hal ini, termasuk memanfaatkan fitur live streaming yang tersedia di platform media sosial. 

    Fitur live streaming untuk mendongkrak angka penjualan sedang sangat digandrungi oleh para pemilik bisnis online shop. Hal ini didukung dengan beberapa marketplace dan platform media sosial yang menyediakan fitur live streaming yang dapat digunakan untuk mempromosikan jualan. Contohnya, fitur Shopee Live yang dimiliki oleh marketplace Shopee atau fitur Facebook Live dari facebook.  

    Tren live streaming ternyata juga banyak diminati oleh konsumen karena mereka merasa bisa berinteraksi secara langsung dengan pihak penjual. Dari fitur ini mereka juga dapat melihat dengan jelas detail kualitas bahan dari produk yang sedang ditawarkan.

    Baca Juga: Optimalisasi Jenis Digital Marketing Kampanye Media Sosial

    Keuntungan Menggunakan Fitur Live Streaming

    Seperti yang sudah sedikit disinggung tadi, fitur live streaming sangat membantu dalam meningkatkan kepercayaan dan ketertarikan konsumen karena mereka bisa melihat produk/layanan bisnis yang kamu tawarkan secara langsung. 

    Hal inilah yang memungkinkan bisnismu untuk menjalin koneksi dan ikatan yang lebih kuat dengan konsumen. 

    Bukan hanya itu, live streaming ternyata juga dapat meningkatkan brand awareness dan engagement. Contohnya, algoritma Instagram yang bisa memberikan dorongan organik engagement jika kamu menggunakan fitur ini yang secara otomatis akan membuat videomu muncul di kolom pencarian dan lebih mudah ditemukan oleh konsumen baru.

    Menurut hasil berbagai survei, sekitar 80% orang yang mengikuti sebuah brand lebih suka menonton video promosi secara langsung dibandingkan hanya melihat foto di feeds.

     Live streaming juga bisa meningkatkan brand awareness.

    Tips Meningkatkan Penjualan dengan Live Streaming

    Tentukan Tujuan Live Streaming

    Fitur live streaming memang umumnya digunakan para pebisnis yang ingin mempertahankan suasana yang santai. Namun, menentukan tujuan saat melakukannya jauh lebih penting. 

    Kamu tentunya tidak ingin membuang waktu tanpa adanya rencana yang matang selama melakukan siaran langsung. Beberapa tujuan yang bisa kamu gunakan saat melakukan video live streaming

    • Pengumuman launching produk/layanan
    • Tutorial cara menggunakan produk/layanan
    • Sesi tanya jawab dengan pengikut
    • Berinteraksi dengan pengikut menggunakan fitur “Add a friend
    • Behind the scene proses produksi atau proses packaging
    • Garage sale

    Baca Juga: Kampanye Digital Memaksimalkan Pemasaran di Bulan Ramadan

    Promosikan Jadwal Live Streaming

    Jika kamu sudah menentukan tanggal, waktu, dan topik untuk melakukan sesi live streaming, umumkan jadwal tersebut pada para followers. 

    Mempromosikan jadwal siaran langsung bertujuan untuk membangun antisipasi dan meningkatkan kehadiran. Dengan cara ini mereka dapat menyisihkan waktu dan memastikan untuk bisa bergabung dalam siaran langsung yang kamu lakukan. 

    Lakukan Interaksi yang Baik dengan Audiens

    Live streaming yang ada di media sosial atau marketplace memungkinkan audiens untuk berkomentar secara real time. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi penonton yang ingin bertanya dan juga bisa memberikan insight baru kepada kamu sebagai penjual. 

    Kamu mungkin tidak bisa menjawab semua pertanyaan yang muncul, maka dari itu kamu harus melakukan yang terbaik selama melakukan siaran langsung. Prioritaskanlah pertanyaan atau hal-hal lain yang berkaitan dengan peningkatan penjualan produk yang kamu tawarkan. Ini adalah kesempatan terbaik untuk bisa berinteraksi dengan para konsumen atau calon konsumen. .

