Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Melalui Promo Cashback



Pelanggan setia tentu membuat pendapatan suatu bisnis terus mengalir. Umumnya, pelanggan setia mengalokasikan dana 67% lebih banyak daripada konsumen lain. Karena itu, kamu perlu berupaya mengubah konsumen menjadi pelanggan, salah satunya dengan membuat program loyalitas pelanggan.

 

Sebagian besar pemilik usaha kecil menganggap bahwa hubungan yang baik dengan konsumen merupakan faktor yang membentuk loyalitas. Memang benar, relasi dengan bisnis kerap mendorong konsumen untuk bertransaksi lagi dan lagi. Meskipun begitu, selalu ada upaya lebih yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesetiaan pelanggan.

 

Promo cashback, salah satu cara tingkatkan loyalitas

Baik cashback maupun reward merupakan strategi pemasaran yang efektif. Namun, manakah yang paling tepat untuk diterapkan dalam bisnismu? Jawaban untuk pertanyaan tersebut relatif kompleks.

 

Sebetulnya, secara tidak langsung promo pengembalian uang hampir mirip dengan reward. Konsumen akan menerima sejumlah uang kembali jika membeli dengan alat pembayaran tertentu. Misalnya, konsumen berhak memperoleh sejumlah uang kembali bila bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit atau e-Wallet tertentu.

 

Secara psikologis, hal tersebut akan terasa sebagai penghargaan ataupun reward. Sebagai dampaknya, konsumen menjadi ingin bertransaksi kembali di gerai milikmu. Selain meningkatkan loyalitas, promo pengembalian uang juga bermanfaat bagi konsumen.


Dengan promo cashback, konsumen tidak harus memegang uang dalam bentuk fisik sehingga lebih aman. Tidak hanya itu, transaksi minim kontak juga sangat dibutuhkan di tengah situasi pandemi ini. Bahkan, menekan kontak fisik merupakan salah satu kunci agar bisnis bisa mendapat kepercayaan konsumen dan pulih kembali.


Aplikasi POS yang terhubung dengan e-Wallet

Mengingat pentingnya berbagai program promo dan transaksi minim kontak, kamu perlu memastikan strategi tersebut mudah diterapkan dalam aktivitas harian bisnis. Salah satunya, pastikan aplikasi POS yang kamu gunakan sudah bisa memfasilitasi pembayaran dengan e-Wallet.

 

Dengan demikian, kamu dapat menerapkan program promosi dengan mudah. Terlebih jika inisiatif program promo bukan hanya datang dari kamu sebagai pemilik bisnis, melainkan dari penyedia aplikasi POS atau perusahaan financial technology penyedia e-Wallet.

 

Jika penyedia aplikasi POS dan penyedia e-Wallet berkolaborasi membuat program cashback, pemilik bisnis pun akan turut diuntungkan. Strategi pemasaran untuk meningkatkan loyalitas pelanggan tidak hanya menjadi beban pemilik usaha.

 

Program promosi yang diterapkan pun dapat berganti dalam periode waktu tertentu. Sebagai contoh, pada bulan ini mungkin kamu memberikan promo uang kembali sebanyak 20% bila konsumen menggunakan LinkAja. Sementara itu, promo transaksi dengan e-Wallet lain dapat diterapkan pada bulan berikutnya.  

 

Melalui kolaborasi-kolaborasi seperti itu, sektor bisnis dapat pulih dan bangkit bersama. Startup memberikan dukungan kepada usaha mikro, kecil, dan menengah supaya bisa bergerak maju. Di sisi lain, berjalannya bisnis UMKM pun berdampak bagi kondisi ekonomi secara umum.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

3 Pelajaran dari Entrepreneur yang Berhasil Pivot Selama Pandemi

Sebagian entrepreneur berhasil mempertahankan bisnisnya selama pandemi COVID-19. Inilah pelajaran penting yang dapat kita ambil!

Poin Reward, Strategi Membangun Loyalitas Pelanggan

Menjelang Idulfitri, bisnis bisa memberikan tunjangan hari raya dalam bentuk poin reward sebagai cara untuk membangun loyalitas pelanggan.

Maksimalkan Potensi Delivery dan Takeaway di Bisnis Restoran

Pebisnis yang ingin bertahan di masa pandemi ini mau tidak mau harus mengadaptasi tren terbaru di industri restoran, yaitu melayani pengiriman atau delivery dan makanan dibungkus untuk dibawa pulang atau takeaway.

Peluang Bidang Usaha Modal Kecil Terbaik Tahun 2021

Bisnismu sulit berkembang di tahun 2020 ini karena dampak pandemi COVID-19? Tak ada salahnya menjadikan peluang bidang usaha modal kecil ini di tahun 2021!
Whatsapp