Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    11+ Ide Bisnis Anak Muda Dengan Modal Minim

    Ide bisnis anak muda dengan modal minim

    Minat generasi muda di Indonesia untuk berwirausaha tampaknya semakin tinggi. Dikutip dari medcom.id, dari 64 persen total penduduk muda di Indonesia, setidaknya terdapat 73 persen yang tertarik untuk berwirausaha dan membuka bisnis anak muda.

    Selain itu, hasil penelitian Sea Group kepada 14.000 anak muda Indonesia menyebutkan, 24 persen responden menginginkan punya bisnis sendiri. Dalam penelitian itu, keinginan anak muda menjadi wirausaha bukan sekadar ingin memiliki penghasilan besar. Mereka ingin menjadi pengusaha karena ingin hidup lebih mandiri, ingin memberikan dampak positif kepada masyarakat, serta menciptakan lapangan pekerjaan baru dengan memanfaatkan teknologi.

    Namun, seperti dikutip dari Tribun News, Pahala Mansury Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara berpendapat bahwa wirausahawan muda di Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan dengan negara-negara tetangga. Menurutnya, jumlah pengusaha di Indonesia sekarang baru 3,4 persen, masih kurang untuk menjadi suatu negara maju yang butuh 12 hingga 14 persen.

    Salah satu usaha pemerintah mendukung anak muda yang minat menjadi pengusaha adalah melalui program sekolah pencetak wirausaha berbasis digital yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan sejak 2018.

    Dengan meningkatnya minat generasi milenial dan generasi di tanah air untuk menjadi pengusaha, hal tersebut tentunya menjadi berita cukup menggembirakan. Artinya, akan semakin banyak bisnis anak muda baru yang akan bermunculan di tahun depan.

    Faktor Pendorong Lahirnya Bisnis Anak Muda

    Saat ini, menjalankan sebuah bisnis bukan hanya milik orang dewasa. Namun, banyak anak muda usia remaja pun mulai tertarik untuk berbisnis dan menjadi jalan hidup ke depan. Sebab, untuk menjadi seorang pengusaha sukses, tidak perlu menunggu hari tua.

    Lantas, sebenarnya apa sih faktor yang mendorong anak muda mengembangkan bisnis?

    Untuk mengembangkan dan menjalankan sebuah bisnis tidak cukup hanya berbekal bakat dan jiwa bisnis. Ada beberapa faktor yang memengaruhi seseorang untuk memilih menjadi wirausahawan, antara lain:

    1. Memiliki Motivasi Kuat

    Faktor pertama yang mendorong anak muda mengembangkan bisnis adalah memiliki motivasi. Pada dasarnya, motivasi untuk menjadi seorang entrepreneur adalah kekuatan dalam diri seseorang. Motivasi itu kemudian mendorong seseorang untuk memilih dan bertumbuh menjadi pengusaha.

    2. Keinginan untuk Membangun Perekonomian

    Membangun dan menjalani bisnis berarti membuka lebih banyak lapangan pekerjaan untuk orang lain dan ikut terlibat dalam pembangunan ekonomi. Oleh karena itu, kehadiran bisnis anak muda menjadi angin segar untuk mengurangi angka pengangguran dan mampu meningkatkan kesejahteraan hidup banyak orang.

    Bisnis Pemula untuk Anak Muda

    Kamu sedang bingung mencari ide bisnis anak muda yang menjanjikan untuk direalisasikan di tahun 2023 mendatang? majoo telah menyiapkan beberapa ide bisnis anak muda yang menarik serta potensial untuk kamu coba. Ide-ide bisnis ini dapat menjadi referensi ataupun inspirasi. Berikut beberapa bisnis pemula untuk anak muda yang bisa kamu jalankan.

    1. Jasa Pembuatan Konten

    Pembuat konten atau lebih beken disebut content creator telah menjadi pekerjaan yang bergengsi bagi generasi muda masa kini. Pekerjaan di industri kreatif ini memiliki nilai dan prestise tersendiri, terutama di era media sosial.

    Kamu pasti tahu sosok Alif Cepmek yang tengah jadi sorotan karena disebut Dilan KW lantaran suara Alif yang mirip dengan karakter Dilan di film Dilan 1990. Dari membuat konten di Instagram dan TikTok, Alif kini bisa membantu perekonomian keluarganya. Dikutip dari Zigi.id, orang tua Alif berprofesi sebagai buruh. Ibunya sebagai pekerja abu gosok, sedangkan sang ayah bekerja sebagai kuli bangunan.

