Mencari Inspirasi Toko Online untuk Usaha Rumahan

Ada banyak inspirasi toko online yang bisa kamu coba untuk memiliki penghasilan tanpa banyak bepergian

Di tengah dampak pandemi yang semakin berlarut-larut ini, tidak akan ada yang merasa heran jika kamu mulai mencari-cari inspirasi toko online sebagai usaha sampingan. Pasalnya, keberadaan pandemi Covid-19 yang mulai muncul di akhir tahun 2019 ini memang memberikan dampak yang cukup terasa bagi penghasilan banyak orang.

Selain itu, adanya berbagai upaya untuk meminimalisir penyebaran pandemi juga membuat banyak orang lebih memilih untuk tetap berada di rumah dan beralih ke model jual beli online. Oleh karena itu, memilih untuk memulai toko online bisa dibilang sebagai langkah yang tepat untuk memastikan asap di dapur terus mengepul.

Namun, ingat, meski kamu seorang pelaku usaha, sebisa mungkin kamu tetap harus berada di rumah, jadi coba cari jenis usaha rumahan yang bisa kamu lakukan tanpa perlu bepergian; misalnya saja beberapa inspirasi berikut:

  1. Usaha Rumahan Makanan Camilan Unik

Di antara banyak bidang usaha, kuliner merupakan tetap yang memiliki prospek paling cerah. Bagaimana tidak, semua orang, toh, memang perlu makan, bukan?

Efek pandemi yang menyebabkan banyak orang harus bekerja dari rumah membuat bisnis makanan ringan semakin diminati. Selain bisa dilakukan dari rumah tanpa perlu bepergian sama sekali, bisnis ini juga memiliki pangsa pasar khusus, yakni orang-orang yang doyan makan, tetapi tidak bisa lagi dengan mudah bepergian untuk berburu makanan-makanan menarik. Oleh karena itu, peluang ini dapat dimanfaatkan dengan menyediakan makanan ringan yang unik dan khas, sehingga orang pun tertarik untuk membelinya.

Hanya saja, pastikan untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan. Karena meskipun usaha ini bisa dilakukan dari rumah, kamu tetap harus bertemu kurir yang akan mengantarkan makanan buatanmu kepada pelanggan.


Bisnis dropship produk fast fashion merupakan inspirasi toko online yang bisa kamu kelola sepenuhnya dari rumah

  1. Bisnis Dropship

Berbeda dengan usaha rumahan makanan ringan untuk camilan, jenis bisnis yang satu ini tak mengharuskanmu untuk bertemu siapa pun, termasuk kurir yang akan menjemput dan mengantarkan produkmu kepada pelanggan.

Mengapa bisa demikian? Karena pelaku usaha dropshipper umumnya hanya menjadi titik penghubung antara pelanggan sebagai konsumen akhir dengan pemilik produk yang sebenarnya. Namun, justru karena itu kamu bisa mengelola bisnismu sepenuhnya secara online.

Kamu cukup menerima dan melayani pesanan yang datang, kemudian menghubungi produsen atau bagian gudang untuk mengirimkan produk yang ditawarkan kepada pelanggan.

Selain keuntungan yang cukup menarik, bisnis model dropship juga bisa menghindarkanmu dari kerugian bisnis karena kamu tak perlu membeli dahulu produk yang ditawarkan. Setiap kali ada pembelian yang dilakukan melaluimu, keuntungan bisa langsung didapatkan dalam bentuk sekian persen dari nilai transaksi.

Namun, meski banyak keuntungan yang ditawarkan, sayangnya tak banyak produk yang membutuhkan jasa dropship. Kebanyakan model bisnis ini hanya menyediakan produk-produk fast fashion atau produk atau aksesori fesyen yang diproduksi secara massal sehingga harganya murah. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan ada produk lain yang juga membutuhkan jasa dropship, kok!

