Mengurangi Risiko Bisnis dengan Fitur Akuntansi Lengkap


Mengurangi risiko bisnis merupakan hal yang krusial dalam menjalankan bisnis, tak heran jika banyak pelaku usaha yang menaruh investasi besar di sana, termasuk dengan memanfaatkan fitur akuntansi lengkap yang dimiliki oleh aplikasi keuangan. Pada dasarnya, risiko bisnis dapat diminimalkan dengan menghindari kesalahan-kesalahan akuntansi umum, oleh karena itu, memanfaatkan akuntansi umum sebagaimana berikut bisa menjadi solusi yang cerdas untuk memastikan operasional bisnis tetap berjalan:

1. Memastikan semua transaksi tercatat untuk jejak audit

Salah satu dari banyak kesalahan umum yang kerap dilakukan oleh pelaku usaha, khususnya usaha kecil dan menengah, adalah pencatatan transaksi yang kurang rapi. Beberapa beranggapan hal ini tak perlu dilakukan karena toh untuk usaha kecil dan menengah, kebutuhan audit merupakan sesuatu yang opsional. Namun, memastikan pencatatan transaksi yang rapi tidak hanya berguna untuk urusan audit saja, tetapi juga operasional umum bisnis. Dengan akuntansi lengkap pada aplikasi majoo, semua transaksi akan dicatat secara akurat dan otomatis, sehingga dapat meminimalkan potensi masalah yang mungkin dapat terjadi di kemudian hari.

2. Memastikan angka-angka yang ada sudah benar dan sesuai

Dengan pencatatan transaksi yang akurat dalam akuntansi lengkap, akan lebih mudah bagimu sebagai pelaku usaha untuk memeriksa kecocokan angka antara data penjualan dengan stok produk yang tersisa. Walau mungkin terasa merepotkan, tetapi ini akan sangat membantu dalam menghindari masalah yang lebih besar. Dengan mengetahui adanya ketidakcocokan sejak awal, upaya mitigasi yang dibutuhkan juga tidak akan terlalu banyak, sehingga kerugian bisnis pun dapat ditekan lebih jauh.

3. Mengurangi beban kerja di akhir bulan

Dengan pencatatan laporan penjualan yang konvensional, beban kerjamu dan juga karyawan akan menumpuk di akhir bulan karena harus meluangkan waktu untuk membuat laporan keuangan bulanan. Karena waktu yang sangat terbatas dan besarnya sumber daya yang dibutuhkan, potensi terjadi kesalahan pencatatan akuntansi akan semakin besar dengan cara yang konvensional ini. Itulah mengapa layanan akuntansi lengkap yang tersedia di aplikasi majoo dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Pencatatan transaksi yang akurat dan otomatis juga akan menghindarkan terjadinya human error.


Fitur aplikasi lengkap dalam aplikasi majoo juga menawarkan beragam kemudahan lainnya, mulai dari pembuatan invoice untuk proses transaksi yang lebih rapi dan tertata; pembuatan faktur pemesanan barang, penjualan, serta surat jalan untuk kelancaran distribusi barang, hingga pembagian fungsi otoritas agar karyawan dapat lebih optimal dalam membantu mengelola keuangan bisnismu. Setiap fitur ini dapat membantu mengurangi risiko bisnis, sehingga kamu dapat lebih fokus dalam pengembangan bisnis. Manfaatkan setiap fitur yang ada dengan sebaik mungkin untuk menghindari kesalahan-kesalahan akuntansi umum yang mungkin terjadi agar bisnismu juga dapat terhindari dari potensi kerugian.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Omnichannel Marketing: Definisi, Tips, dan Contohnya
Omnichannel marketing adalah strategi yang memungkinkan bisnis menemui target konsumen dengan pesan yang tepat, pada waktu yang tepat pula.
Mengapa Aplikasi POS Penting dalam Strategi Omnichannel?
Demi menghadirkan pengalaman menyeluruh, bisnis dapat menerapkan strategi omnichannel. Aplikasi POS akan mengimplementasikannya secara optimal.
Bisnis Online? Sumber Daya Fisik Apa yang Perlu Disiapkan?
Siapa bilang bisnis online tidak membutuhkan sumber daya fisik yang biasanya hanya dibutuhkan dalam bisnis yang dijalankan secara offline saja?
Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.