Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    5 Kelemahan Pembayaran Tunai, Pemilik Bisnis Harus Paham!

    Perkembangan ekosistem digital yang semakin pesat di Indonesia membuat makin banyak pelanggan maupun bisnis yang memilih untuk beralih ke sistem pembayaran cashless. Namun demikian, ternyata tidak sedikit merchant yang masih kekeuh untuk tetap menggunakan pembayaran dengan uang tunai. Alasannya beragam, mulai dari keengganan belajar teknologi baru, kekhawatiran akan keamanan sistem, dan masih banyak lagi. 

    Padahal jika dipikir-pikir, pembayaran secara tunai memiliki banyak kelemahan lho. Bahkan tidak mungkin aspek ini akan jadi sumber kerugian bisnis kamu! Penasaran apa saja kelemahan yang dimaksud? Yuk, simak bersama. 

    Kurang Aman

    Yang satu ini sudah cukup jelas sih. Dibandingkan pembayaran digital, pembayaran secara tunai jelas lebih tidak aman. Ada banyak risiko yang bisa terjadi, termasuk kemungkinan terjadinya pencurian maupun pemalsuan. Apalagi jika kamu menerima transaksi dalam nilai yang lumayan besar. Wah, udah ppasti ribet karena harus menghitung terlebih dahulu.

    Oleh karena itu, makin banyak merchant memutuskan untuk beralih ke pembayaran digital. Selain 100 persen aman dari pencurian secara fisik, pembayaran non-tunai juga bisa dilacak. Pasalnya, baik ATM maupun aplikasi wallet selalu dilindungi oleh password dan kode keamanan lainnya. 

    Tidak Higienis

    Yes, kamu benar. Transaksi menggunakan uang tunai tidak higienis. Coba kamu pikirkan, sebelum uang tunai sampai ke tanganmu, ada berapa banyak orang yang sudah memegang lembaran uang tersebut? Bayangkan, berapa banyak bakteri atau kuman yang sudah terkumpul di atas permukaannya! 

    Apalagi tahun lalu kasus COVID-19 masih cukup tinggi di Indonesia. Menggunakan uang tunai jelas akan berisiko membuat kamu tertular. Oleh karena itu, penggunaan sistem pembayaran digital akan jauh lebih baik dari segi kesehatan. 

    Jarang Promo

    Kelemahan lain dari pembayaran tunai adalah tidak ada program promo. Coba kamu ingat-ingat lagi, ada berapa banyak program promo atau diskon yang berlaku untuk pembayaran tunai? Jarang sekali kan

    Beda banget dengan pembayaran tunai menggunakan wallet elektronik. Hampir setiap merchant kini menawarkan diskon khusus untuk pelunasan transaksi menggunakan provider tertentu. Sudah praktis, dapat potongan harga pula! Jadi udah jelas ya, kekurangan menggunakan pembayaran dengan uang tunai di era digital seperti sekarang. 

    Kurang Pilihan

    Berikutnya, pembayaran tunai tidak menawarkan banyak pilihan pembayaran dibandingkan pembayaran non-tunai. Bayangkan saja, untuk melunasi transaksi secara cashless kamu bisa menggunakan kartu kredit, kartu debit, aplikasi wallet, scan QR code, transfer, dan masih banyak lagi! 

    Masing-masing metode pembayaran tersebut menawarkan kelebihannya sendiri. Sebagai contoh, pembayaran dengan kartu kredit memungkinkan kamu untuk melakukan pelunasan dengan metode mencicil. Sementara itu, pembayaran dengan wallet biasanya diiringi dengan promo cashback maupun diskon khusus. Asyik banget bukan? 

    majoopay, Mudahnya Terapkan Pembayaran Non-Tunai di Bisnis Kamu!

    Nah, setelah membaca semua pemaparan di atas, pastinya sudah enggak ada lagi alasan untuk ragu menerapkan pembayaran non-tunai di outlet kamu ya! Ribet? Tenang, majoo sudah siapkan solusinya kok. Sekarang kamu bisa memanfaatkan majoopay, layanan khusus dari aplikasi wirausaha majoo yang akan ngebantu kamu untuk mengintegrasikan sistem pembayaran digital ke merchant kamu. 

    Prosesnya sangat mudah lho. Kamu tinggal melakukan pengajuan ke tim sales maupun perwakilan kami yang lainnya. Selanjutnya, tim kami akan membantu kamu untuk melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan. Setelah beres, kami akan mengirimkan staff khusus untuk instalasi alat pembayaran non-tunai di tempat usahamu! 

    Selain mudah, majoopay juga lengkap lho. Hingga saat ini, sistem pembayaran yang didukung meliputi LinkAja, OVO, Shopee Pay, Dana, BCA, Livin’ Mandiri, Jenius, serta Permata. Selain itu, majoopay juga menggunakan sistem dynamic QR code alias kode QR dinamis. Sistem ini jauh lebih aman karena kode QR yang digunakan di setiap transaksi sifatnya unik dan lebih mudah dilacak! 

    Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut soal layanan majoopay? Kamu bisa klik tautan di bawah untuk berbicara langsung dengan perwakilan aplikasi wirausaha majoo dan temukan lebih banyak manfaat majoopay untuk usaha kamu. 

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Pro Kontra Program Loyalty Pelanggan
    Sebelum mengimplementasikan program loyalitas pelanggan, pelajari dulu pro dan kontranya untuk bisnismu.
    Ingin Jualan di Media Sosial? Kamu Wajib Baca Ini!
    majoo punya beberapa tips nih, agar kamu bisa memaksimalkan penjualan melalui media sosial. Yuk, disimak!
    Memaksimalkan Bisnis secara Optimal dengan Integrasi GoFood
    Ada banyak cara untuk memaksimalkan bisnis, salah satunya dengan melakukan integrasi GoFood. Wah, maksudnya bagaimana, tuh?
    Bagaimana Digital Marketing Bisa Membantumu Perluas Pasar?
    Saat ini merupakan era menarik bagi digital marketing. Berkat pemasaran digital, bisnis lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen dan memperluas pasar.