    Selain itu, dinobatkannya Raffi Ahmad dan Nagita Slavina sebagai "Sultan of Content" pada sampul majalah Forbes Indonesia membuktikan bahwa pembuat konten bisa meraup penghasilan yang berlipat ganda.

    Pada akhirnya, profesi content creator bisa menjadi ide bisnis anak muda yang akan terus laris dan dicari-cari di tahun-tahun mendatang. Alasannya, warganet pasti membutuhkan konten saat berselancar di dunia maya maupun di media sosial. Tidak hanya itu, untuk meningkatkan awareness pada produk, perusahaan butuh materi promosi yang tepat dalam bentuk konten menarik.

    Jika kamu memiliki keahlian yang memadai, jangan ragu untuk memanfaatkan peluang dengan membuka jasa pembuatan konten. Kamu bisa menawarkan konten berupa tulisan untuk blog atau website, maupun video untuk YouTube, TikTok, dan Instagram.

    Menariknya, jika ingin menjalankan usaha sebagai pembuat konten, kamu tidak perlu menyewa gedung sebagai kantor. Pekerjaan content creator bisa dilakukan di mana pun. Yang kamu butuhkan adalah kreativitas dan fleksibilitas.

    Baca juga: 15 Cara Jualan di TikTok Shop Anti Gagal, Bikin Cuan Meroket

    2. Thrift Shop

    Thrift shop adalah istilah untuk menyebut toko yang menjual barang bekas layak pakai. Membuka thrift shop, terutama produk pakaian telah menjadi tren bisnis anak muda sejak beberapa tahun terakhir.

    Barang-barang thrift biasanya merupakan barang impor dari brand ternama yang mengalami sedikit catat (defect), namun masih sangat layak pakai. Usaha ini tergolong murah meriah dan terjangkau karena dengan modal dari Rp500.000 kamu bisa mendapatkan satu karung pakaian thrift.

    Peluang bisnis anak muda ini bisa dicoba untuk kamu yang tidak perlu repot memproduksi sesuatu. Selain itu, thrift shop juga memiliki pangsa pasar yang jelas, yaitu anak-anak muda yang ingin tetap bergaya tapi memiliki anggaran terbatas.

    3. Penyedia Menu Sarapan

    Tidak perlu diragukan lagi bahwa sarapan adalah hal penting. Namun, rutinitas pagi yang padat membuat banyak orang yang harus melewatkan sarapan.

    Hal ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Kamu bisa menawarkan menu sarapan pagi seperti roti isi (sandwich), bubur ayam, nasi uduk, atau nasi kuning. Bahan-bahan yang digunakan dan cara membuatnya tidak begitu sulit. Dengan modal usaha Rp500.000 hingga Rp1.000.000, kamu dapat meraup keuntungan yang cukup memuaskan.

    4. Penyedia Camilan

    Dikutip dari CNN Indonesia, orang Indonesia sangat gemar ngemil, lho. Fakta ini diperoleh dari survei yang diinisiasi Mondelez melalui survei bertajuk “The State of Snacking 2020”. Hasilnya menghasilkan temuan bahwa masyarakat Indonesia rata-rata ngemil sebanyak 3,15 kali sehari. Frekuensi ini lebih banyak dibanding rata-rata global sebanyak 2,30 kali sehari.

    Salah satu manfaat ngemil adalah menjadi sumber kebahagiaan (84 persen) dan membuat lebih bersemangat sepanjang hari (81 persen). Artinya, menjadi penyedia camilan bisa menjadi ide bisnis anak muda yang potensial.

    Kamu tidak perlu menyediakan jenis camilan yang memerlukan bahan yang mahal. Camilan berbahan dasar singkong, kentang dan ubi pun banyak diminati. Membuat keripik singkong beraneka rasa bisa menjadi pilihan bisnis dengan modal usaha kurang dari satu juta rupiah.

    Kamu bisa memasarkan camilan tersebut kepada rekan-rekan kerja di kantor atau teman terdekat dengan jaminan rasa dan kualitas.

    5. Kelas Daring

    Meningkatkan kemampuan diri sendiri merupakan tugas masing-masing individu. Karena itu, belajar adalah kegiatan sepanjang hayat. 

