Table of Content

    Menerapkan Strategi Omnichannel pada Bisnis, Apa Untungnya?

    Strategi omnichannel dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan angka penjualan.

    Akhir-akhir ini, strategi omnichannel menjadi salah satu strategi yang mulai banyak digunakan untuk meningkatkan angka penjualan. Namun, sebenarnya seperti apa cara kerja strategi pemasaran yang satu ini sehingga banyak dilirik oleh para pelaku usaha untuk meningkatkan pendapatan bisnisnya?

    Agar tidak terlalu bingung, mari kita bahas secara lengkap mulai dari pengertian, prinsip, keuntungan, hingga contoh-contoh bisnis yang turut menerapkan strategi tersebut dalam operasional hariannya.

    Pengertian Omnichannel sebagai Strategi Bisnis

    Secara garis besar, strategi yang satu ini bisa disebut sebagai sebuah model atau sistem bisnis yang melibatkan beberapa saluran penjualan sekaligus dalam satu waktu untuk meningkatkan pengalaman pelanggan saat berbelanja atau melakukan transaksi. Agar dapat berjalan secara maksimal, saluran-saluran penjualan yang digunakan dalam strategi ini sebaiknya saling berhubungan atau memiliki keterkaitan.

    Dengan model bisnis yang seperti itulah, strategi ini mendapatkan namanya yang merupakan gabungan dari dua kata: omnis yang berarti universal atau melalui banyak cara dan channel yang berarti saluran maupun kanal.

    Selain dalam kegiatan penjualan, saluran-saluran yang digunakan dalam strategi ini sesungguhnya juga dapat digunakan dalam kegiatan pemasaran, tergantung dari tujuan yang ingin dicapai oleh pelaku usaha.

    Prinsip Utama dalam Implementasi Strategi

    Sebagai sebuah bentuk strategi bisnis, tentu pelaku usaha sebaiknya tidak asal dalam mengimplementasikannya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tujuan yang ingin dicapai dapat benar-benar terwujud secara optimal sehingga bisnis dapat terus bertahan serta dikembangkan lebih besar lagi. Dalam strategi yang satu ini, kunci utamanya adalah integrasi setiap saluran yang ingin digunakan.

    Karena tujuan utamanya adalah meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan agar pelanggan semakin tertarik untuk melakukan transaksi melalui penjualan berulang, tentu setiap saluran atau kanal yang perlu dilalui oleh pelanggan saat berbelanja harus saling terintegrasi. Dengan demikian, pelanggan akan memperoleh kemudahan dalam memilih platform yang ingin digunakannya untuk berbelanja.

    Saluran-saluran yang saling berkaitan ini tentunya tak hanya mempermudah pelanggan saja, tetapi juga mengurangi beban kerja karyawan yang bertugas untuk memproses pemesanan yang sudah dilakukan oleh pelanggan. Karena setiap saluran yang digunakan saling berhubungan, pelaku usaha tidak perlu merasa bingung mengatur stok opname ketika pelanggan melakukan pemesanan melalui berbagai saluran yang berbeda.

    Tanpa adanya prinsip integrasi sistem ini, di mana setiap saluran yang digunakan, baik untuk kegiatan penjualan maupun pemasaran, tidak memiliki benang merah yang jelas sebagai acuan, strategi saluran universal ini tidak akan optimal. Selain pelanggan sendiri tidak menemukan kemudahan dalam berbelanja yang dapat menarik minat mereka untuk melakukan pembelian, dari sisi pelaku usaha sendiri pun akan kerepotan untuk menyelesaikan pesanan pelanggan karena kesulitan melacak proses bisnis yang berjalan.


    Keunggulan bagi Bisnis

    Ada banyak sekali manfaat yang bisa diraup oleh pelaku usaha dengan menjalankan strategi bisnis yang satu ini. Manfaat pertama, tentunya adanya kemudahan bagi pelanggan untuk memilih saluran mana yang ingin digunakan untuk berbelanja. Jika diterapkan secara optimal, kemudahan yang dirasakan oleh pelanggan ini dapat merangsang minatnya untuk melakukan pembelian berulang; yang berarti akan lebih mudah bagi pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya.

    Manfaat lain yang bisa diperoleh dari adanya strategi ini dalam bisnis adalah adanya citra brand yang terbangun secara solid. Sebagai contoh, jika diperhatikan, banyak bisnis yang lebih dikenal karena produk-produk atau jasa yang ditawarkannya dipasarkan di berbagai saluran, sehingga kemungkinan untuk sampai pada pasar yang ditargetkannya juga lebih besar.

    Konsep yang sama sebenarnya juga bisa diadopsi oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah untuk membangun citra dari merek yang diusungnya. Dengan memanfaatkan banyak saluran sekaligus untuk kegiatan penjualan serta pemasaran, pelaku usaha dapat meyakinkan pelanggan yang menjadi target pasarnya bahwa merek yang diangkat memang tepercaya karena dapat ditemukan di lebih dari satu saluran penjualan saja.

    Dari kemudahan yang ditawarkan kepada pelanggan serta citra yang dibangun dengan baik, pemanfaatan beberapa saluran penjualan dan pemasaran sebagai sebuah strategi bisnis lambat laun akan memberikan kenyamanan berbelanja bagi pelanggan. Dengan adanya kenyamanan ini, tingkat kepuasan serta retensi pelanggan pun bisa dijaga tetap tinggi, dan sebagai hasil akhirnya, bisnis pun bisa memperoleh peningkatan pendapatan yang lebih besar.

    Agar hasil yang dicapai dapat lebih maksimal, umumnya pelaku usaha yang sudah menerapkan strategi ini berusaha untuk memberikan kemudahan dengan mengintegrasikan setiap proses bisnis yang ada, mulai dari melakukan kegiatan pemasaran di media sosial, kemudian menyambungkannya dengan kegiatan penjualan yang dilakukan di e-commerce maupun toko fisik, dan setelahnya memastikan pengaturan stok opname di gudang juga dapat mendukung setiap aktivitas tersebut secara lancar.

    Tak perlu takut jika ingin mencoba menerapkan strategi omnichannel, cukup dengan berlangganan layanan aplikasi majoo, pelaku usaha mana pun, termasuk mereka yang bergerak di bidang usaha mikro, kecil, dan menengah sudah dapat mencoba kelancaran di setiap proses bisnis sekalipun harus mengelola beberapa channel sekaligus dalam satu waktu. Jadi, tunggu apa lagi? Segera berlangganan aplikasi majoo sekarang!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Mempertahankan Bisnis dengan Memanfaatkan e-Marketplace
    Berbagai e-Marketplace berlomba memberikan dukungan di platform mereka untuk pebisnis, dengan harapan agar ekonomi tetap bergerak di masa pandemi COVID-19.
    Online Shop: Bisnis Paling Tepat di Masa Pandemi
    Di masa pandemi, saat semuanya dibatasi, membuka atau mengalihkan bisnis menjadi online shop dianggap sebagai sebuah strategi bisnis yang tepat.
    Belajar dari Pandemi: 5 Catatan Penting untuk Pemilik Usaha
    Meski sulit, ada pelajaran berharga yang dapat diambil selama pandemi. Dengan memahami ini, pemilik usaha dapat bertahan dan bergerak maju.
    Marketplace Indonesia Ini Turut Dorong Pertumbuhan UMKM Lho!
    Marketplace Indonesia memegang peranan besar dalam mendukung perkembangan UMKM. Apa saja marketplace karya anak bangsa tersebut? Simak daftarnya di sini!