Table of Content

    Pentingnya Peran CS Dalam Menjaga Hubungan dengan Pelanggan

    Sikap profesional dibutuhkan oleh customer service dalam melayani pelanggan

    Bisnis apa pun yang kamu miliki saat ini, entah itu menjual produk, menawarkan layanan, ataupun keduanya, berapa lama pun bisnis itu sudah kamu jalankan, pelanggan adalah nyawa dari bisnismu.  

     

    Kamu bisa saja memiliki produk terbaik di dunia, tetapi jika tidak memperlakukan pelanggan dengan baik, bisnismu mungkin tidak akan bisa maju. Sebaliknya, walaupun produkmu memiliki kualitas standar tetapi bila kamu memiliki pelayanan yang baik pada para pelanggan, bisnismu berpotensi tetap dapat berjalan dengan lancar.

     

    Di sinilah peran customer service dibutuhkan, karena tantangan dalam dunia bisnis bukan hanya memasarkan produk dan mencari pelanggan saja, melainkan juga bagaimana seorang pelaku bisnis mampu melayani pelanggannya pasca proses jual-beli produk atau jasa.

     

    Apa saja peranan penting yang dipegang oleh customer service?

     

    1. Membangun interaksi dengan pelanggan 

    Ini adalah tugas dasar customer service, mulai dari mampu mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, menunjukkan respek pada pelanggan misalnya dengan pemilihan kata yang sopan dan santun (maaf, tolong, dan terima kasih), bisa bersikap profesional hingga membuat pelanggan merasa dihormati dan dihargai.

     

    Customer service juga selayaknya menjadi penerima kritik, saran, dan masukan dari para pelanggan untuk kemudian digunakan sebagai pembelajaran demi kemajuan bisnis yang dijalankan.

     

    2. Mempertahankan pelanggan yang loyal

    Customer service diharapkan sanggup menyelesaikan masalah atau membantu kebutuhan pelanggan. Terkadang pelanggan bukan hanya membutuhkan sebuah produk atau layanan jasa, tapi lebih cenderung menginginkan sebuah solusi.

     

    Di poin ini, customer service diminta untuk bisa bertindak cepat memberikan antisipasi dan solusi yang dibutuhkan pelanggan. Semakin cepat customer service membantu kebutuhan pelanggan, maka mereka akan lebih menghargai customer service dan bisnisnya. Hal ini membuat pelanggan akan kembali mengulang pesanan mereka, yang secara otomatis menjadikan mereka sebagai pelanggan yang setia.

     

    Biasanya kalau pelayanan untuk pelanggan dan kliennya sangat baik, mereka bahkan bersedia membayar lebih dan lebih loyal hanya untuk suatu produk yang mungkin bisa didapatkan di tempat lain dengan harga lebih murah.

     

    Customer service selayaknya mampu membentuk imej baik dari bisnisnya

     

     

    3. Membantu membentuk imej baik bagi pelaku bisnis

    Kita semua tahu bahwa customer service adalah ujung tanduk pelayanan pada pelanggan setelah tim pemasaran. Customer service bisa dikatakan mewakilkan pelaku bisnis sebagai kontak utama dari pihak pelanggan.

     

    Customer service memang selayaknya mampu  mencerminkan nilai-nilai yang ingin ditampilkan oleh pihak pelaku bisnis tersebut. Bisnis yang memiliki pelayanan customer service yang optimal dan memuaskan akan memiliki citra yang baik pula di mata para pelanggan.

     

    Sering kita temui beberapa kasus pelanggan yang memutuskan untuk tidak lagi memakai dan membeli produk bisnis tertentu dikarenakan pelayanan pelanggannya yang buruk. Tidak sopan, respons yang lambat, dan bahkan tidak mampu memberikan solusi. Maka dari itu, tidak salah bila disebut customer service diharapkan bisa memberi cerminan yang baik dari bisnisnya.

     

    4. Memberi informasi dan rekomendasi produk

    Customer service juga semestinya memahami semua produk dan jasa yang ditawarkan oleh bisnisnya. Bisa memberi rekomendasi produk pada para pelanggan yang hendak melakukan pembelian. Hal ini juga termasuk memberikan berbagai pilihan paket sesuai kebutuhan pelanggan dan diskon-diskon menarik.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Bisnis Maju Dengan Aplikasi Toko Kelontong Modern
    Mengelola bisnis tradisional di tengah gempuran eCommerce tidaklah mudah. Kamu harus mulai mengadaptasi perkembangan teknologi, misalnya menggunakan aplikasi untuk mengelola toko kelontongmu.
    5 Hal Penting dalam Melakukan Market Research
    Informasi dari market research dapat membantumu menyampaikan kampanye pemasaran yang dapat menarik target pasar.
    Keuntungan Integrasi Online Bisnis F&B dengan GrabFood
    Di masa pandemi, integrasi online dengan layanan pesan antar seperti GrabFood bisa menjadi pilihan bijak. Nikmati program terbaru aplikasi majoo.
    Menentukan Jam Buka Restoran Terbaik selama Ramadan
    Apa saja yang perlu diperhatikan pelaku usaha di bidang kuliner saat menentukan jam buka restoran selama bulan puasa?