Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Ide Inovasi Bisnis yang Bikin Bisnis Laundry Laris Manis

    Bisnis laundry juga perlu melakukan inovasi agar tidak ditinggalkan pelanggan.

    Ada anggapan yang menyatakan bahwa inovasi bisnis diperlukan agar suatu bisnis bisa beradaptasi dengan mudah dalam menghadapi ketatnya persaingan yang ada di pasar. Anggapan ini cukup masuk akal, karena bisnis di bidang apapun memerlukan adanya inovasi agar bisa semakin berkembang.

    Bukan hanya persaingan antara kompetitor bisnis yang semakin kencang, semakin hari perilaku konsumen pun mengalami perubahan. Ditambah lagi, teknologi juga semakin canggih. Jika inovasi bisnis tidak segera dilakukan, akan membuka peluang bisnis tersebut mengalami kemunduran atau bisa saja berakhir tragis.

    Salah satu bisnis yang dirasa perlu untuk selalu melakukan inovasi bisnis adalah laundry. Bisnis laundry kian menjamur, mulai dari yang konvensional, menggunakan hitungan kiloan, sampai dengan laundry koin sudah mulai merambah wilayah desa, bukan hanya di kota besar.

    Baca juga: Ragam Bisnis Laundry yang Mendatangkan Cuan

    7 Inovasi Bisnis Laundry yang Layak Dicoba

    Apa saja inovasi bisnis yang bisa diterapkan dalam bisnis laundry? Berikut beberapa rekomendasinya yang bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi. 

    1. Meningkatkan Efisiensi Layanan 

    Para pelanggan bisnis laundry pastinya mengharapkan baju atau barang yang mereka percayakan pada laundry bisa kembali dalam keadaan bersih, wangi, dan terlipat dengan rapi. 

    Ingat-ingatlah beberapa hal tersebut sebagai konsep pelayanan yang perlu kamu terapkan. Lalu pikirkan cara apa yang bisa kamu lakukan agar pelanggan menjadi puas dengan pelayanan bisnismu? Bisa dengan mengganti perangkat mesin cuci yang sudah lama dengan perangkat yang lebih baru dan modern. Bisa juga dengan memilih deterjen dan pewangi pakaian yang lebih berkualitas.

    2. Menambah atau Mengganti Metode Pembayaran 

    Jika selama ini, kamu hanya menerapkan metode pembayaran secara tunai (cash) pada bisnis laundry milikmu, tidak ada salahnya untuk mulai menambahkan beberapa metode pembayaran lainnya.

    Masyarakat sudah mulai menyadari pentingnya transaksi keuangan secara cashless dan manfaatnya. Saat ini sudah ada beberapa produk mesin cuci yang dapat terhubung secara otomatis dengan sistem transaksi non-tunai. Beberapa pengusaha bisnis laundry pun sudah banyak yang memanfaatkan layanan digital ini. Konsepnya adalah perangkat mesin cuci dan pengering terhubung langsung melalui aplikasi di ponsel yang bisa diakses dengan mudah oleh para pelanggan. 

    Dengan begitu, kamu juga bisa melakukan pengecekan secara langsung dan transparan mengenai data informasi kunjungan pelanggan. Bisa juga meminimalisir risiko adanya penyelewengan transaksi dari para staf.

    Baca juga: Yuk! Berkenalan dengan QRIS

    3. Menyediakan Layanan Cuci Selain Pakaian

    Layanan cuci dan setrika pakaian merupakan hal utama yang ditawarkan oleh para pemilik bisnis laundry. Dari sini, kamu bisa memikirkan bentuk inovasi bisnis berupa layanan cuci produk lainnya. 

    Produk-produk tersebut seperti sprei, bed cover, boneka, karpet, bahkan sepatu atau helm. Semakin bertambah layanan yang kamu tawarkan, bisa semakin luas pula pasar yang bisa diraih. Namun, pastikan bahwa kamu sudah memiliki peralatan dan sumber daya yang benar-benar kompeten dalam hal ini.

    4. Inovasi Model dan Sistem Bisnis

    Model bisnis dan sistem yang digunakan merupakan bagian terpenting yang bisa menunjang kemajuan suatu usaha. Dengan semakin canggihnya teknologi, tidak ada salahnya bila menerapkan inovasi bisnis digitalisasi pada bisnis laundry yang kamu jalankan. 

