Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Ragam Bisnis Laundry yang Mendatangkan Cuan

    Bisnis laundry merupakan salah satu contoh bisnis rumahan

    Siapa sih yang tidak tahu bisnis laundry? Bisnis yang satu ini bisa didaulat menjadi salah satu bisnis yang sangat membantu orang-orang sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk mengurusi cucian, terutama di musim penghujan. 

    Bisnis laundry pertama kali muncul di Amerika sebelum akhirnya menyebar ke seluruh dunia. Saat itu, banyak imigran China yang datang ke Amerika sebagai tenaga kerja industri pertanian untuk melepaskan diri dari keadaan negaranya yang sedang kacau. 

    Pada 1850, imigran China tidak diperkenankan untuk menjadi warga negara Amerika sehingga setahun kemudian, seorang imigran bernama Wah Lee membuka usaha jasa laundry tangan pertama di Amerika dan di dunia. Mulailah para imigran China membuka jasa yang sama hingga perkembangan industri yang memproduksi mesin cuci setelah ditemukannya listrik. 

    Saat ini, bisnis laundry merupakan salah satu usaha yang berpotensi memberikan mendatangkan cuan bagi pemiliknya. 

    Apa itu Bisnis Laundry?

    Dari kata dasarnya, laundry adalah kata benda yang mengacu pada tindakan mencuci pakaian, tempat mencuci pakaian, atau pakaian yang telah dicuci. Kegiatan ini juga bisa dihubungkan pada kegiatan mencuci bahan tekstil atau tempat untuk mencuci bahan tekstil. 

    Bisnis laundry adalah suatu usaha yang menawarkan jasa cuci barang seperti, pakaian, sepatu, selimut dan sejenisnya. Di pasaran, rata-rata tarif jasa laundry pakaian mulai dari Rp4.000-Rp15.000 per kilonya. Sedangkan untuk bisnis laundry sepatu dibanderol mulai dari Rp15.000 per sepatu.

    Bisnis Laundry Dibutuhkan Masyarakat

    Meski terlihat sederhana, tapi aktivitas mencuci pakaian kotor membutuhkan waktu dan tenaga ekstra mulai dari membilas, mencuci, menjemur, hingga menyetrika dan melipat. Mayoritas masyarakat tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian setiap hari karena kesibukannya. 

    Masyarakat memilih untuk menggunakan jasa bisnis laundry pakaian, karena dengan begitu, waktu yang seharusnya digunakan untuk mencuci sendiri di rumah bisa digunakan untuk istirahat atau melakukan aktivitas produktif lainnya.

    Selain itu, bisnis laundry juga biasanya memiliki keahlian dalam membersihkan berbagai jenis pakaian yang belum tentu dikuasai oleh semua orang. Mulai dari jaket berbulu, jaket kulit, atau bahkan kain kebaya dengan banyak manik-manik. Untuk itulah jasa laundry sangat dibutuhkan oleh segala lapisan masyarakat.

    Baca Juga: Rahasia Sukses Menjalankan Bisnis Laundry

    Ragam Jenis Bisnis Laundry

    Seiring berjalannya waktu, bisnis laundry bukan hanya melayani jasa cuci dan setrika pakaian. Muncullah beberapa jenis laundry lainnya yang ternyata juga disambut dengan baik oleh masyarakat.

    Bisnis Laundry Kiloan

    Bisnis laundry kiloan memberikan penawaran jasa mencuci pakaian dalam jumlah yang banyak. Paket laundry kiloan biasanya lebih murah dibandingkan satuan. Dengan sistem kiloan, pengusaha laundry bisa mencuci pakain pelanggan dalam satu mesin sehingga tidak bercampur dengan yang lain.

    Bisnis laundry kiloan ini memungkinkan kamu untuk mencuci pakaian dalam jumlah yang banyak sekaligus. Hal ini juga dinilai lebih murah karena menghemat waktu dan tenaga. Peralatan yang dibutuhkan untuk membuka usaha laundry kiloan adalah mesin cuci otomatis yang sekaligus dapat mengeringkan pakaian.

