Kualitas Apa Saja yang Perlu Dimiliki Admin Toko Online?

Admin toko online yang baik perlu memiliki beberapa kualitas spesifik

Bagi pelaku usaha online shop, memiliki admin toko online merupakan praktik yang sangat lumrah. Terlebih beberapa tahun terakhir ketika tingkat kepercayaan pelanggan untuk melakukan transaksi secara online terus meninggi; berbelanja berbagai produk dan jasa secara digital menjadi sebuah kewajaran. Peningkatan aktivitas jual beli secara online tidak hanya memberikan keuntungan, tetapi juga memunculkan masalah baru di mana sumber daya manusia yang diperlukan untuk melakukan pembelian pun ikut meningkat. Mempekerjakan seorang admin untuk menjalankan toko digital pun dianggap perlu, tetapi kualitas apa saja yang diperlukan sebagai syaratnya?

Pemahaman minimum terhadap bisnis yang dijalankan

Karena admin sering kali merupakan orang yang semata-mata dipekerjakan oleh pemilik usaha untuk operasional online shop, terkadang admin tersebut tidak memiliki pengetahuan yang sama terkait produk maupun jasa yang ditawarkan oleh pemilik usaha. Padahal, admin merupakan orang pertama yang akan dihubungi oleh calon pelanggan terkait produk atau jasa tersebut. Oleh karena itu, admin perlu tahu dengan baik produk-produk atau jasa apa saja yang ditawarkan, sehingga ketika pelanggan bertanya, admin tersebut dapat menjawab dengan baik, atau bahkan mampu meyakinkan calon pelanggan untuk melakukan pembelian.

Kemampuan untuk berpikir kritis

Memiliki pemahaman minimum terhadap produk serta jasa dalam online shop yang dijalankan saja tidak cukup, seorang admin juga sebaiknya memiliki kemampuan untuk berpikir kritis. Saat kebanyakan admin lainnya sekadar melayani pelanggan, admin yang mampu berpikir kritis akan memberikan nilai lebih pada bisnis yang dipegang karena admin tersebut dapat memprediksi masalah atau pertanyaan yang dimiliki oleh calon pembeli. Pemikiran yang kritis dapat menghindarkan calon pembeli batal melakukan pembelian. Lebih bagus lagi, admin yang berpikiran kritis bahkan dapat menawarkan produk atau jasa lain yang mungkin juga dibutuhkan calon pembeli sehingga keuntungan bisnis pun semakin besar.

Empati untuk memahami keadaan pelanggan

Tugas admin tidak hanya sekadar mencatat setiap transaksi dan melayani pelanggan semata. Karena dijalankan secara digital, sering kali admin harus berkomunikasi dengan calon pembeli tanpa sedikit pun bertatap muka. Jika sudah demikian, salah ucap sedikit bisa panjang urusannya karena admin tak dapat langsung mengklarifikasi maupun mengetahui secara pasti kondisi dari calon pembeli yang dihadapinya. Oleh karena itu, empati menjadi kualitas yang wajib dimiliki oleh seorang admin untuk memahami keadaan pelanggan secara digital. Terkadang, admin perlu menyesuaikan cara menyampaikan penjelasan atau pendekatannya tergantung dari kondisi yang dihadapi oleh pelanggan.

Memahami bagaimana online shop bekerja

Tak jarang admin juga harus mengelola platform untuk menjalankan operasional bisnisnya. Dengan kata lain, pemahaman yang diperlukan tidak hanya sebatas pada produk atau jasa yang dipasarkannya saja, tetapi juga bagaimana platform yang digunakan itu bekerja. Misalnya saja, jika produk dipasarkan melalui media sosial, admin perlu mengetahui kapan waktu yang tepat untuk posting dan mungkin juga kebutuhan visual dari post yang ingin dikirimkan tersebut. Jika tempat usaha tergabung dalam digital marketplace, aturan yang berlaku pun harus dipelajari. Jangan sampai tempat usaha diblokir marketplace pilihan karena tidak mematuhi aturan. 

Admin toko online juga perlu memahami online shop yang dijalankan

Untuk membantu admin toko online dalam menjalankan pekerjaannya dengan lebih mudah, gunakan aplikasi majoo yang sudah terintegrasi dengan beragam marketplace. Di samping itu, aplikasi majoo juga memiliki fitur-fitur lain seperti pencatatan transaksi secara rapi dan akurat yang dapat digunakan untuk memaksimalkan operasional bisnis. Jadi, tunggu apa lagi?

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Tingkatkan Kepuasan Pelanggan Dengan Strategi Pemasaran Ini

Strategi pemasaran bukan hanya berperan dalam mendorong terciptanya penjualan, melainkan juga mampu meningkatkan kepuasan pelanggan.

Layanan Pelanggan, Mana yang Sebaiknya Diprioritaskan?

Layanan pelanggan akan lebih optimal jika difokuskan pada pelanggan prioritas. Pertanyaannya, mana yang sebaiknya diprioritaskan terlebih dahulu?

Mengapa Bisnis Ritel Perlu Pakai Struk Belanja Digital?

Nota cetak tampaknya sudah mulai tidak relevan di bisnis ritel, sudah saatnya beralih ke struk belanja digital. Apa alasannya? Cari tahu di sini!

Aplikasi POS, Tools Penting untuk Menjaga Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh banyak aspek, termasuk operasional bisnis efektif dan efisien yang bisa diperoleh dengan aplikasi POS yang tepat.
Whatsapp