Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Mengenal Apa itu Selebgram dan Cara Menjadi Selebgram

    Mengenal Apa itu Selebgram dan Cara Menjadi Selebgram

    Selebgram artinya adalah selebriti Instagram.

    Selebgram adalah sebutan yang identik dengan salah satu platform media sosial, Instagram. Sederhananya, para selebgram Instagram adalah orang-orang yang mendapatkan ketenaran di platform tersebut dengan berbagai alasan. 

    Ada yang dikenal karena cantik, tampan, memiliki kemampuan akting, suara yang enak untuk didengarkan, jago masak, sampai dengan mampu membuat kamu tertawa, alias selera humornya tinggi. 

    Ketenaran yang mereka dapatkan berujung pada meningkatnya jumlah follower yang mengikuti akun media sosialnya. Dengan jumlah follower yang mencapai angka jutaan, menjadi mudah bagi para selebgram ini untuk menjadikan akunnya sebagai ladang bisnis. Ada yang menerima endorse produk, tidak sedikit pula yang akhirnya memproduksi dan menjual barang dengan brand mereka sendiri.

    Baca Juga: Memahami Pengertian dan Cara Memulai Bisnis Online

    Terdengar cukup seru ya? Apalagi kalau ujung-ujungnya adalah bisnis dan menghasilkan uang, siapa sih yang tidak mau? Namun, ternyata cara menjadi selebgram tidak bisa dibilang mudah. Banyak tahap yang perlu dilalui dengan perjuangan. 

    Mengenal Apa itu Selebgram 

    Selebgram adalah sebuah sebutan yang kosakatanya diambil dari kata “Selebriti” dan “Instagram”.  Dari dua kata ini sebenarnya sudah bisa kamu pahami apa itu selebgram. Jika diartikan secara sederhana, selebgram artinya selebriti di Instagram. 

    Memangnya bisa ya jadi selebriti di Instagram, yang notabene adalah platform media sosial? Tentu saja bisa. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), selebriti artinya adalah orang yang terkenal atau masyhur (biasanya tentang artis). Jadi, kalau ada orang yang sangat tenar di Instagram, dia adalah selebriti. 

    Seseorang bisa dikatakan sebagai selebgram jika memiliki minimal 20.000 followers. Followers artinya adalah orang-orang yang secara sukarela mengikuti akun selebgram tersebut karena tertarik dengan konten yang diunggah. Semakin banyak jumlah followernya, semakin terkenal pulalah seseorang itu. Begitu konsepnya. 

    Ada banyak cara untuk menaikkan jumlah follower, mulai dari mengunggah konten yang orisinil, menuliskan caption Instagram yang menarik dan bisa memancing interaksi, sampai mengikuti tren dengan pemakain tagar atau hashtag. Intinya, jangan bosan untuk melakukan interaksi dengan orang-orang yang sudah merelakan waktunya untuk mengikuti akunmu. Mereka biasanya akan lebih loyal dengan orang yang juga mau merelakan waktunya untuk sekadar membalas pesan atau memberikan respon positif untuk mereka. 

    Baca Juga: Endorse: Pengertian, Manfaat, dan Kerugiannya

    Ada berbagai tahapan dalam cara menjadi selebgram yang bisa kamu lakukan.

    Cara Menjadi Selebgram

    Jangan pernah berpikir bahwa cara menjadi selebgram bisa dilakukan dengan instan, karena semuanya membutuhkan proses dan perjuangan dalam waktu yang tidak singkat. 

    Beberapa hal yang bisa kamu lakukan ingin ingin menjadi selebgram Instagram adalah:

    1. Tentukan Topik yang Menarik 

    Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memikirkan dan menentukan topik yang tepat untuk konten-konten yang akan kamu unggah di akun pribadimu. Pastikan topik yang kamu pilih sesuai dengan minat, hobi, dan bidang yang kamu kuasai. Ini untuk mempermudah kamu memvisualisasikan hal tersebut, karena Instagram erat kaitannya dengan sesuatu yang berbau visual. 