    Bisnis Laundry Sepatu

    Sesuai dengan namanya, bisnis laundry sepatu khusus menawarkan jasa cuci sepatu. Percaya atau tidak, mencuci sepatu ternyata juga membutuhkan ketelitian yang tinggi. Prosesnya juga lebih rumit jika dibandingkan dengan pakaian.

    Meskipun terkesan seperti usaha yang sepele, tapi di kota-kota besar mencuci sepatu hingga bersih dengan tenaga profesional cukup diminati. Apalagi untuk kolektor sepatu-sepatu antik dan hobi. Tentunya bisnis laundry sepatu dengan keahlian dan peralatan canggih menjadi garansi agar sepatu mahal dan hobi tersebut terawat dengan baik.

    Bisnis Laundry Hotel

    Usaha laundry ini fokus pada keperluan hotel, meliputi sprei, selimut, handuk dan sebagainya. Membuka bisnis laundry pakaian hotel ini cukup menantang, pasalnya untuk mendapat pelanggan, kamu harus bisa bekerja sama dengan sebuah hotel. Namun, dengan begini, keuntungan yang didapatkan lebih stabil.

    Bisnis Laundry Konvensional

    Bisnis laundry konvensional umumnya fokus menargetkan pelanggan yang ingin mencuci secara spesifik dan membutuhkan penanganan khusus. Misalnya cucian dry clean atau bed cover

    Biasanya tarif yang dipatok juga lebih mahal karena memang teknik pencuciannya yang lebih rumit. Selain itu, modal bisnis laundry yang dibutuhkan pun lebih besar.

    Bisnis Laundry Ekspres

    Bisnis laundry ekspres memberikan layanan kecepatan dalam pengerjaannya. Jenis laundry ini tentu saja memiliki tarif yang paling mahal, meski begitu, masih banyak orang yang menggunakan jasanya. 

    Bisnis Laundry Koin (Laundromat)

    Bisnis laundry koin adalah laundry yang menerapkan proses pencucian dengan mesin yang dijalankan melalui pembelian koin. 

    Konsepnya adalah pelanggan harus membeli koin untuk bisa menjalankan mesin dan melakukan pencucian secara mandiri mulai dari awal hingga pakaian kering dan siap dilipat. Pengusaha laundry hanya menyewakan mesin cuci dan mesin pengering dan tidak bertanggung jawab terhadap pakaian yang dicuci oleh pelanggan. 

    Tarif untuk usaha laundry koin ini terbilang lebih murah dibandingkan dengan laundry konvensional atau laundry kiloan karena pelanggan terlibat langsung dalam proses pencucian. Para pelanggan yang menggunakan jasa laundry koin ini biasanya menjaga privasi atas pakaian yang mereka cuci. 

    Baca Juga: Menjajaki Bisnis Laundromat yang Sedang Naik Daun

     Diperlukan berbagai persiapan sebelum memulai bisnis laundry.

    Tips Memulai Bisnis Laundry untuk Pemula

    Peluang bisnis laundry sebagai penghasil keuntungan sangatlah besar. Dengan syarat, kamu bisa melakukan persiapan memulai bisnis laundry dengan baik dan cermat. 

    Ada beberapa cara memulai bisnis laundry untuk pemula yang bisa kamu terapkan agar meraup untung maksimal. 

    Berkenalan dengan Bisnis Laundry

    Sebelum memulai bisnis laundry, sebaiknya kamu kenali dan pahami lebih dulu tentang seluk-beluk bisnis ini. Bagaimana cara kerjanya dan apa saja yang perlu disiapkan, harus kamu pelajari lebih awal agar tidak bingung ketika bisnis telah berjalan.

    Baca Juga: 4 Kesalahan Yang Harus Dihindari Dalam Bisnis Laundry

    Tentukan Lokasi yang Strategis

    Salah satu kunci sukses dalam bisnis laundry adalah pemilihan lokasi yang tepat. Pilihlah tempat yang sekiranya mudah dijangkau dan dekat dengan pemukiman. Akan lebih baik jika berdekatan dengan daerah kost atau asrama.