    Sejak pandemi, banyak orang yang tertarik menambah skill baru dengan mengikuti kelas atau kursus online. Jika kamu memiliki suatu skill yang dapat dibagikan, ini menjadi peluang untuk membuka usaha berbasis pendidikan karena kelas online merupakan salah satu bisnis anak muda dengan modal yang minim. Jika tidak memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai ilmu atau bidang tertentu, kamu bisa bekerja sama dengan para pakar ataupun profesional.

    Ada banyak jenis kelas atau kursus online yang bisa kamu tawarkan, mulai dari kelas online blogging, kelas online desain grafis, kelas online bahasa asing, kelas SEO, kelas analisis data, dan lain-lain.

    6. Jasa Titip

    Bisnis jasa titip (jastip) tidak melulu tentang membeli barang-barang luar negeri yang tidak bisa didapatkan di Indonesia. Kamu bisa menyasar teman-teman yang kesulitan mendapatkan barang-barang yang belum dijual di daerah mereka.

    Baca juga: Benarkah Jastip adalah Bisnis Modal Kecil yang Menjanjikan?!

    7. Agen atau Manajer Influencer

    Influencer merupakan salah satu profesi baru dengan potensi ekonomi cukup tinggi. Brand-brand ternama sering memanfaatkan jasa influencers untuk memperkenalkan produk-produk mereka.

    Kamu bisa memanfaatkan fenomena ini dengan menjadi agen atau manajer influencer. Bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar, kok. Kamu cukup mendekati teman-temanmu atau sosok yang memiliki pengikut cukup besar di media sosial. Lalu, tawarkan kemampuanmu bernegosiasi untuk mendapatkan pekerjaan yang menghasilkan cuan bagi mereka.

    8. Analisis Data

    Jika kamu piawai dalam mengolah data, inilah saatnya untuk terjun menjadi seorang analisis data. Analis data merupakan profesi yang kini sedang dicari banyak orang. Data yang diolah akan bermanfaat untuk meningkatkan penjualan dan membuat keputusan yang lebih baik bagi perusahaan.

    Untuk bisa menjadi analis data, kamu perlu mempelajari bahasa pemrosesan data seperti SQL dan Python. Kamu juga butuh skill komunikasi yang mampu mengubah data menjadi insight bisnis bagi klien.

    9. Isi Ulang Air Minum dan Gas

    Jika di sekitar rumahmu banyak membutuhkan isi ulang air minum galon dan gas, maka ini bisa jadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Dengan menjual air galon dan gas, maka 

    kamu bisa membuka kios di rumah atau menjualnya dengan berkeliling kompleks. Ini adalah peluang bisnis anak muda yang dijamin tidak akan pernah usang.

    10. Bisnis Preloved Stuff

    Preloved stuff adalah barang-barang yang sudah tak terpakai namun masih sangat layak pakai. Dari sekian banyak pakaian di lemari baju, koleksi sepatu, dan furnitur hingga alat elektronik yang ada di rumah, pasti tidak semuanya kamu gunakan kembali. Daripada menumpuk di rumah, jual kembali barang-barang tersebut secara online.

    Berawal dari menjual barang bekas pribadi, nantinya kamu bisa menjual barang bekas teman-temanmu dengan sistem titip jual. Kamu bisa mendapatkan pemasukan dari titip jual tersebut.

    11. Tempat Penitipan Anak (Daycare

    Bisnis ini sangat mudah diterapkan di era hustle culture seperti saat ini. Tempat penitipan anak atau daycare biasanya sangat dibutuhkan oleh suami istri yang keduanya bekerja.

    Tips Menjalankan Bisnis Anak Muda

    Tips memilih dan menjalankan bisnis anak muda
    Itulah 11 ide peluang bisnis anak muda yang diprediksi akan terus booming hingga 2023 mendatang. Bagi kamu yang ingin mendirikan usaha, ada beberapa tipsnya, nih.

    1. Sesuaikan dengan minat dan kemampuan finansial

    Saat menjalankan bisnis, pastikan bisnis tersebut sudah sesuai dengan minatmu. Selain itu, perhatikan juga kemampuan finansialmu. Jika kamu ingin menjadi seorang pembuat konten tentunya membutuhkan modal untuk membeli laptop, kamera, serta penyediaan jaringan internet yang mendukung.

