Punya pertanyaan tentang majoo? Kami dapat membantu!
Icon majoo chat
majoo fab
Hai, majoopreneurs!

Punya pertanyaan terkait fitur dan paket berlangganan majoo? Yuk, segera terhubung dengan kami!

Klik Ingin Berlangganan
majoo fab
Ingin Berlangganan majoo fab
Klik Hubungi CS
majoo fab
Hubungi CS majoo fab

Table of Content

    • majoo blog
    • Tips
    • Optimasi program Loyalitas sebagai Apresiasi Pelanggan!

    Optimasi program Loyalitas sebagai Apresiasi Pelanggan!

    Sebaik mungkin memberikan apresiasi pelanggan dalam bentuk program loyalitas dapat menjaga tingkat kepuasannya

    Apresiasi pelanggan setia merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha untuk menjaga tingkat kepuasaan pelanggan tetap tinggi. Bagaimanapun juga, pelanggan setia dengan tingkat kepuasaan yang tinggi adalah kunci agar bisnis dapat terus bertahan, bahkan maju dan berkembang.

    Jadi, tak heran jika banyak pelaku usaha selalu berusaha untuk mengapresiasi loyalitas yang ditunjukkan oleh pelanggannya, misalnya dengan program loyalitas. Namun, jika tidak dilakukan secara optimal, program yang sudah dirancang dengan baik ini pun tetap akan sulit untuk membuat pelanggan setia merasa transaksi yang dilakukannya mendapatkan apresiasi; apalagi membuat bisnis lebih maju dan berkembang.

    Apa saja, sih, yang dapat dioptimalkan oleh pelaku usaha saat ingin memberikan apresiasinya terhadap pelanggan melalui program-program semacam ini?

    1. Pastikan Terdapat Pembeda Manfaat yang Jelas!

    Selain digunakan untuk menjaga tingkat kepuasan pelanggan, program-program yang berhubungan dengan loyalitas pelanggan, misalnya saja sistem keanggotaan, umumnya juga berfungsi sebagai mesin pendorong angka penjualan. Dengan kata lain, tidak hanya produk atau jasa yang ditawarkan itu sendiri, pelaku usaha semestinya juga menawarkan program keanggotaan ini agar banyak diikuti oleh pelanggan setianya.

    Untuk mencapai tujuan tersebut, pelanggan yang ditargetkan harus dapat melihat serta membedakan apa manfaat yang akan mereka dapatkan ketika menjadi pelanggan setia yang terdaftar dalam program ini dengan ketika menjadi pelanggan biasa. Oleh karena itu, membuat pembeda yang jelas merupakan langkah yang baik untuk memaksimalkan program loyalitas yang dimiliki.

    Dengan adanya pembeda yang jelas, pelanggan akan tertarik untuk menunjukkan loyalitasnya, misalnya saja dengan bergabung sebagai anggota, karena ingin menikmati manfaat tambahan yang ditawarkan. Ketika suatu bisnis memiliki banyak pelanggan setia, angka penjualan pun dapat dengan mudah didorong melalui pembelian berulang.

    Selain itu, bagi pelanggan yang terdaftar sebagai anggota itu sendiri, ada banyak manfaat yang bisa dinikmati sehingga mereka akan merasa lebih diapresiasi ketika melakukan transaksi.

    Lakukan survei program loyalitas untuk sebagai bentuk apresiasi pelanggan yang baik

    2. Mintalah Umpan Balik atau Masukan secara Berkala!

    Beberapa pelaku usaha mungkin merasa sudah memberikan apresiasinya yang terbaik kepada pelanggan dengan meluncurkan berbagai program yang berkaitan dengan loyalitas pelanggan. Namun, apakah pelanggan setia yang ditargetkan juga merasakan hal yang sama?

    Pastinya tanpa bertanya langsung kepada pelanggan yang dimaksud, jawaban yang bisa diberikan akan sepenuhnya berdasarkan pada asumsi atau perkiraan pelaku usaha semata. Bagaimana jika program terbaik yang dipikirkan oleh pelaku usaha justru dianggap biasa-biasa saja oleh pelanggan setia?

    Agar terhindar dari kebingungan tersebut, dan tentunya untuk memastikan pelanggan setia menerima layanan yang terbaik, jangan ragu untuk meminta umpan balik atau masukan dari pelanggan terkait implementasi program yang sudah dirancang. Salah satu caranya adalah dengan membuat survei kepuasan pelanggan terhadap program tersebut.

    Jangan salah, survei semacam ini tidak hanya dapat membantu memperbaiki layanan semata, tetapi juga bisa membuat pelanggan setia merasa lebih diperhatikan. Bagaimana tidak? Dengan meminta masukan dari pelanggan setia, mereka akan merasa bahwa pendapatnya benar-benar didengarkan; lebih-lebih lagi jika pendapat tersebut juga diaplikasikan dalam implementasi program berikutnya.

    Tak hanya menjaga kepuasan pelanggan tetap tinggi saja, dengan melakukan praktik ini pelaku usaha juga bisa menumbuhkan rasa memiliki di hati pelanggan terhadap bisnis yang dikelola.

    3. Jadilah Pelanggan yang Menerima Program Loyalitas!

    Salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan oleh seorang pelaku usaha dalam mengapresiasi setiap pelanggan setia yang dimilikinya adalah dengan melihat apresiasi tersebut melalui sudut pandang yang digunakan.

    Mudah saja, sebenarnya, setiap kali meluncurkan program apresiasi tertentu, cobalah untuk benar-benar mengikuti program tersebut, tetapi kali ini tidak sebagai pelaku usaha, melainkan sebagai pelanggan itu sendiri. Lepaskan sudut pandang sebagai pelaku usaha agar dapat benar-benar merasakan manfaat yang diterima oleh pelanggan setia.

    Sebagai contoh, apabila meluncurkan program potongan harga khusus untuk pembelian dengan nilai transaksi tertentu, cobalah untuk melakukan pembelian sesuai dengan ketentuan program loyalitas tersebut. Tanyakan kepada diri sendiri, ‘Apakah manfaat yang diberikan sudah sepadan dengan biaya yang dikeluarkan?’, atau ‘Apakah program ini menarik untuk diikuti dan mendorong untuk melakukan transaksi?’.

    Jawaban yang didapat dari pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat membantu pelaku usaha memahami persepsi pelanggan terhadap program yang diluncurkan. Apabila pelaku usaha itu sendiri merasa manfaat yang diterima tidak sepadan dengan biaya yang ditetapkan, tentu pelanggan pun kemungkinan akan merasa hal yang sama.

    Jika dipadukan dengan langkah-langkah sebelumnya, cara ini dapat membantu pelaku usaha merancang program yang benar-benar mengapresiasi setiap transaksi yang dilakukan oleh pelanggan. Tingkat kepuasan pelanggan pun akan lebih mudah untuk dijaga agar tetap tinggi karena pelanggan dapat merasakan bahwa mereka diperhatikan dengan baik.

    Agar apresiasi pelanggan dapat lebih maksimal, manfaatkan pula fitur keanggotaan yang disediakan oleh aplikasi majoo. Melalui fitur ini, pelaku usaha dapat lebih mudah dalam mengelola setiap promo yang diluncurkan, ditambah dengan sistem yang saling terintegrasi, termasuk dengan fitur keuangan yang secara otomatis mencatat setiap transaksi dengan tepat dan akurat, evaluasi program pun dilakukan dengan lebih mendalam.

    Jangan lupa, pelanggan yang puas dan loyal merupakan kunci bisnis yang maju dan berkembang! Jadi, gunakan aplikasi majoo sekarang!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Meningkatkan Brand Exposure Online Shop Tanpa Gagal
    Brand exposure merupakan salah satu kegiatan dalam hal branding. Bagaimana cara meningkatkan brand exposure pada online shop?
    Wajib Tahu, 5 Trik Agar Bisnismu Gak Ambruk di Tengah Jalan!
    Memulai sebuah bisnis membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Tapi ngomongin soal mengelola bisnis? Wah, ini sudah another level sih!
    Ingin Mulai Bisnis Kuliner? Ini 5 Perlengkapan yang Wajib Kamu Punya!
    Bisnis kuliner belakangan makin jadi primadona, apalagi di tengah populernya platform penjualan online.
    5 Trik Tingkatkan Jualan Laris di eCommerce, Anti Gagal!
    Buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi usaha dengan coba berjualan di marketplace, majoo punya beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba. Yuk, simak!