Klinik Kecantikan pun Diuntungkan oleh Aplikasi Kasir


Dalam dua dekade terakhir, bisnis kecantikan di Indonesia semakin maju dan menjamur. Penyebabnya, selain karena kesadaran orang Indonesia akan pentingnya penampilan, juga karena perubahan dinamika masyarakat yang lebih mementingkan kebahagiaan diri dengan mempercantik diri. Kamu bisa melihat semakin banyaknya salon-salon kecantikan, spa, bahkan klinik kecantikan di sekitarmu.

Apabila kamu memutuskan untuk membuka bisnis klinik kecantikan, tentunya kamu sudah mempersiapkan semua yang dibutuhkan, mulai dari menentukan tempat yang strategis, mendaftar layanan dan produk yang kamu jual, sampai ke perizinan dan juga desain interior. Ada satu hal lagi yang perlu kamu pertimbangkan, khususnya untuk membuat klinik kecantikan milikmu semakin untung dan maju: lengkapi klinikmu dengan aplikasi kasir.

Sebelum kamu memutuskan, tentunya kamu harus mempertimbangkan keuntungan apa saja yang bisa diberikan oleh aplikasi kasir untuk bisnismu. Kami akan membantumu dengan menyajikannya dalam artikel ini.

1. Membangun Basis Data Pelanggan

Salah satu fitur aplikasi kasir ini adalah merekam basis data pelanggan. Basis data ini penting, khususnya untuk dua hal ini. Yang pertama, karena bentuk usahamu adalah klinik kecantikan, yang perlu memiliki rekaman produk dan layanan apa saja yang pernah dipakai oleh pelangganmu. Dengan data ini, kamu bisa memperkirakan jumlah stok produk yang perlu kamu sediakan untuk memenuhi permintaan pelangganmu, misalnya untuk krim malam yang kira-kira akan habis dalam waktu satu bulan. Kamu juga bisa menawarkan produk terkait dengan melihat produk yang sudah pernah mereka gunakan, atau menawarkan layanan lain yang menurutmu mereka perlukan namun belum pernah gunakan.

Yang kedua, basis data ini dapat kamu manfaatkan untuk mempertahankan loyalitas pelangganmu. Kamu bisa meluncurkan program loyalti, atau menginformasikan promosi-promosi khusus untuk pelanggan langsung ke alamat surel atau ke nomor telepon mereka.

2. Appointment Tersistem

Tentunya tidak ada pelanggan yang bersedia menunggu terlalu lama sebelum mendapatkan layanan di klinik kecantikanmu. Aplikasi kasir ini terintegrasi dengan sistem appointment. Pelangganmu bisa langsung membuat appointment untuk kunjungan berikutnya seusai menjalani prosedur di klinikmu. Atau, mereka bisa membuat appointment dari gadget mereka, tanpa perlu menelepon atau mengunjungi klinikmu terlebih dulu.

Dengan fitur appointment ini, kamu bisa mengoptimalkan bisnismu. Pelangganmu bisa langsung memilih waktu yang tersedia di klinik yang sesuai dengan waktu senggang mereka. Tidak akan ada lagi hari dengan pengunjung yang menumpuk, sehingga pelanggan setiamu harus menunggu lama sebelum mendapatkan layanan yang mereka inginkan.

3. Manajemen Persediaan Barang

Aplikasi kasir ini tidak hanya mencatat penjualan dan pembayaran, tetapi juga secara otomatis mengupdate jumlah persediaan barang di dalam sistem. Pengurangan jumlah persediaan barang di dalam sistem ini terjadi secara real-time, sehingga kamu bisa langsung memutuskan perlu tidaknya melakukan pemasokan ulang.

Ini akan sangat krusial bagi produk-produk yang pembuatannya memerlukan waktu. Kamu tidak perlu menyetok terlalu banyak, yang artinya mengurangi kemungkinan kerusakan akibat penyimpanan atau melampaui masa kedaluwarsanya. Kamu bisa memesan stok baru sebelum stok yang ada habis, yang akan menghindarkan kosongnya produk tertentu.

