Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Peran Penting Sistem POS dalam Kesuksesan UMKM

    Sistem POS tidak hanya dibutuhkan oleh bisnis besar, tetapi juga usaha kecil dan menengah

    Sistem POS bukan instrumen yang asing bagi bisnis besar sebab rata-rata bisnis besar sudah memakainya selama bertahun-tahun. Tidak heran bila para pemilik bisnis besar mengerti dan dapat mengoptimalkan penggunaan sistem ini. Aplikasi POS yang digunakan pun umumnya dipersonalisasi, kompleks, canggih, dan membutuhkan tim khusus untuk mengelolanya.

     

    Mulai tersedianya aplikasi POS yang dapat diakses melalui tablet atau telepon pintar belakangan ini membuat usaha kecil dan menengah dapat pula merasakan manfaat dari sistem ini. Kabar baik lainnya, kebanyakan pengusaha kecil dapat mengakses aplikasi tersebut dengan investasi yang masuk akal.

     

    Sistem POS, a game changer untuk usaha kecil dan menengah

    Selain kemudahan akses dan biaya yang terjangkau, beberapa sistem POS juga dapat dipersonalisasi untuk kebutuhan bisnis tertentu. Misal, sistem disesuaikan untuk penggunaan restoran atau salon. Dengan demikian, bisnis kecil dapat mengoptimalkan sistem tersebut dalam berbagai cara.

     

    Salah satu keuntungan mengimplementasikan aplikasi POS adalah usaha kecil dan menengah dapat lebih memahami produk atau jasa yang terjual dengan sangat baik. Jadi, pemilik bisnis dapat terus memperbaiki bentuk penawaran yang diberikan agar konsumen lebih tertarik.

     

    Penggunaan aplikasi POS secara optimal juga akan membuat bisnis kecil atau menengah dapat mengelola biaya operasional dengan lebih baik. Seperti diketahui, usaha-usaha kecil cenderung lemah dalam hal pengelolaan finansial atau pendataan keuangan. Nah, hal ini dapat diselesaikan dengan pemakaian aplikasi POS. Bukan hanya biaya, inventori, bahkan produktivitas karyawan pun dapat dipantau dan dikelola dengan baik.

    Penerapan sistem POS memperbesar peluang usaha kecil dan menengah untuk maju

     

    Lebih dari itu, aplikasi POS juga memberi peluang kepada pemilik bisnis kecil untuk menarik minat konsumen dan menciptakan pelanggan. Sebagai contoh, tersedia fitur loyalty rewards agar konsumen lebih tertarik dan setia bertransaksi. Dengan segala fungsi tersebut tentu bisnis kecil berpeluang untuk bersaing dan maju.

     

    Cerdas memilih sistem POS

    Dari paparan di atas, terlihat bahwa sistem POS itu penting bagi bisnis, baik untuk bisnis kecil, menengah, ataupun besar. Namun, pemilik usaha kecil dan menengah perlu memilih aplikasi POS yang menawarkan fungsi dan konfigurasi cukup fleksibel. Dengan demikian, kebutuhan bisnis secara spesifik dapat terpenuhi.

     

    Di samping itu, fitur-fitur yang ditawarkan sebaiknya dapat membuat bisnis terhubung lebih baik dengan target pasar. Oleh sebab itu, kamu perlu mencermati fiturnya sebelum memutuskan untuk mengaplikasikan sistem tertentu.

     

    Untuk mengantarkan usaha kecil dan menengah menuju kesuksesan, pastikan sistem POS yang dipilih dapat disesuaikan dengan alur aktivitas bisnis. Jangan sampai sebaliknya, kamu perlu mengubah alur bisnis agar cocok dengan aplikasi POS. Hal ini tentu menyulitkan kamu sebagai pemilik. Pastikan juga kamu memilih yang fungsi kasir, manajemen, inventori, sampai keuangannya terintegrasi, ya!

     

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Ingin Jualan di Media Sosial? Kamu Wajib Baca Ini!
    majoo punya beberapa tips nih, agar kamu bisa memaksimalkan penjualan melalui media sosial. Yuk, disimak!
    Memaksimalkan Bisnis secara Optimal dengan Integrasi GoFood
    Ada banyak cara untuk memaksimalkan bisnis, salah satunya dengan melakukan integrasi GoFood. Wah, maksudnya bagaimana, tuh?
    Bagaimana Digital Marketing Bisa Membantumu Perluas Pasar?
    Saat ini merupakan era menarik bagi digital marketing. Berkat pemasaran digital, bisnis lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen dan memperluas pasar.
    Mengapa Pelaku Usaha Perlu Memahami Karakter Gen Z?
    Mengapa pelaku usaha perlu mempertimbangkan karakter Gen Z dalam menjalankan operasional bisnis? Apa, sih, yang akan terjadi jika tidak dilakukan?