Adalah Irna Yun Mirawati nama yang berjasa di balik kisah sukses Arina Bakery, sebuah toko roti yang tak hanya berhasil memasarkan roti-roti panggangan sendiri, tetapi juga beragam makanan lain seperti pizza, siomay, hingga pempek.
Tentu perjalanan Irna dalam membangun bisnisnya tak selalu mulus, terkadang ada pula kerumitan-kerumitan yang harus dihadapi dan diselesaikan. Pun demikian, dirinya tetap berhasil membangun citra bisnis yang baik bagi bakery yang dimilikinya ini.
Seperti apa, sih, rahasia kesuksesan yang diterapkannya dalam mengelola bisnis hingga berhasil? Apa saja masalah yang dihadapinya? Kita simak kisahnya bersama-sama, yuk, siapa tahu cerita Irna bisa menjadi kisah yang menginspirasi dalam membangun bisnis!
Uji Coba Berujung pada Kisah Sukses
Tak seperti kebanyakan bisnis sukses lainnya, toko roti Irna bisa dibilang tak benar-benar disiapkan sejak awal. Berawal dari keputusannya untuk berhenti kerja demi mengurus anak sekitar tahun 2015 lalu, Irna mendapati bahwa waktunya pun menjadi cukup luang ketika anaknya sudah memasuki usia sekolah dan tak harus menghabiskan waktu di rumah.
Oleh karena itu, tiga tahun setelah berhenti dari pekerjaannya, Irna pun mulai mengisi waktu luangnya dengan berjualan beragam menu homemade secara online. Tertarik dengan kegiatan baru ini, ia pun memutuskan untuk mulai belajar cara membuat roti secara serius.
Uji coba pun mulai dilakukan untuk menemukan resep roti terbaik yang didapatkannya dari hasil belajar di banyak tempat. Tak langsung sukses, Irna perlu berulang kali mencoba agar bisa membuat roti yang tak hanya enak, tetapi juga memiliki tekstur yang pas.
Kegigihannya tak berhenti sampai di situ. Dalam perjalanannya, Irna juga mencoba berbagai macam konsep pemasaran serta penjualan. Mulai dari berjualan online, berjualan keliling, hingga berjualan di pom bensin pun pernah dilakoninya.
Baca juga: Hamzah Izzulhaq, Pebisnis Muda dengan Keuntungan Besar!
Konsisten Jaga Kepuasan Pelanggan
Kegigihan Irna yang tak pernah putus asa dalam mencoba bukanlah satu-satunya rahasia kisah sukses bakery yang dikelolanya ini. Konsistensinya dalam memastikan agar pelanggan selalu puas dengan menu yang dijualnya juga turut menyumbangkan kontribusi yang tak kecil.
Agar tingkat kepuasan pelanggan tak anjlok, Irna sangat terbuka dengan setiap kritik serta masukan yang diterimanya dari pelanggan. Agar kualitas rasa dari produk buatannya tetap konsisten dan pelanggan tidak turun, Irna tak pernah keberatan untuk mengganti roti yang gosong atau gagal.
Menariknya, Irna tak sekadar mengganti dengan roti yang baru saja, tetapi melakukan follow up dengan menerapkan quality control yang lebih teliti lagi. Tak heran, roti buatannya pun bisa memiliki kualitas rasa yang konsisten dengan harga jual yang sesuai dengan target pasar.
Situasi tersebut jelas akan sulit untuk dicapai jika Irna selaku pemilik usaha bersikap masa bodoh dan tak acuh dengan kritik serta masukan dari pelanggan-pelanggannya.
Baca juga: Barber Sip: Bisnis Maju dengan Utamakan Kepuasan Pelanggan
Bagi Peran antara Bisnis dan Personal
Kisah sukses Irna dengan bisnis bakery yang dikelolanya bisa dibilang tumbuh bersama anaknya sendiri. Dengan kata lain, dalam waktu yang bersamaan Irna memegang dua peran yang jauh berbeda: sebagai pemilik usaha dan sebagai ibu.
Tentu menjalankan dua peran ini sekaligus bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Sekalipun menguntungkan, Irna tak bisa begitu saja meninggalkan perannya sebagai ibu. Jika memang sudah waktunya untuk menjemput anak dari sekolah dan mengurusnya di rumah, mau tak mau peran sebagai pemilik usaha pun harus mengalah dulu.
Pun demikian, Irna bukannya berbisnis secara asal-asalan dan setengah hati, lho, karena juga harus berperan sebagai ibu. Sebaliknya, kondisi ini justru membuatnya lebih disiplin dengan pembagian pekerjaan serta manajemen waktu yang baik. Sebagai hasilnya, bisnis pun tetap berjalan tanpa harus mengabaikan keluarga.
Hebat sekali, kan?
Baca juga: 5 Tips Bangun Bisnis Kuliner dari Nol, Omzet Nampol!
Lakukan #Langkahmajoo untuk Kelola Operasional Bisnis
Berperan sebagai seorang ibu sekaligus pemilik usaha, Irna dengan cerdas mengambil #langkahmajoo untuk memastikan operasional bisnis serta kebutuhan keluarganya tidak saling mengganggu.
Pasalnya, dengan beragam fitur yang ditawarkan oleh aplikasi majoo, Irna mampu memeriksa performa bisnisnya dari mana saja, kapan pun dibutuhkan, cukup dengan mengakses dasbor aplikasi majoo melalui handphone atau laptop.
Kelancaran operasional toko pun bisa lebih dijaga dengan aplikasi majoo. Melalui fitur keuangan, misalnya saja, Irna tak perlu menghabiskan waktu terlalu lama untuk menghitung dan memeriksa keuangan bisnisnya. Semua transaksi akan langsung dicatat secara tepat, akurat, dan otomatis!
Mempermudah pengelolaan bisnis dengan menggunakan aplikasi majoo, Irna pun bisa fokus untuk mengurus keluarga sembari mengantarkan Arina Bakery mewujudkan kisah sukses yang menginspirasi. Jadi, tunggu apa lagi? Tiru kesuksesan Irna dengan segera berlangganan layanan aplikasi majoo, yuk!
Baca juga: #langkahmajoo dari Juragan Martabak untuk Kembangkan Bisnis!