Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Sukses Bisa Dimulai dari mana pun, Bagaimana dengan Holiaw?

    Holiaw memulai kisah sukses dari bisnis kuliner bakmi.

    Kesuksesan bisa dimulai dari mana saja, dan Holiaw memilih usaha kuliner bakmi untuk kisah sukses bisnisnya. Namun, sama seperti bisnis-bisnis lainnya, usaha yang satu ini juga tak langsung sukses, lho! Tetap ada kisah-kisah jatuh dan bangun yang sangat menarik untuk disimak.

    Bagi para pelaku usaha, khususnya yang memang baru ingin memulai bisnisnya, tak ada salahnya, kan, kita simak bersama-sama cerita dari usaha kuliner bakmi yang satu ini sebagai inspirasi untuk mengelola bisnis secara seru dan menyenangkan, sekalipun harus melewati saat-saat jatuh pula.

    Percobaan Pertama Tak Selalu Mencatatkan Kisah Sukses

    Dimulai oleh Riki, Holiaw sebenarnya ide bertiga bersama teman dan saudaranya untuk memulai usaha sendiri, sekalipun pada saat itu ketiganya sebenarnya sudah memiliki pekerjaan masing-masing.

    Didasari kecintaan pada kuliner, usaha bakmi pun keluar sebagai pilihan bisnis yang ingin digarap, terlebih dengan anggapan bahwa bakmi merupakan makanan yang simple, tetapi disukai oleh banyak orang. Ditambah lagi, bakmi yang ingin disajikan bukan sembarang bakmi, melainkan menu bakmi dengan topping babi panggang yang lezat dan memiliki segmen penggemar yang sangat spesifik.

    Usaha pun dibangun dengan menyewa sebuah booth untuk berjualan. Namun, tak sesuai harapan, penjualan justru di bawah ekspektasi yang ditargetkan. Bahkan, ketika memutuskan untuk pindah pun penjualan masih terasa lesu hingga kurang lebih tiga bulan.

    Wajar saja sebenarnya, kan? Memulai usaha memang bukan perkara yang gampang, terlebih jika produk yang ditawarkan memiliki segmen yang terbatas.

    Baca juga: Merancang Promo yang Sesuai dengan Target Pasar Produk

    Tak Patah Semangat Justru Mendapat Jalan

    Menghadapi penjualan yang lesu hingga berbulan-bulan, keteguhan Riki dan dua pendiri lainnya patut diacungi jempol. Justru karena tak cepat putus asa atau memutuskan segera gulung tikar ketika penjualan lesu di bulan-bulan pertamalah kisah sukses Riki malah berkibar.

    Selama lesunya penjualan, Riki bercerita bahwa ada satu pelanggan yang terus datang. Keisengannya mengajak pelanggan tersebut mengobrol santai justru membuka jalan baru untuknya. Tak disangka, pelanggan setianya tersebut ternyata bekerja di sebuah agensi periklanan!

    Tidak berhenti sampai di situ, saking lezatnya bakmi yang disajikan, pelanggan setia ini juga kerap mengunggah posting terkait Holiaw di akun media sosialnya. Di sanalah kekuatan word of mouth berbicara, dari satu posting ke posting lain, dari satu pelanggan ke pelanggan lain, hingga akhirnya penjualan pun di atas ekspektasi.

    Baca juga: Pilih Marketing Konvensional atau Digital untuk Bisnismu?

    Sukses Bukan Berarti Waktu untuk Berhenti

    Selayaknya pelaku usaha yang andal, Riki tak berhenti berupaya ketika kisah sukses bisnisnya sudah terjalin solid. Sebaliknya, justru kesuksesan tersebut dianggap sebagai peluang untuk terus melebarkan sayap.

    Dari yang tadinya dimulai di sebuah booth sederhana, usaha milik Riki ini kini bisa dinikmati di beberapa cabang sekaligus. Riki pun juga tidak menolak ketika ada yang tertarik untuk mengelola bisnisnya dalam sistem franchise atau waralaba. Tak hanya di Jakarta, bakmi topping babi panggang andalannya sekarang bahkan bisa dinikmati pula di Surabaya, lho!