    Topik apa saja yang bisa menjadi pilihan konten? Ada banyak. Misalnya, kecantikan, kamu bisa memberikan referensi style dalam berbusana, bisa juga mengulas kosmetik dan alat kecantikan. Kalau kamu suka memasak, maka cobalah untuk membuat konten membuat berbagai macam masakan, mulai dari bekal bekerja, sampai dengan hidangan khusus untuk perayaan hari tertentu.

    2. Target Pasar

    Menjadi selebgram juga membutuhkan adanya target pasar, yaitu orang-orang yang sekiranya akan berminat dengan konten yang kamu buat dan akhirnya memilih untuk menjadi follower setia. 

    Di awal, kamu bisa menentukan rentang usia audiens, apakah kamu akan membuat konten yang sesuai untuk usia remaja, ibu rumah tangga, atau bisa masuk ke semua usia. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi kamu untuk membuat konten yang menarik minat mereka. 

    3. Personal Branding

    Seorang selebgram adalah orang yang awalnya memulai konten dan perjuangannya sendiri. Tentu saja personal branding dibutuhkan dalam hal ini. Personal branding yang biasa digunakan oleh para selebgram ada bermacam-macam, bisa saja dari kecantikan, kemampuan atau skill khusus yang dimiliki, sampai dengan kreativitas atau ide yang tidak ada habisnya. 

    Baca Juga: Solusi Meningkatkan Brand Awareness melalui Konten Instagram

    4. Profil Instagram yang Keren

    Masih berhubungan dengan personal branding, profil instagram adalah hal pertama yang dilihat oleh orang lain dari akun kamu. Jadi, usahakan untuk membuat profil yang keren dan menarik.

    Gunakan foto profil yang menarik dan berkualitas baik, tuliskan bio yang simpel tapi tetap keren, cantumkan nomor kontak atau tautan ke akun media sosial dari platform lain yang kamu miliki, bisa Facebook, Youtube, personal blog, atau Twitter. Satu hal yang juga penting, Instagram sudah menyediakan fitur pilihan akun bisnis, jadi tidak ada salahnya jika kamu memanfaatkan hal tersebut. Dengan beralih dari akun personal ke akun bisnis, kamu akan lebih mudah untuk memantau perkembangan dan engagement akunmu. 

    5. Buatlah Konten yang Bisa Menarik Perhatian Orang Lain

    Seperti sudah dijelaskan di awal, selebgram adalah orang yang dikenal melalui konten di akun Instagram miliknya. Karena itu, jika kamu sudah menentukan topik, buatlah konten yang sesuai dan konsisten dengan topik tersebut. 

    Gambar atau video yang kamu unggah harus dalam kualitas yang baik, sehingga nyaman untuk dilihat oleh banyak orang. Tambahkan audio dan juga caption yang berhubungan dengan gambar tersebut agar bisa lebih menarik perhatian. 

    Kamu juga bisa membuat jadwal khusus untuk mengunggah konten ini, entah dua hari sekali atau bahkan setiap hari. Cari tahu kapan waktu terbaik untuk mengunggah konten dan mendapatkan engagement yang baik, misalnya di waktu jam istirahat kerja, atau di akhir pekan. 

    6. Gunakan Bantuan Tagar

    Tagar atau hashtag memang berpengaruh pada jumlah views atau engagement dari unggahan kamu. Dengan menggunakan tagar yang sedang trending, maka kemungkinan unggahanmu akan dilihat oleh banyak orang semakin terbuka lebar. Peluang untuk meningkatkan jumlah followers pun juga semakin besar.

    7. Berinteraksi dengan Followers

    Memiliki jumlah tertentu dalam hal followers artinya kamu memiliki orang-orang yang menyukai dan mempercayaimu. Hal ini harus dihargai. Hargai waktu yang mereka berikan untuk melihat konten unggahanmu. 