    Persiapkan Modal Sejak Awal

    Satu hal yang sangat penting untuk disiapkan sebelum memulai bisnis laundry tentu saja adalah modalnya. Jika kamu berencana membuka bisnis ini, persiapkan modal dengan matang sejak awal. Usahakan segala perlengkapan yang dibutuhkan sudah siap ketika bisnis laundry telah dibuka.

    Analisis Kompetitor

    Analisis kompetitor artinya kamu perlu melihat dan mengetahui kinerja kompetitor. Perhatikan tarif yang mereka tawarkan. Lebih baik untuk menghindari tarif yang jauh di atasnya, hal ini bisa membuat kamu kehilangan konsumen. 

    Namun, sebaiknya juga jangan terlalu membanting tarif. Sesuaikan saja dengan kualitas yang kamu berikan pada konsumen.

    Rekrut Karyawan dengan Kompeten

    Aktivitas bisnis laundry sangatlah padat dan menguras tenaga, jadi sebaiknya kamu mempertimbangkan untuk merekrut pegawai untuk membantu mengerjakan semua tugas cuci dari awal hingga akhir. 

    Pilih karyawan yang memiliki dedikasi dan mau belajar karena mengerjakan semua proses cuci pakaian ini hanya membutuhkan kecermatan dan ketekunan. Sesuaikan gaji karyawan dengan beban kerja dan kemampuanmu. 

    Beri Pelayanan yang Memuaskan

    Ingatlah untuk selalu memberikan pelayanan yang memuaskan agar para konsumen mau kembali lagi dan menjadi pelanggan tetap. Memberikan layanan antar jemput merupakan salah satu strategi yang cukup mumpuni jika kamu mau bersaing secara sehat dengan kompetitor lainnya. Kamu juga bisa menambahkan fitur layanan pesan instan dan gratis pengantaran untuk radius tertentu dari lokasi usaha.

    Manfaatkan Media Sosial untuk Marketing Online

    Media sosial akan selalu bisa kamu manfaatkan sebagai media marketing untuk mengembangkan bisnis laundry yang kamu jalankan. Posting keunggulan dari jasa laundry dan berbagai promo menarik sehingga para pelanggan bisa mengetahui kampanye promosi tersebut. 

    Dengan cara ini, kamu bisa menjangkau banyak pelanggan baru lewat media sosial. Kamu juga bisa membuka bisnis laundry lewat aplikasi chat.

    Baca Juga: 5 Manfaat Penggunaan Aplikasi Laundry untuk Bisnismu

    Lantas, kira-kira berapa ya modal bisnis laundry yang dibutuhkan sebagai langkah awal persiapannya? Menurut berbagai sumber, untuk bisnis laundry pakaian biasa dengan alat dan perlengkapan standar, diperlukan modal bisnis laundry kurang lebih Rp5 - 10 juta. 

    Cukup banyak juga ya modal yang dibutuhkan? Tapi kamu tidak perlu khawatir, majoo menyediakan bantuan berupa fitur layanan funding yang akan memberikan bantuan pinjaman modal pada bisnismu jika memang dinilai layak. Tertarik untuk berlanggan majoo sekarang? 

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Valuasi adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya
    Valuasi adalah perhitungan nilai sebuah perusahaan dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Besar maupun kecil, valuasi menjadi hal yang sangat penting.
    Fair Value adalah: Tujuan dan Cara Menghitung
    Nilai Wajar atau Fair Value adalah alat yang sangat berguna untuk membantu pengguna memahami keuangan perusahaan, terutama situasi keuangan saat ini.
    Daftar UMKM Online: Syarat dan Manfaatnya
    Daftar UMKM online bisa dilakukan dengan praktis. Manfaatnya antara lain agar mudah mengembangkan usaha dan untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah.
    9 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Singkat
    Berikut beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja yang dibuat secara singkat dan ringkas. Bisa digunakan sebagai referensi.