  1. Usaha Kerajinan Tangan Sederhana

Inspirasi bisnis lain yang dapat dipasarkan melalui toko online adalah usaha kerajinan tangan. Peminatnya pun cukup beragam, tak terbatas pada pasar dalam negeri saja, tetapi juga bisa sampai ke luar negeri.

Masalahnya, bisnis kerajinan tangan, khususnya yang diperuntukkan bagi pasar mancanegara, adalah kebutuhan untuk menyediakan tempat yang khusus bagi pengrajin yang menjadi tenaga kerja. Artinya kamu masih memiliki risiko terpapar Covid-19 karena harus mengumpulkan para pengrajin tersebut untuk memproduksi kerajinan tangan.

Oleh karena itu, bagi kamu yang tertarik untuk memulai model usaha rumahan yang satu ini, pastikan untuk mencari jenis kerajinan tangan yang tak hanya diminati di pasaran, tetapi juga dapat dikerjakan secara individual.

Membuat boneka atau kerajinan rotan sederhana bisa menjadi pilihan karena kerajinan tersebut bisa dikerjakan sepenuhnya oleh satu orang dari awal ketika produk masih berupa bahan mentah hingga menghasilkan produk jadi.

Bagian berikutnya yang harus dipikirkan adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk mengirimkan bahan baku atau bahan mentah yang dimiliki ke setiap pengrajin yang bekerja sama denganmu agar dapat diolah lebih lanjut.

  1. Bisnis Tanaman Hias

Peminat tanaman hias mulai meningkat kembali sejak adanya pandemi karena banyaknya orang yang membutuhkan hobi untuk dikerjakan di rumah. Oleh karena itu, bisnis yang satu kemudian memiliki daya tariknya tersendiri.

Untungnya, bisnis ini dapat sepenuhnya dilakukan di rumah jika kamu memiliki lahan yang cukup untuk melakukan budidaya tanaman yang menjadi produk andalanmu. Selanjutnya, kamu cukup merawat setiap tanaman yang dimiliki dan memajang bibit tanaman hasil kerjamu di etalase toko online yang kamu kelola.

Namun, tentu saja jenis bisnis ini agak sulit dilakukan jika kamu memiliki lahan yang sangat terbatas. Meski demikian, beberapa pelaku bisnis tanaman hias memilih mengakalinya dengan mencoba memasarkan produk-produk tanaman hasil budidaya secara hidroponik yang tak membutuhkan banyak ruang. Tenang, pasti ada jalan selama kamu memiliki kemauan yang kuat dan tak pantang menyerah!

Ada banyak sekali inspirasi toko online yang bisa kamu coba untuk memperoleh pendapatan tambahan di kala pandemi seperti sekarang tanpa perlu banyak bepergian dan berisiko terpapar virus yang tengah melanda. Agar tak pusing mengurus segala sesuatunya langsung dari rumah, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi majoo dengan berbagai fiturnya yang mendukungmu untuk mengelola toko online!


Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Inovasi dalam Strategi Marketing Bisnis, Perlukah?

Agar berhasil, inovasi bisnis perlu dukungan strategi marketing yang optimal. Sebaliknya, strategi pemasaran pun perlu disokong inovasi produk yang sukses.

Memanfaatkan Personal Touch sebagai Nilai Tambah Bisnis

Personal touch atau pendekatan personal dapat menjadi nilai tambah bisnis yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga tingkat kepuasan serta retensi pelanggan.

Inspirasi Ide Kreatif dalam Inovasi Bisnis dari Luar Negeri

Di luar negeri, ada beberapa ide kreatif dalam bisnis yang cukup unik. Ide bisnis ini bisa dijadikan inspirasi untuk diterapkan di Indonesia.

Menyusun Strategi Keuangan dengan Memperhatikan PPKM

Menyusun strategi keuangan menjadi krusial untuk menghadapi dampak PPKM. Apa saja yang perlu diperhatikan? Perlukan memperhatikan laporan keuangan bisnis?
Whatsapp