    Baca Juga: Influencer: Jenis, Tugas, dan Pengaruhnya Terhadap Bisnis

    Kamu bisa membalas pesan yang mereka kirimkan, memberikan respon yang baik pada mereka, atau bisa juga sering menyapa langsung dengan mengadakan agenda live di Instagram. Bisa juga dengan memancing  interaksi dari mereka dengan memberikan pertanyaan pada konten dan caption yang kamu buat. Ingat, interaksi dengan followers ini bisa meningkatkan engagement akun kamu. 

    8. Memilih Produk Endorse

    Jika akhirnya kamu sudah mencapai jumlah followers tertentu, akan ada kesempatan kamu ditawari beberapa produk dalam bentuk endorsement. Biasanya para pemilik bisnis online shop yang akan melakukan ini. Ada endorsement yang menawarkan ‘bayaran’ hanya berupa produk yang dikirimkan, namun lebih sering yang memberikan uang dalam jumlah tertentu.

    Kamu bisa menentukan rate sendiri dalam hal endorse ini, tapi ingat untuk tidak menentukan rate terlalu tinggi di awal dan yang penting jangan menerima produk secara asal-asalan. Sebisa mungkin, pilihlah produk endorse yang sesuai dengan topik kontenmu, agar terlihat lebih relate

    9. Lakukan Kolaborasi dengan Selebgram Lain

    Jika ternyata ada selebgram lain yang memiliki minat di bidang yang sama dengan kamu, tidak ada salahnya untuk melakukan kolaborasi. Apalagi bila selebgram tersebut sudah lebih dulu memiliki followers banyak daripada kamu. Hal ini bisa berpengaruh pada ketenaran kamu. 

    Baca Juga: Memperbesar Keuntungan Online Shop dengan Pendekatan Khusus

    Pada dasarnya, selebgram adalah salah satu bidang yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan dalam jumlah besar. Saking besarnya pendapatan selebgram, pemerintah bahkan mulai berpikir untuk mengenakan tarif pajak khusus bagi mereka. 

    Bila dilihat dari penjelasan mengenai apa itu selebgram tadi, bisa disimpulkan bahwa pada dasarnya mengelola akun selebgram hampir sama dengan mengelola bisnis. Apalagi kalau kamu memilih untuk menawarkan dan menjual produkmu sendiri dengan memanfaatkan status selebgram tersebut. 

    Semua tahapnya perlu kamu pikirkan dengan baik, mulai dari branding, pola promosi, strategi pemasaran dan pengelolaan after-sales. Jangan lupa juga untuk mengatur keuangan dengan baik. Sering kita dengar berita selebgram yang akhirnya harus kehilangan proyek pekerjaan atau bisnisnya mengalami kebangkrutan karena kesalahan dalam pengelolaan finansialnya. 

    Kalau kamu memang sudah serius berniat untuk memulai bisnis dengan memanfaatkan jalur selebgram Instagram ini, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi keuangan seperti majoo untuk membantumu dalam pengelolaan bisnis. Banyaknya fitur yang disediakan, seperti aplikasi owner, aplikasi kasir online, sampai omnichannel akan mempermudah proses jalannya bisnismu. Selamat mencoba menjadi seorang selebgram!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    18 Contoh Surat Lamaran Kerja dan Jenis nya 2022 Terbaru
    Mengambil inspirasi dari contoh surat lamaran kerja dapat dilakukan untuk memastikan kemungkinan diterima kerja lebih tinggi. Namun, perhatikan jenisnya!
    Freelancer adalah: Contoh dan Tips Menggeluti Profesi Ini
    Dunia Internet mendorong manusia untuk selalu beradaptasi. Saat ini banyak orang mencari cara menjadi freelancer. Freelancer adalah tenaga kerja lepas yang bekerja secara mandiri.
    Beragam Jenis Laporan Keuangan untuk Bisnismu
    Selain laporan keuangan laba rugi, apa saja jenis laporan keuangan yang kamu ketahui? Apakah kamu tahu pengertian laporan keuangan?
    Peran Penting Strategi Customer Relationship dalam Bisnis
    Customer relationship adalah strategi untuk menjaga hubungan baik antara pihak pemilik bisnis dan konsumen. Hal ini penting bagi perkembangan bisnis.