Table of Content

    Perangkat Digital, Membawa Usaha Kecil Naik Kelas



    Saat ini hampir semua bisnis bergantung pada platform digital. Bayangkan saja, sekarang tersedia aplikasi digital hampir untuk seluruh kebutuhan bisnis, mulai dari berkomunikasi dengan konsumen, berkolaborasi dengan tim internal, sampai memproteksi aset perusahaan.

     

    Tidak heran baik usaha kecil maupun besar yang tidak menerapkan sistem digital dalam bisnisnya cenderung tertinggal, terutama di tengah pandemi COVID-19 ini. Supaya bisa terus bertahan, pemilik usaha perlu mengaplikasikan perangkat digital dalam bisnisnya.

     

    Pentingnya perangkat digital bagi bisnis

    Di tengah dunia yang sudah bergeser ke ranah digital, konsumen berharap dapat mengakses bisnis melalui kanal online. Kalau kamu merasa hal tersebut hanya berlaku bagi perusahaan besar, kamu keliru.

     

    Seperti peranannya untuk bisnis-bisnis yang sudah matang, perangkat digital juga memainkan peran penting dalam memajukan usaha kecil. Biar bagaimanapun, teknologi mempunyai dampak yang besar pada operasional bisnis.

     

    Dengan kata lain, terlepas dari tingkat kemapanan bisnis, perangkat digital tetap akan membantu mendatangkan keuntungan dan memenuhi ekspektasi konsumen.

     

    Perangkat digital akan berdampak pada kultur di dalam perusahaan, efisiensi proses kerja, serta relasi di dalam bisnis. Tidak hanya itu, teknologi juga akan meningkatkan keamanan informasi konfidensial. Secara lebih detail, kamu bisa menyimaknya dalam poin-poin di bawah ini.

     

    - Efisiensi operasional

    Biasanya, penggunaan perangkat digital bisa menghemat lebih banyak waktu operasional. Dengan begitu, dari sisi waktu sudah jelas lebih optimal.

     

    Bukan hanya dalam aktivitas bisnis harian, melainkan waktu untuk memasarkan produk pun bisa lebih cepat. Umumnya, karena berbagai prosedur memang dapat dikerjakan lebih cepat berkat sistem digital.

     

     Operasional bisnis juga lebih efisien karena pemilik usaha lebih memahami kondisi riil serta kebutuhan bisnis. Misalnya, berkat sistem untuk mengelola inventori pemilik usaha jadi mengetahui cara terbaik untuk mengelola stok dan gudang.

     

    - Memperbaiki komunikasi, baik internal maupun eksternal

    Salah satu keuntungan yang sangat jelas dari penerapan perangkat digital yaitu kamu bisa berkomunikasi dengan konsumen. Di tengah lingkungan bisnis yang serba cepat, kamu memang harus bisa berkomunikasi secara tepat dan cepat dengan konsumen.

     

    Hal tersebut sangat menguntungkan bisnis karena komunikasi yang baik membentuk citra publik yang baik dan kuat.

     

    Menariknya, tidak hanya komunikasi dengan konsumen yang membaik, tetapi juga komunikasi dan kerja sama tim internal bisnis. Dengan begitu, kerja sama tim menjadi lebih baik, produktivitas meningkat, dan tentu saja berujung pada keuntungan yang lebih besar bagi bisnis.

     

    - Keamanan data dan informasi

    Sebagian bisnis di era modern ini berpotensi terancam keamanannya, terlebih dari sisi data. Nah, kehadiran perangkat digital dan teknologi mampu melindungi berbagai data konfidensial perusahaan.

     

    Contohnya, melindungi data keuangan, data keputusan eksekutif, ataupun informasi lain yang berdampak bagi posisi kompetitif bisnis. Secara sederhana, teknologi membantu bisnis melindungi informasi dari kompetitor.


     

    Perangkat digital yang perlu dimiliki oleh usaha kecil

    Sekarang kamu sudah mengetahui pentingnya bisnis memanfaatkan platform digital. Situasi kerja dan ekspektasi konsumen yang terus berubah perlu direspons dengan tepat oleh bisnis. Lalu, apa saja perangkat digital yang perlu dimiliki oleh bisnis, terutama usaha kecil?