4. Pencatatan Penjualan dan Laporan Keuangan Terintegrasi

Setiap transaksi menggunakan aplikasi kasir ini akan langsung direkam oleh sistem, dan disimpan di cloud. Dengan demikian, catatan penjualan dapat dipantau setiap saat secara real time dari mana saja. Kamu pun tidak perlu repot-repot memisahkan antara pembayaran tunai, debit, maupun kredit, karena sistem sudah mencatat semuanya.

Sama halnya dengan laporan keuangan yang sudah terintegrasi. Kamu bisa memantau pergerakan keuangan hari per hari tanpa harus menemui bagian keuanganmu. Yang tercatat di sana bukan hanya penjualan tetapi juga pengeluaran yang terjadi.

5. Penghitungan Insentif

Klinik kecantikan biasanya juga memberikan insentif bagi para terapisnya. Aplikasi kasir ini akan sangat memudahkan pencatatan dan penghitungan insentif para terapis. Setiap transaksi yang terjadi akan merekam siapa terapis yang menangani pelanggan tertentu. Karenanya, kamu bisa memantau setiap terapismu, berapa pelanggan yang mereka tangani hari per hari.

Sistem pun akan langsung menghitungkan insentif yang diperoleh masing-masing terapis berdasarkan informasi insentif yang sudah kamu programkan ke dalam aplikasi kasir ini. Dengan demikian, proses penghitungannya tidak lagi memerlukan tenaga tersendiri, karena semuanya sudah terintegrasi ke dalam sistem.

6. Mendukung Kampanye Promosi

Data yang tercatat oleh sistem aplikasi kasir ini tidak terbatas pada besarnya transaksi pelanggan, barang atau jasa apa yang dibeli, dan data-data pribadi pelanggan. Aplikasi ini juga mencatat waktu terjadinya transaksi.

Ini berarti bahwa kamu pun bisa mengakses data yang menunjukkan hari dengan transaksi terendah (sepi) atau tertinggi (ramai). Data ini disajikan dalam bentuk grafik, yang visualnya bisa membantumu melihat pola datanya. Dengan mengandalkan data dan grafik ini, kamu pun bisa membuat kampanye promosi yang dibutuhkan.

Untuk produk yang penjualannya rendah, misalnya, kamu bisa mulai memikirkan cara agar ada kenaikan penjualan. Caranya tentu bisa beragam, misalnya menjualnya sebagai satu paket dengan produk lain yang laris, atau menjualnya dengan harga diskon. Bahkan kamu bisa juga memutuskan untuk tidak lagi menjual barang tersebut dan menghentikan pasokannya.

Kamu juga bisa mempertimbangkan membuat kampanye promosi untuk mengatasi hari-hari sepi di klinikmu. Kalau setiap hari Senin klinikmu sepi, mungkin kamu bisa mulai merancang program promosi diskon untuk hari-hari khusus, atau yang lainnya.

Related Article

post-thumbnail

Pentingnya Invoice yang Rapi bagi Bisnis B2B

Invoice tentu sangat membantu sekaligus mempermudah dalam pengelolaan barang dan jasa yang telah dibeli oleh pelanggan. Terutama lagi dalam perhitungan laba dalam sebuah perusahaan maupun bisnis.
post-thumbnail

Transaksi Cashless, Solusi Aman Pembayaran Tanpa Kontak Fisik

Transaksi cashless di masa pandemi bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi risiko transmisi virus karena tidak ada kontak fisik yang dilakukan.
post-thumbnail

5 Alasan Mengapa Podcast Penting untuk Marketing

Harus diakui bahwa popularitas podcast terus meningkat belakangan ini. Sadarkah kamu media ini dapat menjadi bagian dari strategi marketing yang efektif?
post-thumbnail

Menyusun Program Loyalitas, Cara Mudah Menjaga Tingkat Retensi Pelanggan

Menjaga tingkat kepuasan pelanggan merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan suatu bisnis, tidak heran jika program loyalitas pun menjadi sesuatu yang penting untuk diperhatikan untuk memastikan bisnis dapat terus maju dan berkembang.

Pakai majoo sekarang

Tinggalkan cara lama dan mulai #langkahmajoo mu

Coba Gratis Hubungi Sales
instagram Klik untuk follow majoo.indonesia Banyak inspirasi harian wirausaha dan games seru ×
Whatsapp