• majoo blog
  • Tips
  • Peralatan Kedai Kopi Yang Harus Dimiliki Saat Memulai Usaha

Peralatan Kedai Kopi Yang Harus Dimiliki Saat Memulai Usaha

Konsumsi kopi hari ini masih terus bertumbuh. Pasar masih memiliki kebutuhan sumber produk kopi yang lebih banyak, dan permintaan kopi lokal pun terus meningkat. Artinya, ini bukan saat yang buruk untuk memulai usaha kedai kopi.  


Lokasi yang strategis dan desain yang kekinian itu penting, tapi kamu juga perlu memiliki peralatan kedai kopi yang oke. Selain tempat, peralatan juga merupakan bagian yang cukup mahal dari bisnis ini. Sebagai gambaran, sebuah mesin espresso bisa memakan biaya puluhan hingga ratusan juta rupiah. 


Hal itu mungkin masih bisa disiasati dengan pemilihan mesin dengan harga yang relatif terjangkau, apalagi untuk kedai kopi yang baru mulai. Tapi, kamu memang akan membutuhkan mesin dengan volume tinggi yang dituntut mampu menyajikan puluhan mungkin hingga ratusan cangkir kopi setiap harinya. Ditambah lagi dengan grinder dan alat-alat lainnya. Memiliah-milah peralatan ini memang bisa membingungkan untuk kamu. 


Tapi kamu tidak perlu khawatir, artikel ini menyediakan daftar peralatan kedai kopi serta tips pemilihannya bagi kamu yang ingin memulai usaha kedai kopi. 

Mesin Espresso Berkualitas

Sebagai bagian dari peralatan yang menghasilkan uang untuk kamu, tidak diragukan lagi mesin espresso adalah yang paling penting. Walaupun cukup banyak tips memulai usaha kedai kopi yang mengatakan untuk mulai dengan sederhana dan murah, tidak berarti kamu perlu banyak berhemat pada alokasi mesin espresso


Mengapa demikian?


Pada sebagian besar kedai kopi sering kali konsumen memesan menu yang mengandung espresso, baik espresso saja atau campuran dengan susu: cappuccino, cafe latte, dll. 


Walaupun mesin espresso ini sangat penting dan sebaiknya tidak terlalu berhemat dalam alokasi pembelian mesin ini, tidak berarti juga kamu bisa sembarangan membeli. Kamu tetap perlu memahami apa yang membuat sebuah mesin espresso bagus. Juga tetap harus belanja dengan cerdas untuk mendapatkan nilai terbaik saat sudah menemukan mesin yang dirasa tepat. 

Penggiling Kopi Skala Komersial

Meskipun kamu memiliki mesin espresso yang berkualitas, jika penggiling atau grinder kamu kurang bagus tetap saja kopi yang dihasilkan akan kurang sedap. Itu mengapa kamu perlu memastikan penggiling kopi yang kamu pilih berkualitas. 


Untuk modelnya sendiri, terdapat model otomatis dan manual. Beberapa penggiling  bisa memberikan jenis hasil penggilingan yang berbeda tergantung kopi tersebut akan dibuat apa nantinya, apakah untuk espresso, drip, atau tubruk misalnya. 


Penggunaan grinder atau penggiling kopi yang tepat akan memberikan perbedaan profil rasa dan aroma dari setiap kopi. Maka, penting sekali untuk berinvestasi pada pembelian grinder yang tepat saat memulai usaha kedai kopimu. 


Lemari Pendingin

Alat yang dibutuhkan satu kedai kopi dengan kedai kopi lainnya tentu akan berbeda, tergantung menu yang ingin disajikan. Namun, terlepas dari jenis kopi atau makanan apa yang ingin kamu sajikan, lemari pendingin harus masuk ke dalam daftar belanja peralatanmu. 


Setidaknya kamu akan membutuhkan lemari pendingin untuk menyimpan susu segar, bahan yang hampir selalu menjadi bagian dari menu minuman di kedai kopi.


