Menyusun Strategi Bisnis Di Tengah Situasi Tidak Menentu

Siapkan berbagai skenario untuk menghadapi situasi yang tidak pasti

Beberapa bulan belakangan, kita melihat banyak bisnis mulai beroperasi kembali. Namun, hal tersebut tidak meniadakan situasi yang tidak pasti di tengah pandemi ini. Bahkan, beberapa bisnis tutup kembali setelah sebentar saja beroperasi.

 

Melihat keadaan tersebut tentu menyusun rencana bisnis ke depan merupakan tantangan besar. Mau tidak mau para pemilik usaha harus memutar otak, bagaimana cara menyusun strategi bisnis untuk 2021.

 

Dalam situasi tak menentu seperti sekarang, hal yang kamu butuhkan adalah arah strategis yang dapat menyediakan tujuan bisnis dan membantu menentukan target yang realistis. Berikut ini beberapa poin yang perlu kamu perhatikan dalam menyusun strategi bisnis untuk tahun depan.

 

Fokus pada hal yang dapat kamu lakukan

Saat ini, terdapat berbagai kebijakan yang membatasi operasional bisnis. Namun, kamu hanya perlu melihat hal yang bisa dilakukan. Sebagai contoh, bila kamu pemilik restoran dan berhadapan dengan larangan menerima konsumen di dalam ruangan. Fokuslah untuk melayani konsumen melalui fasilitas pesan antar, take away, atau optimalkan area luar restoran yang lebih terbuka.

 

Terlepas dari apa pun bisnis yang kamu jalani, inilah pola pikir yang perlu ditanamkan dalam menyusun strategi untuk 2021. Can-do strategy yaitu fokus pada daftar hal yang mungkin dilakukan oleh bisnismu. Bentuknya bisa sangat beragam, mulai dari transisi ke penjualan online, riset target pasar baru untuk potensi diversifikasi, tetap menjaga hubungan dengan pelanggan, hingga meninjau ulang strategi pemasaran.

Begitu kamu menemukan hal yang dapat dilakukan, meski dengan penyesuaian di beberapa bagian, maka kamu akan dapat menentukan target yang lebih kuantitatif. Dengan demikian, kamu juga dapat menyusun rencana yang lebih jelas dalam mencapai target tersebut.

 

Berikan nilai tambah kepada konsumen

Di tengah situasi tidak pasti seperti ini, pusatkan perhatian kepada konsumen. Bisa dengan memberikan nilai tambah kepada konsumen dalam cara yang mendukung tercapainya target pendapatan.

 

Dalam hal pemasaran, kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk memberi akses pada sumber informasi yang dianggap berharga oleh konsumen. Dengan kata lain, gandenglah influencer yang didengarkan oleh konsumen. Strategi ini memang tidak akan mendatangkan keuntungan langsung, tetapi konsumen dapat bertransaksi saat keadaan sudah membaik.

 

Manfaatkan waktu untuk melakukan perbaikan

Lihatlah 2021 yang serba tidak menentu sebagai ruang untuk melakukan perbaikan. Beberapa bisnis mungkin sudah sepenuhnya bertransformasi melakukan pemasaran dan penjualan secara digital. Bila hal ini juga berlaku untuk usaha yang kamu jalankan, sekarang merupakan saat yang tepat untuk segera bertransformasi ke ranah digital.

 

Strategi bisnis yang kamu susun untuk tahun depan bisa berfokus membuat arahan detail terkait transformasi tersebut. Menentukan timeline untuk uji coba serta menerapkan proses digital juga termasuk ke dalam strategi yang perlu disusun.

 

Menjalankan transformasi digital saat ini lebih baik bagimu saat kondisi membaik lagi. Jadi, nantinya kamu bisa menawarkan pengalaman digital yang mungkin sudah mereka harapkan.

 

Buat beberapa skenario

Asumsinya kondisi tidak menentu masih berlangsung tahun depan sehingga lebih baik kamu memiliki rencana cadangan bagi bisnismu. Petakan berbagai hambatan yang mungkin kamu hadapi di tahun depan dan siapkan respons strategis untuk persoalan tersebut.

 

Strategi ini harus bisa menyelesaikan skenario yang berbeda-beda, seperti isu kesehatan, beroperasi kembali dengan tempo yang lebih lambat, proses buka dan tutup bisnis tergantung perkembangan situasi terbaru, hingga kembali beroperasi sebagaimana biasanya. Susunlah strategi untuk setiap skenario dan gunakan pengalaman pada 2020 untuk menyusun key tactic.

 

Taktik atau tindakan yang akan dilakukan bisa yang sudah terbukti efektif atau langkah baru yang masih diuji efektivitasnya. Kamu bisa juga meneliti tindakan apa yang berhasil dilakukan oleh bisnis lain, meski cara tersebut belum pernah kamu lakukan sebelumnya.

 

Bila kamu mengamati uraian di atas secara seksama, pasti ada banyak langkah yang bisa dilakukan pada 2021. Dengan proaktif membuat rencana dan mengantisipasi berbagai skenario, kamu dapat tetap fokus memajukan bisnis kecil yang sedang kamu jalankan. Bahkan kamu mungkin bisa melihat ada harapan di depan sana. 

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Omnichannel Marketing: Definisi, Tips, dan Contohnya
Omnichannel marketing adalah strategi yang memungkinkan bisnis menemui target konsumen dengan pesan yang tepat, pada waktu yang tepat pula.
Mengapa Aplikasi POS Penting dalam Strategi Omnichannel?
Demi menghadirkan pengalaman menyeluruh, bisnis dapat menerapkan strategi omnichannel. Aplikasi POS akan mengimplementasikannya secara optimal.
Bisnis Online? Sumber Daya Fisik Apa yang Perlu Disiapkan?
Siapa bilang bisnis online tidak membutuhkan sumber daya fisik yang biasanya hanya dibutuhkan dalam bisnis yang dijalankan secara offline saja?
Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.