    Kamu bisa mencoba menerapkan sistem laundry on demand atau laundry online, yang bisa memudahkan proses transaksi dengan pelanggan, tanpa mereka harus repot-repot datang ke lokasi usaha laundry. 

     Inovasi bisnis yang bisa dicoba salah satunya adalah pencatatan paperless.

    5. Pencatatan Secara Paperless

    Melakukan pencatatan segala hal yang berkaitan dengan bisnis memang memerlukan effort tersendiri. Mulai dari pencatatan data kunjungan pelanggan, transaksi pembelian produk, sampai dengan pelayanan pelanggan. 

    Semuanya bisa menjadi ringan bila kamu menerapkan konsep paperless pada pencatatan. Meskipun, konsep paperless tidak terlalu sulit untuk dilakukan, tidak bisa dikatakan mudah juga. Intinya, kamu hanya perlu memiliki komponen-komponen pendukung konsep paperless tersebut, seperti perangkat atau gadget tertentu. Dengan adanya inovasi bisnis seperti ini, kamu juga memangkas biaya pembelian ATK peralatan pencatatan, seperti buku, pulpen, penanda, dan sebagainya.

    Baca juga: Alasan Penting Perlunya Ada Inovasi Bisnis pada UMKM

    6. Inovasi Tanpa Perang Harga

    Salah satu hal yang perlu kamu ingat saat mencoba melakukan berbagai bentuk inovasi bisnis adalah bahwa sejatinya inovasi bisa dilakukan tanpa kamu harus menerapkan perang harga dengan kompetitor lainnya.

    Bukan hal baru jika antara pemilik bisnis laundry melakukan perang harga yang kadang terlihat tidak masuk akal, terutama pada segmen menengah ke bawah. Namun, kamu tidak perlu larut dalam peperangan harga tersebut. Karena semakin lama, pelanggan pun semakin cerdas. Mereka paham bahwa akan lebih baik mengeluarkan uang lebih banyak demi kualitas jasa yang lebih baik, daripada membayar dengan harga murah namun hasilnya tidak berkualitas dan tidak memuaskan. 

    7. Promo yang Menarik

    Semua pemilik bisnis pasti setuju bahwa promosi merupakan bentuk inovasi yang akan sangat memberikan hasil maksimal pada usaha yang sedang dijalankan. Kamu bisa menerapkan berbagai jenis promo untuk menarik minat pelanggan, baik yang baru maupun pelanggan tetap. 

    Promo bisa berupa potongan harga setelah melakukan beberapa kali transaksi, promo antar jemput barang gratis, dan masih banyak lagi. Pada bisnis laundry yang sudah lebih modern, promo bisa disebarkan melalui media sosial. 

    Salah satu cara promosi yang bisa kamu coba adalah penawaran promosi dari majoo DigiAds. Penawaran ini pastinya sangat menarik, khususnya bagi kamu yang merasa masih bingung cara menerapkan promosi sebagai bentuk inovasi bisnis yang tepat. Tenang, majoo menyediakan berbagai pilihan promo yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan budget bisnismu, kok. Mulai dari broadcast WhatsApp, SMS, sampai dengan postingan di Instagram. So, tidak akan merugikan. Buktikan sendiri dengan berlangganan majoo sekarang!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Menilik Kaitan Barista Cakep dengan Penjualan Coffee Shop
    Barista yang cakep mungkin jadi salah satu alasan konsumen datang ke coffee shop. Namun, hal ini bukanlah satu-satunya cara meningkatkan penjualan.
    Ide Promosi Tahun Baru sebagai Customer Loyalty Program
    Memberikan promosi tahun baru adalah hal yang sudah biasa dilakukan pebisnis. Bagaimana bila ide tersebut digabungkan dengan customer loyalty program?
    dr. Tirta, Sosok di Balik Cemerlangnya Bisnis Shoes and Care
    Tahukah kamu, dr. Tirta mengawali bisnis Shoes and Care dari sepetak kamar kos? Kini usaha tersebut sudah meraup omzet miliaran rupiah.
    Bikin Konten Bisnis untuk Tingkatkan Omzet Usaha? Hayuk!
    Konten bisnis seperti apa yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan omzet usaha? Platform apa yang sebaiknya dipilih untuk melakukannya?