     

    1. Perangkat kolaborasi digital

    Peralihan ke ekosistem digital, tidak bisa lepas dari perangkat kolaborasi berbasis cloud. Tambahan pula, setelah pandemi aktivitas kerja banyak dilakukan dari rumah sehingga perangkat kolaborasi digital menjadi makin krusial.

     

    Salah satu yang bisa kamu gunakan adalah perangkat kolaborasi yang sangat populer yaitu Google, mulai dari Gmail, Docs, Drive, hingga Calendar. Seperti yang telah diketahui, pada perangkat tersebut semua orang yang memiliki akses dapat memberikan informasi secara langsung dan tim lain dapat berkolaborasi.


    Perlu diingat, perangkat kolaborasi tidak selalu eksklusif untuk kerja-kerja internal tim bisnis. Contohnya, kamu bisa memanfaatkan email sebagai sarana komunikasi dengan pelanggan ataupun sarana pemasaran digital. 

     

    2. Perangkat komunikasi

    Komunikasi selalu menjadi bagian esensial bagi kemajuan bisnis. Berhasil atau tidaknya komunikasi berdampak kepada produktivitas dan keberhasilan dalam aktivitas bisnis harian.

     

    Dalam rangka memastikan, seluruh tim yang terlibat di dalam bisnis menerima informasi dengan baik, kamu bisa memanfaatkan platform komunikasi digital. Slack dan Microsoft Team merupakan beberapa perangkat komunikasi yang bisa kamu coba.

     

    Namun, saat ini cukup banyak juga yang mendedikasikan grup di WhatsApp untuk diskusi pekerjaan. Menimbang kecepatan komunikasi dan efisiensi, mungkin WhatsApp dapat digunakan. Meskipun begitu, pertimbangkan juga sisi keamanan informasi, ya!


    Kelebihan perangkat pengantar pesan seperti WhatsApp, kamu bisa memanfaatkan untuk berkomunikasi secara cepat dengan konsumen. 

     

    3. Sistem POS

    Selain perangkat kolaborasi dan komunikasi, kamu membutuhkan aplikasi akuntansi, kasir online, serta CRM. Namun, bila kamu memilih aplikasi POS yang tepat, kamu hanya perlu satu aplikasi saja untuk menjalankan berbagai fungsi tersebut.

     

    Sekarang sudah tersedia aplikasi POS yang dilengkapi dengan fitur akuntansi. Dengan begitu, kamu dapat menarik data laporan keuangan dan menganalisisnya melalui aplikasi tersebut.

     

    Terdapat pula fitur CRM yang membuatmu leluasa mengelola relasi dengan pelanggan. Kamu bisa menyiapkan program loyalti hingga mengelola member.

     

    4. Manajemen rekrutmen

    Jika bisnis milikmu terus bertumbuh, kamu juga perlu mempertimbangkan perangkat untuk mengelola rekrutmen. Bukan rahasia lagi bahwa rekrutmen berpengaruh jangka panjang terhadap kultur bisnis, performa, serta profitabilitas.

     

    Dengan perangkat digital untuk mengelola rekrutmen, kamu bisa membagikan riwayat hidup pelamar dengan tim terkait. Biasanya, di sana kamu dapat menuliskan komentar, feedback terkait sesi wawancara, dan menentukan proses selanjutnya.


    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Ingin Jualan di Media Sosial? Kamu Wajib Baca Ini!
    majoo punya beberapa tips nih, agar kamu bisa memaksimalkan penjualan melalui media sosial. Yuk, disimak!
    Memaksimalkan Bisnis secara Optimal dengan Integrasi GoFood
    Ada banyak cara untuk memaksimalkan bisnis, salah satunya dengan melakukan integrasi GoFood. Wah, maksudnya bagaimana, tuh?
    Bagaimana Digital Marketing Bisa Membantumu Perluas Pasar?
    Saat ini merupakan era menarik bagi digital marketing. Berkat pemasaran digital, bisnis lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen dan memperluas pasar.
    Mengapa Pelaku Usaha Perlu Memahami Karakter Gen Z?
    Mengapa pelaku usaha perlu mempertimbangkan karakter Gen Z dalam menjalankan operasional bisnis? Apa, sih, yang akan terjadi jika tidak dilakukan?