    Kolaborasi dengan Orang Lain

    Hal yang juga banyak dilakukan oleh para pebisnis online shop untuk meningkatkan penjualannya adalah dengan konsep kolaborasi. Kamu bisa melakukan kolaborasi dengan rekan tim atau calon mitra yang paling sesuai dengan topik bahasan saat melakukan siaran langsung. 

    Kolaborasi dengan orang lain terutama orang yang memang ahli di bidangnya, akan membuat pengikut lebih tertarik untuk bergabung dengan live streaming yang kamu lakukan. 

    Kamu juga bisa memanfaatkan popularitas para influencer atau selebgram dengan mengundang mereka pada salah satu sesi live streaming

    Baca Juga: Mengenal Apa itu Selebgram dan Cara Menjadi Selebgram

    Catat Metrik Video Live Streaming

    Mencatat metrik video live streaming nyatanya berguna sebagai tolok ukur dalam melakukan siaran langsung di masa mendatang. Tinjau kembali bagaimana kinerja, nilai performa, dan hasil yang didapatkan dari live streaming yang sudah kamu lakukan. 

    Hal ini akan membantumu dalam memperbaiki kesalahan dan membantu memberikan insight baru untuk melakukan siaran langsung dengan lebih berkualitas di masa depan.

    Simpan dan Share Video Live Streaming

    Hal terakhir yang tidak kalah pentingnya yaitu simpanlah rekaman sesi live streaming yang sudah kamu lakukan. Meskipun mungkin kamu merasa siaran langsung tersebut tidak sesuai dengan ekspektasi, namun ada baiknya untuk tetap menyimpan rekamannya.

    Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, rekaman tersebut bisa kamu gunakan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan sesi siaran langsung selanjutnya. Jika sesi siaran langsung kamu dirasa berhasil, simpan dan bagikanlah sesi tersebut ke media sosial lainnya.

    Semakin banyak kamu membagikan video tersebut, semakin besar pula peluang untuk dilihat oleh lebih banyak audiens. Hal ini yang nantinya berpengaruh pada angka penjualan bisnismu. 

    Jangan lupa juga bahwa sesi live streaming bisa kamu gunakan untuk memberikan berbagai promo yang menarik. Jika kamu bingung menentukan seperti apa promo yang tepat untuk bisnismu, kamu bisa mencoba fitur aplikasi CRM yang disediakan oleh majoo. 

    Berbagai macam kombinasi promo dapat kamu berikan. Mulai dari potongan harga atau pemberian bonus produk, dengan pengaturan syarat berdasarkan hari dan jam tertentu, minimum pembelian, dan lainnya. So, tunggu apa lagi? Ayo langganan majoo sekarang! 

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    5 Taktik Jitu Memulai Bisnis Kuliner Online
    Apakah kamu tertarik memulai bisnis kuliner online? Kami siapkan lima taktik jitu untuk kamu simak!
    4 Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan Dalam Bisnis UMKM
    Produktivitas‌ ‌adalah‌ ‌hal‌ ‌vital‌ ‌untuk‌ ‌bisnis‌ ‌besar‌ ‌maupun‌ ‌kecil,‌ ‌seperti‌ ‌ UMKM‌.‌ ‌Simak‌ ‌‌cara‌ ‌meningkatkan‌ ‌produktivitas‌ ‌karyawan‌ ‌agar‌ ‌keuntungan‌ ‌juga‌ ‌ meningkat.‌
    Tips n Trick Foto Produk yang Menggugah Selera Pelanggan
    Foto produk yang menarik tentu akan meningkatkan potensi pelanggan dalam melakukan pembelian. Apa saja tips n trick untuk menghasilkannya?
    Tips Bisnis yang Efektif untuk Membuka Cabang Bisnis Baru
    Saat ingin melakukan ekspansi bisnis dengan membuka cabang baru, mungkin kamu akan membutuhkan tips bisnis untuk membantumu menyusun strategi yang tepat agar operasional cabang berjalan lancar dan stabil.