    Ulet, tekun, dan tak mudah patah semangat memang modal utama yang harus dimiliki oleh setiap pelaku usaha. Bisa dibayangkan apabila Riki dan kedua pendiri lainnya terlanjur menyerah ketika penjualannya tengah lesu, tentu kesuksesannya sekarang ini tak akan bisa dijadikan inspirasi oleh pelaku usaha lainnya, ya!

    Baca juga: Pastikan Strategi Bisnis Merespons Tiap Peluang dengan Tepat

    Berbisnis Sudah Seharusnya Dilakukan dengan Fun

    Bagi Riki, sudah sewajarnya berbisnis itu dianggap sebagai sesuatu yang seru dan menyenangkan. Tak hanya bicara saja, Riki juga menunjukkan keseruan berbisnis dengan menggunakan waktu luangnya untuk brainstorming, memikirkan strategi-strategi bisnis baru yang lebih ciamik untuk diterapkan.

    Jangan sampai jenuh berbisnis adalah kuncinya. Apabila sudah merasa jenuh, tak ada salahnya untuk mundur sedikit untuk beristirahat, dan biarkan rekan bisnis untuk bersinar mengelola bisnis yang memang dijalankan bersama-sama. Salah satu trik yang digunakan Riki untuk memastikan ini adalah dengan selalu mengingat keluarga, sehingga semangat untuk berbisnis pun bisa cepat muncul kembali.

    Bahkan, ketika karyawannya kedapatan berulah pun Riki tetap bisa menanggapinya dengan cara yang fun. Menurutnya, yang berlalu biarlah berlalu, tetapi sudah menjadi tugasnya untuk memastikan masalah tersebut tidak terjadi lagi. Riki pun terus belajar dan melakukan evaluasi, memastikan setiap karyawan ditempatkan pada posisi yang benar-benar sesuai.

    Jika karyawannya diibaratkan sebagai ikan, Riki menganggap dirinyalah yang salah jika meminta karyawan tersebut untuk terbang. Oleh karena itu, Riki sebisa mungkin tetap berbisnis dengan fun dan tidak mudah menyalahkan orang lain.

    Terlebih lagi, pengelolaan kisah sukses Holiaw pun juga lebih mudah dengan #langkahmajoo yang diambil oleh Riki. Memanfaatkan aplikasi majoo, seluruh operasional bisnisnya pun terasa lebih mudah untuk dikelola kapan pun dibutuhkan, di mana pun dirinya berada.

    Kelengkapan fitur yang dimiliki aplikasi majoo juga membuatnya gembira. Bagaimana tidak? Dengan aplikasi majoo, Riki dapat dengan mudah menyusun laporan keuangan serta mengintegrasikan bisnisnya dengan layanan pesan antar online yang memang sedang banyak digandrungi pelanggan.

    Yuk, jangan berlama-lama menunggu, segera ikut berlangganan aplikasi majoo, yuk!

    Baca juga: Lebih Mengenal Segmentasi dan Target Pasar bagi Bisnis Kamu

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Warkop Naik Kelas Hagios: Tantangan Jadi Semangat untuk Maju
    Warkop Naik Kelas Hagios lahir dari upaya mengubah tantangan sebagai bahan bakar untuk maju. Mau tahu kisah sukses coffee shop ini? Yuk, baca di sini!
    Bagi Ngopisore, Manajemen Bisnis Lebih Mudah dengan majoo
    Aplikasi majoo membuat manajemen bisnis Ngopisore jadi lebih mudah, tapi tetap hemat.
    Majoo Bikin Laporan Bisnis Tikum Bike Jadi Praktis
    Cerita dari Tikum Bike, spesialis service dan penjualan sepeda Brompton. Setelah mengambil #langkahmajoo, laporan bisnis jadi lebih praktis.
    Enzo Pet Shop: Fitur majoo, Memudahkan Operasional Bisnis
    Enzo Petshop and Clinic adalah bisnis jasa kesehatan hewan yang operasional bisnisnya terbantu dengan menggunakan fitur majoo.