Punya pertanyaan tentang majoo? Kami dapat membantu!
Icon majoo chat
majoo fab
Hai, majoopreneurs!

Punya pertanyaan terkait fitur dan paket berlangganan majoo? Yuk, segera terhubung dengan kami!

Klik Ingin Berlangganan
majoo fab
Ingin Berlangganan majoo fab
Klik Hubungi CS
majoo fab
Hubungi CS majoo fab

Table of Content

    Menjalankan Restaurant Tanpa Ribet Dengan Aplikasi POS

    Menjalankan restaurant terbilang cukup rumit. Oleh sebab itu, kamu perlu sistem yang memudahkan.

     

    Dalam bisnis yang serba cepat seperti restaurant, tetap terorganisir merupakan sebuah keharusan. Khususnya di jam-jam yang sangat sibuk. Untuk mencapainya, kamu perlu solusi yang dapat menyederhanakan operasional, tanpa mengorbankan kualitas. Aplikasi POS adalah jawabannya.

     

    Keuntungan memakai aplikasi POS di restaurant

    Bagi bisnis restoran, kafe, atau lini bisnis food and beverage lain, sistem POS sangat efektif untuk menyederhanakan aktivitas bisnis. Lebih dari itu, aplikasi POS juga akan membantu menghemat waktu dan biaya. Pemrosesan pesanan menjadi lebih singkat dan biaya akibat human error dapat dihindari.

     

    Secara lebih detail, berikut ini berbagai keuntungan yang dapat dirasakan restaurant bila memiliki sistem POS.

     

     

    Hemat waktu

    Pramusaji harus berkeliling di restoran untuk melayani konsumen, di saat yang sama perlu mencatat dan menyampaikan pesanan ke bagian dapur. Banyak sekali waktu terbuang bila pramusaji harus bolak-balik ke dapur menyampaikan pesanan. Bayangkan hal tersebut harus dilakukan di jam sibuk dengan jumlah staf yang terbatas.

     

    Dengan menggunakan aplikasi POS, pemrosesan pesanan menjadi lebih efisien. Pramusaji dapat mencatat pesanan pada gawai dan langsung terhubung dengan bagian dapur.

     

    Secara keseluruhan, konsumen akan menerima pesanannya dengan cepat. Namun, kualitas pelayanan dan makanan tetap terjaga.

     

    Mengurangi kesalahan

    Seperti disebutkan sebelumnya, pesanan pelanggan langsung dicatat pada aplikasi, maka kesalahpahaman antara pramusaji dengan staf dapur dapat ditekan. Lebih dari itu, staf mengantar makanan ke meja yang salah juga dapat dihindari.

     

    Di dalam sistem POS, terdapat fitur pengaturan meja. Jadi, nomor meja pesanan tercatat dengan jelas. Bahkan, status konsumen pun dapat terlihat di dalam aplikasi, apakah mereka belum siap pesan, sudah pesan, atau sudah membayar pesanannya.

    Dengan bantuan aplikasi POS, operasional restaurant menjadi lebih mudah

    Manajemen inventori yang lebih baik

    Kekeliruan pengadaan bahan sangat berisiko bagi bisnis restoran. Banyak sekali bahan yang tidak tahan lama, seperti sayur atau buah. Memantau jumlah stok dan menghitung kebutuhan bahan sering kali menjadi hal yang sangat merepotkan dalam operasional restaurant.

     

    Itu sebabnya, manajemen inventori merupakan fitur penting dari sistem POS. Kamu dapat mengetahui secara pasti jumlah inventori dan kapan waktu yang tepat melakukan pengadaan bahan.

     

    Proses transaksi lebih cepat

    Selain sebagai pemilik, kamu tentu pernah mengalami berada dalam posisi konsumen. Pernahkan kamu merasa kasir sebuah restoran begitu rumit hingga proses transaksi memakan waktu lama? Sebagai konsumen, hal tersebut pasti sangat tidak menyenangkan.

     

    Dalam posisi  sebagai pemilik bisnis restoran, kamu perlu memastikan hal tersebut tidak terjadi di geraimu. Proses transaksi yang cepat dan mudah harus menjadi bagian dari pelayanan.

     

    Sistem POS memungkinkan bisnis restoran memenuhi ekspektasi tersebut. Bukan hanya cepat, bisnis juga dapat beradaptasi dengan tren pembayaran hari ini. Konsumen dapat melakukan pembayaran dengan kartu debit, kartu kredit bahkan eWallet.

     

    Manajemen karyawan lebih sederhana

    Keberhasilan pengelolaan bisnis restoran melibatkan berbagai level dalam organisasi bisnis. Karyawan dapat dikatakan sebagai tulang punggung bisnis restoran. Bisnis tidak dapat berjalan baik tanpa keberadaan karyawan. Sayangnya, manajemen karyawan kadang sangat rumit dan menyita waktu.

     

    Sistem POS menawarkan berbagai penyederhanaan proses bisnis, termasuk manajemen karyawan. Pengelolaan jam kerja, pembagian shift, hingga perhitungan gaji dan komisi menjadi lebih sederhana dengan sistem POS

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Ingin Jualan di Media Sosial? Kamu Wajib Baca Ini!
    majoo punya beberapa tips nih, agar kamu bisa memaksimalkan penjualan melalui media sosial. Yuk, disimak!
    Memaksimalkan Bisnis secara Optimal dengan Integrasi GoFood
    Ada banyak cara untuk memaksimalkan bisnis, salah satunya dengan melakukan integrasi GoFood. Wah, maksudnya bagaimana, tuh?
    Bagaimana Digital Marketing Bisa Membantumu Perluas Pasar?
    Saat ini merupakan era menarik bagi digital marketing. Berkat pemasaran digital, bisnis lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen dan memperluas pasar.
    Mengapa Pelaku Usaha Perlu Memahami Karakter Gen Z?
    Mengapa pelaku usaha perlu mempertimbangkan karakter Gen Z dalam menjalankan operasional bisnis? Apa, sih, yang akan terjadi jika tidak dilakukan?