Pastikan Strategi Bisnis Merespons Tiap Peluang Dengan Tepat

Strategi bisnis yang tepat idealnya dapat membuat bisnis terus bertumbuh

Peluang akan selalu tersedia, baik bagi bisnis maupun individu. Sebagai individu, misal kamu memiliki kesempatan untuk menjadi atlet profesional atau menjadi sutradara. Jenis profesi yang dipilih dan variabel yang dilibatkan dalam pengambilan keputusan disebut analisis peluang.

 

Persis seperti kamu melihat peluang dalam karier dan memilih salah satunya, bisnis juga memiliki berbagai peluang yang menanti di hadapan. Dengan menganalisis peluang-peluang tersebut, bisnis menyusun strategi bisnis yang tepat dalam rangka menghasilkan keuntungan lebih besar.

 

Manfaat melakukan analisis peluang

Salah satu keuntungan yang paling jelas dari melakukan analisis peluang adalah bisnis akan bertumbuh. Makin banyak peluang yang dieksplorasi dan direspons, maka bisnis akan makin berkembang.

 

Seiring dengan bertumbuhnya bisnis karena memanfaatkan berbagai peluang baru, bisnis pun akan mulai memiliki peningkatan laba. Mengapa demikian? Sebab peluang baru berarti segmen pasar baru yang akan mendatangkan lebih banyak keuntungan.

 

Dalam situasi demikian, membangun citra atau brand building merupakan strategi bisnis yang perlu dilakukan. Peningkatan keuntungan dan pertumbuhan bisnis membuat perusahaan dapat berinvestasi dalam aktivitas brand building dengan lebih mudah. Jadi, ini saat yang tepat untuk membangun reputasi yang tidak akan pernah dapat dilupakan konsumen.

 

Pada akhirnya, kamu akan tiba pada pada kondisi di mana biaya tetap tidak pernah bertambah, hanya variable cost saja yang bertambah. Artinya, reputasi bisnis dan keuntungan terus meningkat.

 

Melakukan analisis peluang sebagai bagian dari strategi

Mencari feedback merupakan cara terbaik melakukan analisis peluang dan mengetahui apakah suatu peluang akan menguntungkan. Dapatkan feedback dari karyawan, distributor, berbagai rekanan, sampai konsumen. Dengan demikian, kamu dapat mengambil keputusan yang tepat dalam merespons setiap peluang yang muncul.

 

Analisis peluang memungkinkan kamu membuat keputusan dan strategi bisnis yang tepat

Dalam rangka mengulas peluang secara seksama, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, yaitu:

 

Analisis persaingan 

Bagaimana bila peluang yang sedang kamu pertimbangkan dan terlihat menguntungkan telah lebih dulu dijalankan oleh pesaing? Jika kamu ingin peluang tersebut berubah menjadi keuntungan, terutama yang berlaku jangka panjang, kamu perlu lakukan analisis persaingan secara menyeluruh. Pahami di titik mana bisnis milikmu dapat mencuri peluang dari tangan kompetitor.

 

Perkiraan permintaan pasar

Berikutnya, peluang yang kamu lihat baru lengkap bila kamu sudah dapat memperkirakan permintaan pasar. Kamu tidak bisa menginvestasikan resource untuk produk yang belum diketahui pengembalian investasinya.

 

Target pemasaran

Saat peluang telah dianalisis, kamu perlu membuat rencana pemasaran yang jelas dan dipersonalisasi. Perlu diingat, setiap segmen pasar memiliki karakter yang berbeda dan kamu baru akan memasuki segmen baru.

 

Riset pasar

Riset pasar merupakan bagian internal dari analisis peluang yang akan menunjukkan apakah produk atau layanan akan diterima oleh konsumen. Melalui riset, kamu juga akan mendapat ide lebih mendalam tentang fitur atau nilai yang dapat ditambahkan pada suatu produk atau layanan.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

5 Tips Melakukan Inovasi Bisnis agar Usahamu Lebih Sukses

Inovasi bisnis penting untuk dilakukan secara terus menerus agar sebuah usaha tidak mengalami kekalahan dalam persaingan bisnis.

QRIS, Satu Langkah Penting Menuju Digitalisasi Bisnis!

QRIS agar pelanggan dapat melakukan pembayaran nontunai dengan mudah merupakan langkah yang tak boleh terlewat bila ingin melakukan digitalisasi bisnis!

majoo Maxima: Aplikasi Kasir + GrabFood untuk Bisnis Kuliner

majoo Maxima merupakan bundling majoo dengan GrabFood. Untuk kamu yang memiliki bisnis F&B, adanya fitur ini semakin mempermudah bisnismu.

Mau Inovasi Bisnis? Jangan Lupakan Hal-Hal Ini!

Setelah bisnis berjalan, pebisnis perlu melakukan inovasi untuk kelangsungan bisnisnya. Inovasi bisnis ini harus dilakukan dengan banyak pertimbangan.
Whatsapp