Table of Content

    Pentingnya Memantau Bisnis dan Tempat Usaha Secara Langsung


    Memantau bisnis dan tempat usaha secara langsung dan berkala merupakan sebuah keharusan yang perlu dilakukan oleh setiap pelaku usaha untuk memastikan operasional bisnis tetap berjalan sesuai dengan rencana.

    Tentu saja, aktivitas monitoring ini tidak serta merta menjadi sebuah keharusan tanpa ada alasan yang jelas. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengunjungi gerai atau bisnis yang dijalankan secara langsung, misalnya saja:

    1. Memastikan Setiap Transaksi Tercatat Rapi

    Bukan berarti tak percaya dengan tenaga kasir yang dipekerjakan, tetapi dengan mendatangi secara langsung toko fisik, pelaku usaha dapat mencocokkan pembukuan yang dilakukan pada saat itu. Dengan cara ini, apabila ada transaksi yang kurang jelas atau dirasa mencurigakan, pelaku usaha juga dapat secara langsung bertanya atau meminta kasir melengkapi informasi yang kurang.

    1. Mengetahui Kinerja Pegawai di Tempat Usaha

    Apakah pegawai yang dipekerjakan datang tepat waktu? Apakah mereka memang bekerja dan bukan duduk bermalas-malasan di pojok gudang? Apakah setiap pelanggan yang datang dilayani dengan baik dan penuh senyum?

    Hal-hal seperti di atas tidak akan dapat diketahui secara pasti tanpa hadir langsung secara fisik. Pelaku usaha juga tak dapat mengandalkan laporan yang dibuat oleh pegawai karena peran supervisi semacam ini memang bukanlah bagian dari tanggung jawab pegawai, melainkan peran serta tanggung jawab pelaku usaha itu sendiri.

    1. Memeriksa Persediaan Barang di Gudang

    Laporan dari pegawai gudang tentu akan selalu ada setiap kali terdapat barang perlu dimasukkan atau dikeluarkan dari gudang. Namun, dengan memeriksa secara langsung di tempat usaha, pelaku usaha dapat langsung mengambil keputusan untuk melakukan pemesanan ulang barang tertentu yang persediaannya mulai menipis.

    1. Membangun Relasi dengan Pelanggan Setia

    Istilah ‘pelanggan adalah raja’ selalu menjadi pedoman bagi setiap pelaku usaha yang menjalankan sendiri bisnisnya. Terkadang, hadir dan menyapa pelanggan secara langsung dapat membuat pelanggan, khususnya pelanggan setia, merasa benar-benar diperhatikan, sehingga relasi bisnis yang baik dengan pelanggan pun dapat dijaga.

    Tak Selamanya Pelaku Usaha Dapat Hadir Langsung

    Nyatanya, tak setiap saat pelaku usaha dapat hadir secara fisik memantau operasional bisnis yang dijalankan. Terlebih bagi pelaku usaha yang memiliki banyak gerai atau toko fisik.

    Satu per satu mengunjungi setiap gerai tidak hanya memakan waktu dan tenaga, tetapi juga berarti beban pengeluaran tambahan yang dapat mengurangi margin pendapatan bisnis. Terlebih jika beberapa gerai yang dimiliki berada di luar kota, biaya yang harus dikeluarkan tentu akan membengkak.

    Di samping itu, ada juga beberapa situasi dan kondisi yang membuat pelaku usaha tak memungkinkan untuk hadir secara fisik di setiap bisnis yang dikelolanya. Bisa saja karena terjadi pandemi yang membuat pelaku usaha harus tetap berada di rumah menuruti imbauan dari pemerintah setempat, atau bahkan ketika pelaku usaha perlu menghadiri pertemuan bisnis dengan rekan maupun investor di lain kota.

    Jika sudah demikian? Apa yang harus dilakukan oleh pelaku usaha untuk memastikan operasional bisnis yang dijalankan setiap harinya tetap sesuai dengan harapan dan tak melenceng dari strategi bisnis yang coba untuk diimplementasikan?

    Sesungguhnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Misalnya saja dengan memantau usaha melalui kamera CCTV.

    Meski demikian, cara ini juga tak berlaku untuk setiap situasi. Kamera CCTV hanya dapat menampilkan kondisi fisik di suatu tempat secara terbatas, tetapi, misalnya saja, tak dapat memberi tahu pelaku usaha apabila terjadi kesalahan dalam pencatatan keuangan atau ada beberapa item tertentu yang harus segera dipesan ulang. Kamera CCTV juga tak dapat memberikan informasi yang tepat apabila bisnis yang dilakukan merupakan bisnis online.

    Cara lain yang bisa dilakukan oleh pelaku usaha adalah memanfaatkan aplikasi POS atau point of sale yang dapat membuat seluruh proses bisnis terintegrasi secara menyeluruh sehingga dapat diakses dari mana saja.

    Memeriksa Bisnis Melalui Aplikasi POS

    Pelaku usaha dapat memanfaatkan aplikasi POS seperti aplikasi majoo dengan beragam fiturnya untuk memeriksa bisnis kapan saja dari mana saja.

    Aplikasi majoo akan secara otomatis membuat pencatatan transaksi yang rapi dan meminimalkan terjadinya human error dengan laporan yang dapat diperiksa di mana pun pelaku usaha berada; baik di rumah maupun di luar kota. Tidak hanya di satu tempat usaha saja, tetapi di setiap gerai atau cabang bisnis yang dimiliki.

    Kedisiplinan pegawai juga dapat diketahui melalui fitur absensi yang dapat sekaligus menghitung besarnya bonus yang patut diterima oleh pegawai tersebut berdasarkan performanya. Segalanya serba mudah dan otomatis.

    Melalui fitur inventori, pelaku usaha juga dapat mengetahui kondisi persediaan barang secara real-time, memungkinkan pelaku usaha untuk secara cepat memesan ulang item-item yang persediaannya mulai menipis, lengkap dengan pembuatan dan pengiriman faktur yang sesuai.

    Selain memantau keadaan toko, gudang, dan juga kinerja yang ditunjukkan oleh pegawai, pelaku usaha juga dapat memanfaatkan aplikasi POS dengan fitur CRM yang dimilikinya untuk memastikan kepuasan pelanggan juga terjaga. Memantau bisnis secara langsung pun tetap dapat dilakukan tanpa perlu hadir secara fisik di toko.

    Pastikan operasional bisnis tetap aman dan bebas dari masalah dengan pengelolaan yang andal dari aplikasi majoo. Bisnis pun dapat terus maju dan berkembang!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Bisnis Maju Dengan Aplikasi Toko Kelontong Modern
    Mengelola bisnis tradisional di tengah gempuran eCommerce tidaklah mudah. Kamu harus mulai mengadaptasi perkembangan teknologi, misalnya menggunakan aplikasi untuk mengelola toko kelontongmu.
    5 Hal Penting dalam Melakukan Market Research
    Informasi dari market research dapat membantumu menyampaikan kampanye pemasaran yang dapat menarik target pasar.
    Keuntungan Integrasi Online Bisnis F&B dengan GrabFood
    Di masa pandemi, integrasi online dengan layanan pesan antar seperti GrabFood bisa menjadi pilihan bijak. Nikmati program terbaru aplikasi majoo.
    Menentukan Jam Buka Restoran Terbaik selama Ramadan
    Apa saja yang perlu diperhatikan pelaku usaha di bidang kuliner saat menentukan jam buka restoran selama bulan puasa?