Penjualan Meroket dengan Digital Marketing Kreatif

Ditulis oleh Akidna Rahma

article thumbnail

Kian hari makin banyak pengusaha yang melek terhadap dahsyatnya impact dari pemasaran digital alias digital marketing.

Kian hari makin banyak pengusaha yang melek terhadap dahsyatnya impact dari pemasaran digital alias digital marketing. Bayangkan saja, dengan upaya dan biaya yang relatif lebih murah dibandingkan effort pemasaran secara konvensional, hasil yang didapatkan bisa berlipat ganda. Hebatnya lagi, manfaat digital marketing bisa dirasakan oleh semua level bisnis, mulai dari kedai kecil-kecilan, hingga brand yang sudah meraksasa! 

Namun demikian, patut dicatat bahwa digital marketing tidak bekerja seperti sihir, ya! Bukan berarti setelah kamu rajin post di Instagram atau sering bikin konten di TikTok, bisnismu akan lantas otomatis laris-manis. Strategi matang dan eksekusi cermat tetap dibutuhkan agar upaya pemasaranmu bisa berjalan sesuai harapan. 

Nah, berikut ini majoo punya beberapa teknik digital marketing yang bisa kamu coba agar penjualan outlet-mu bisa makin meroket. Yuk, kita simak bersama! 

Kampanye Rutin

Salah satu trik yang perlu kamu jalankan adalah mengadakan marketing campaign secara rutin. Bergantung pada kemampuan dan kesiapan, kamu bisa memilih akan menjalankan kampanye secara mingguan, bulanan, atau khusus di hari-hari besar saja. Selama periode campaign, bagikan konten visual dengan tema tertentu. Namun tentu saja kaitkan dengan produk yang kamu tawarkan, agar upaya promosi tetap bisa terus berjalan. 

Dalam merencanakan marketing campaign, penting bagi kamu untuk memahami target pasar dan apa yang menjadi kegemaran mereka. Setelah mengantongi dua faktor kunci ini tersebut, kamu bakal mudah menentukan seperti apa jenis konten dan gaya copywriting yang tepat. Dengan begini, pesan yang kamu sampaikan akan lebih mudah diterima oleh calon pembeli

Promosi Video

Sebagian besar dari kamu mungkin sudah paham betul bahwa konten video kini telah jadi ‘raja’ di beragam platform media sosial. Penyampaian pesan dengan visual menarik plus audio yang catchy memang jadi cara ampuh untuk merebut perhatian calon pembeli. Oleh karena itu, mengapa kamu tidak melakukan hal serupa? 

Cobalah membuat video promosi untuk produkmu sendiri. Tidak perlu berbekal peralatan atau rencana produksi mahal. Cukup manfaatkan alat yang ada, seperti smartphone maupun laptop. Untuk editing, kamu bisa menggunakan aplikasi Instagram maupun Tiktok. Jangan lupa untuk menyesuaikan pesan utama dengan tema campaign yang sedang kamu garap. 

Influencer

Meskipun banyak yang mulai meragukan keampuhan influencer dalam mendongkrak penjualan, nyatanya keberadaan sosok populer memang kerap jadi magnet ampuh untuk setidaknya membuat calon customer ‘melirik’ bisnis kita. Apalagi jika selebgram atau youtuber yang kamu ajak berkolaborasi memiliki basis masa yang cukup besar. 

Namun demikian, patut dicatat bahwa kamu tetap harus berhati-hati dalam menggandeng influencer sebagai media promosi. Jangan hanya tergiur pada jumlah followers dan konten semata. Cermati apakah selebgram maupun youtuber tersebut memiliki interaksi yang oke dengan audience-nya. Jika kamu ragu, kamu bisa tawarkan free endorsement terlebih dahulu sebelum menjajaki kerja sama lebih lanjut. 

Desain Visual

Tak bisa dimungkiri lagi, visual yang menarik adalah syarat wajib agar kontenmu dilirik oleh konsumen. Ini kerap jadi masalah besar bagi sebagian besar business owner. Sebab di tengah kesibukan mereka mengelola bisnis, kadang sulit meluangkan waktu untuk memikirkan hal-hal detail seperti palet warna, gaya desain, dan lain sebagainya. 

Untuk mengatasi ini, kamu bisa memanfaatkan aplikasi gratisan seperti Canva untuk membuat konten visual maupun video. Jika ada budget lebih, kamu bisa menggunakan jasa agency untuk mengerjakan desain produk maupun kampanye marketing. Dengan demikian, kamu bisa sepenuhnya fokus menjalankan bisnis dan mengelola operasional usaha.

A/B Testing

Jika semua jurus di atas sudah kamu lakukan, cobalah untuk menerapkan metode ‘A/B Testing’. Caranya cukup sederhana: Lakukan percobaan dengan menerapkan beberapa konsep kampanye dan desain berbeda. Lihat manakah cara yang paling efektif. Sederhananya, lakukan trial dan error hingga kamu bisa menarik kesimpulan mengenai model desain dan kampanye jenis apa yang memberikan dampak paling sesuai harapan. 

Selain itu, memiliki tim marketing atau promosi sendiri juga bisa sangat membantu. Apalagi jika mereka sungguh-sungguh kompeten dalam mengomunikasikan profil brand-mu terhadap konsumen. Ini akan sangat krusial dalam membuat angka penjualanmu meroket drastis. Namun jika kamu belum punya tim sendiri, tidak perlu berkecil hati. Jika memang skala usahamu belum terlalu besar, meng-handle semuanya sendirian juga bukan masalah. Terpenting kamu harus tahu jenis pesan seperti apa yang akan mudah dicerna oleh target market-mu. 


Tertarik untuk belajar lebih lanjut mengenai digital marketing? Kamu bisa bergabung di webinar Ruang Majoo edisi ‘Kreatif Tingkatkan Omset lewat Digital Marketing’. Webinar yang bakal diadakan di Kamis, 21 Juli 2022 ini bakal diisi oleh Basma Wiraisy, creative director dari Polla Collective, sebuah agency digital yang sudah punya cukup nama di Malang. Jadi buat kamu yang ingin tahu lebih banyak soal cara mengoptimalkan konten, membangun basis customer setia lewat Instagram, dan trik jitu dalam memasang Facebook Ads, webinar kali ini tentunya pantang untuk dilewatkan. 

Jadi yuk, pastikan kamu langsung klik link berikut ini untuk mendaftar ya! 

 

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo