Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Pentingnya Peran CS Dalam Menjaga Hubungan dengan Pelanggan

    Sikap profesional dibutuhkan oleh customer service dalam melayani pelanggan

    Bisnis apa pun yang kamu miliki saat ini, entah itu menjual produk, menawarkan layanan, ataupun keduanya, berapa lama pun bisnis itu sudah kamu jalankan, pelanggan adalah nyawa dari bisnismu.  

     

    Kamu bisa saja memiliki produk terbaik di dunia, tetapi jika tidak memperlakukan pelanggan dengan baik, bisnismu mungkin tidak akan bisa maju. Sebaliknya, walaupun produkmu memiliki kualitas standar tetapi bila kamu memiliki pelayanan yang baik pada para pelanggan, bisnismu berpotensi tetap dapat berjalan dengan lancar.

     

    Di sinilah peran customer service dibutuhkan, karena tantangan dalam dunia bisnis bukan hanya memasarkan produk dan mencari pelanggan saja, melainkan juga bagaimana seorang pelaku bisnis mampu melayani pelanggannya pasca proses jual-beli produk atau jasa.

     

    Apa saja peranan penting yang dipegang oleh customer service?

     

    1. Membangun interaksi dengan pelanggan 

    Ini adalah tugas dasar customer service, mulai dari mampu mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, menunjukkan respek pada pelanggan misalnya dengan pemilihan kata yang sopan dan santun (maaf, tolong, dan terima kasih), bisa bersikap profesional hingga membuat pelanggan merasa dihormati dan dihargai.

     

    Customer service juga selayaknya menjadi penerima kritik, saran, dan masukan dari para pelanggan untuk kemudian digunakan sebagai pembelajaran demi kemajuan bisnis yang dijalankan.

     

    2. Mempertahankan pelanggan yang loyal

    Customer service diharapkan sanggup menyelesaikan masalah atau membantu kebutuhan pelanggan. Terkadang pelanggan bukan hanya membutuhkan sebuah produk atau layanan jasa, tapi lebih cenderung menginginkan sebuah solusi.

     

    Di poin ini, customer service diminta untuk bisa bertindak cepat memberikan antisipasi dan solusi yang dibutuhkan pelanggan. Semakin cepat customer service membantu kebutuhan pelanggan, maka mereka akan lebih menghargai customer service dan bisnisnya. Hal ini membuat pelanggan akan kembali mengulang pesanan mereka, yang secara otomatis menjadikan mereka sebagai pelanggan yang setia.

     

    Biasanya kalau pelayanan untuk pelanggan dan kliennya sangat baik, mereka bahkan bersedia membayar lebih dan lebih loyal hanya untuk suatu produk yang mungkin bisa didapatkan di tempat lain dengan harga lebih murah.

     

    Customer service selayaknya mampu membentuk imej baik dari bisnisnya

     

     

    3. Membantu membentuk imej baik bagi pelaku bisnis

    Kita semua tahu bahwa customer service adalah ujung tanduk pelayanan pada pelanggan setelah tim pemasaran. Customer service bisa dikatakan mewakilkan pelaku bisnis sebagai kontak utama dari pihak pelanggan.

     

    Customer service memang selayaknya mampu  mencerminkan nilai-nilai yang ingin ditampilkan oleh pihak pelaku bisnis tersebut. Bisnis yang memiliki pelayanan customer service yang optimal dan memuaskan akan memiliki citra yang baik pula di mata para pelanggan.

     

    Sering kita temui beberapa kasus pelanggan yang memutuskan untuk tidak lagi memakai dan membeli produk bisnis tertentu dikarenakan pelayanan pelanggannya yang buruk. Tidak sopan, respons yang lambat, dan bahkan tidak mampu memberikan solusi. Maka dari itu, tidak salah bila disebut customer service diharapkan bisa memberi cerminan yang baik dari bisnisnya.

     

    4. Memberi informasi dan rekomendasi produk

    Customer service juga semestinya memahami semua produk dan jasa yang ditawarkan oleh bisnisnya. Bisa memberi rekomendasi produk pada para pelanggan yang hendak melakukan pembelian. Hal ini juga termasuk memberikan berbagai pilihan paket sesuai kebutuhan pelanggan dan diskon-diskon menarik.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Pentingnya Manajemen Inventory yang Efektif Bagi UMKM
    Manajemen inventory merupakan bagian krusial dari menguntungkan atau tidaknya sebuah bisnis, terlebih bagi UMKM.
    Awas! Jangan Coba-Coba Bisnis Kopi Sebelum Tahu 5 Hal Ini!
    Sempat diprediksi bakal meredup, bisnis kedai kopi nyatanya justru semakin merebak. Layakkah terjun ke bisnis kedai kopi?
    Tampilan Dashboard Baru dari majoo Hadir Memudahkan Bisnismu
    Tampilan dashboard baru majoo tidak hanya lebih rapi dan modern, tetapi menghadirkan fungsionalitas yang lebih optimal. Yuk, cari tahu highlight fiturnya!
    Pro Kontra Program Loyalty Pelanggan
    Sebelum mengimplementasikan program loyalitas pelanggan, pelajari dulu pro dan kontranya untuk bisnismu.