Alat Seduh Kopi Manual 

Jika kamu memutuskan untuk menyajikan kopi yang diseduh secara manual, tentu saja kamu membutuhkan alat seduh kopi manual. Ini memang opsional. Namun, kamu perlu mempertimbangkan untuk menyediakannya, sebab popularitas teknik penyeduhan manual ini semakin meningkat belakangan ini. 


Tergantung variasi kopi yang ingin kamu tawarkan, kamu bisa memilih frenchpress, chemex, aeropress, pour over, vietnam drip, syphon, dan lain-lain. Tapi, kamu tidak perlu khawatir sebab kamu tidak harus menyediakan semua jenis alat seduh kopi manual ini. Kamu bisa pilih beberapa saja. 


Mencoba melakukan riset pasar dan mencari tahu apa yang paling disukai konsumen akan sangat menolong kamu membuat keputusan alat mana yang akan kamu gunakan di kedai kopi milikmu. 


Perangkat dan Sistem Kasir

Bangunan dan alat sudah siap, kamu sudah sangat bersemangat untuk memulai usaha kedai kopimu. Tunggu dulu, kamu tidak boleh lupa menyiapkan juga perangkat dan sistem kasir!


Untuk perangkat sendiri, beberapa kedai kopi menggunakan PC atau laptop. Namun, cukup banyak juga yang menggunakan tablet bahkan telepon genggam. Kamu ingin memilih perangkat yang mana tentu disesuaikan dengan ruang yang terdapat di bar dan bujet yang akan kamu alokasikan. 


Namun, apa pun perangkat yang kamu pilih, pastikan kamu menggunakan sistem kasir yang efisien dan berkualitas. Sebab tanpa sistem kasir yan efisien dan berkualitas bisnismu akan berjalan lambat. Entah itu karena lambatnya proses transaksi atau pembayaran, kurang baiknya sistem manajemen penyimpanan, atau tidak teraturnya servis dan perbaikan alat. 


Hal tersebut dapat dihindari jika kamu memiliki data yang baik dalam sistem kasir atau point of sale (POS). Maka, sebaiknya kamu memilih sistem kasir atau POS yang berbasis cloud supaya semua data transaksi dan stok bisa tersimpan dengan baik dan kamu bisa memeriksanya kapan pun, di mana pun. Lebih baik lagi, jika sistem kasir yang kamu pilih dapat kamu akses ketika tidak ada jaringan internet sekali pun, dan seluruh data tetap akan langsung terkirim ke sistem saat kamu terhubung dengan internet. Terkait sistem kasir yang tepat untuk kedai kopimu, bisa kamu pelajari di majoo.id.


Ketika kamu sudah selesai dengan daftar peralatan, kamu bisa mulai mengalihkan fokus pada hal-hal lain yang tidak kalah penting. Seperti menciptakan logo yang mudah diingat, memilih barista dan kasir yang bersedia tumbuh bersama, dan tentu saja memilih bahan kopi yang berkualitas. Begitu kamu memiliki rencana bisnis yang hebat dan peralatan yang mendukung, kamu siap untuk meraup keuntungan dan maju di pasar yang sedang tumbuh ini.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Tips Memastikan Pinjaman Modal Untuk Pengembangan Bisnis
Pinjaman modal untuk pengembangan bisnis akan dilakukan para pebisnis supaya bisnisnya maju dan mendapatkan keuntungan.
Menyusun Strategi Pemasaran 2022 dalam 5 Langkah Mudah
Strategi pemasaran idealnya menjadi blue print bagi keputusan bisnis pada tahun mendatang. Hal ini perlu menjadi perhatian setiap bisnis, terlebih UMKM.
Beberapa Langkah Penting Menjaga Retensi Pelanggan
Menjaga retensi dan kepuasan pelanggan bisa menjadi kunci utama dalam memastikan bisnis tetap bertahan di tengah terpaan pandemi Covid-19.
Tips Meraih Kemajuan Bisnis Melalui Penggunaan Instagram
Saat ini Instagram banyak digunakan oleh para pebisnis sebagai salah satu strategi marketing. Ini tipsnya agar strategi tersebut bisa lebih optimal.