    2. Tentukan lokasi yang strategis

    Menentukan lokasi usaha yang strategis juga dapat membantu kamu menentukan peluang bisnis anak muda yang cocok di daerah tersebut. Jika kamu berada di perumahan yang banyak ibu rumah tangga, menjalankan bisnis penyediaan air minum galon dan gas tentu akan menguntungkan.

    3. Jalankan strategi pemasaran yang tepat

    Menentukan strategi pemasaran yang tepat akan mengembangkan bisnismu. Jangan ragu untuk terus memasarkannya di manapun selagi ada kesempatan. Manfaatkan media sosial untuk memasarkan produk atau jasa yang kamu jual.

    Baca juga: Ide Bisnis Kreatif dan Unik yang Minim Pesaing

    Kesimpulan

    Seseorang yang ingin menjalankan sebuah bisnis harus dapat menentukan ide bisnis usaha yang ingin dilakukan serta mencari tahu peluang dari bisnis usaha tersebut. Karena itu, perlu dilakukan perencanaan yang tepat agar bisnis dapat berjalan dengan baik. Namun, mencari atau menentukan ide bisnis anak muda yang ingin dilakukan sering kali membuat seseorang menjadi bingung.

    Jadi, bisnis apa yang cocok untuk anak muda? Bisnis yang cocok untuk anak muda adalah bisnis yang memanfaatkan perkembangan teknologi. Selain itu, bisnis anak muda yang potensial harus menjawab kebutuhan dari masyarakat di sekitar. Beberapa peluang bisnis anak muda yang telah dipaparkan di atas terbukti dapat memberikan hasil yang menjanjikan.

    Menjalankan bisnis, pasti erat kaitannya dengan modal. Meskipun banyak peluang usaha yang dapat dijalankan dengan modal minim, tapi kamu perlu mengajukan pinjaman sebagai modal atau untuk keperluan membangun usaha. Salah satu layanan majoo adalah menyediakan akses pengajuan pinjaman dengan proses yang mudah dan cepat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai modal usaha dari majoo bisa kamu cek di sini.

    Selain itu, agar bisnismu bisa meraup keuntungan yang optimal, jangan lupa untuk melakukan pencatatan keuangan secara berkala. Apapun bisnis yang kamu jalankan, pasti akan membutuhkan laporan keuangan yang rapi dan detail untuk membantu kamu dalam mengevaluasi perkembangan usaha. Dengan memanfaatkan aplikasi kasir majoo, pencatatan keuangan akan dilakukan secara otomatis dan sistematis. Selain itu, terdapat berbagai fitur praktis dan menarik yang dapat disesuaikan dengan segala kebutuhanmu.

    Apapun bisnis anak muda yang kamu jalankan, selama kita tahu seberapa besar potensi dan peluangnya, kamu tidak perlu khawatir bisnis tidak akan berkembang pesat. Jadi, tertarik untuk mencoba ide bisnis anak muda di atas? Semoga bermanfaat, ya.

    Pertanyaan Terkait

    • Bisnis yang cocok untuk anak muda adalah bisnis yang memanfaatkan perkembangan teknologi. Selain itu, bisnis anak muda yang potensial harus menjawab kebutuhan dari masyarakat di sekitar. Beberapa peluang bisnis anak muda yang telah dipaparkan di atas terbukti dapat memberikan hasil yang menjanjikan.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Quick Ratio adalah: Kelebihan dan Kekurangannya
    Quick ratio adalah rasio yang digunakan untuk mengukur likuiditas jangka pendek suatu perusahaan. Apa saja kelebihan dan kekurangan quick ratio?
    Newsletter adalah: Definisi, Manfaat, dan Tips Newsletter
    Newsletter adalah tools yang dapat menjembatani perusahaan dengan pelanggan untuk berbagi informasi penting dan menarik terkait perusahaan secara rutin.
    Benarkah Termin adalah Istilah untuk Cicilan atau Uang Muka?
    Termin adalah sistem pembayaran dengan jangka waktu berdasarkan kesepakatan, atau terkait syarat yang telah disepakati saat akad jual secara kredit.
    Payback Period Adalah: Dari Rumus Sampai Contohnya
    Sederhananya, pengertian payback period adalah jangka waktu yang diperlukan untuk mengembalikan nilai investasi yang telah dikeluarkan.