Table of Content

    Perlukah Bisnis Cuci Mobil Menggunakan Aplikasi Car Wash?

    Ketika menjalankan bisnis cuci mobil mungkin kamu berpikir usaha ini sederhana saja. Orang datang membawa kendaraan mereka, karyawanmu akan membantu menempatkan kendaraan pada area pencucian, proses pencucian dilakukan, lalu konsumen membayar dan kamu cukup memberikan nota manual, ditulis dengan tangan misalnya. Tidak perlu hal-hal rumit, seperti penggunaan aplikasi wirausaha misalnya.

    Memang betul, di luar sana masih cukup banyak car wash yang dijalankan dengan cara seperti itu. Namun, pertanyaan penting untukmu adalah apakah kamu ingin sama saja dengan semua usaha cuci mobil lain?

    Apakah kamu tidak ingin mengetahui siapa konsumen yang sangat setia mengunjungi tempat pencucian mobil milikmu atau kapan jam paling ramai, tanpa harus sibuk menghitung secara manual? Atau kamu ingin menawarkan sesuatu yang lain, kafe misalnya. Saat ini cukup banyak bukan car wash yang juga ada kafe di dalamnya? Bila kamu memiliki car wash sekaligus kafe, apakah kamu tidak ingin kemudahan mengelola keduanya dengan satu alat bantu saja?

    Dengan bantuan aplikasi POS untuk car wash hal-hal di atas mungkin dilakukan.

    Aplikasi wirausaha jenis ini akan membantumu menjalankan banyak fungsi operasional: memproses pembayaran, mendata penjualan, membuat jadwal karyawan yang sangat efisien, hingga membuat program loyalti pelanggan. Semua data tersimpan dengan baik di cloud dan kamu dapat mengaksesnya kapan saja, di mana saja.

    Singkatnya, operasional bisnis sehari-hari akan sangat terbantu dengan bantuan aplikasi car wash ini. Tapi, kamu harus memilih aplikasi POS yang mana?

    Memilih aplikasi car wash yang cocok untukmu

    Di luar sana, banyak sekali pilihan aplikasi POS. Beberapa di antaranya sangat populer dan banyak digunakan oleh para pemilik usaha. Tapi, popularitas tentu bukan jaminan bahwa aplikasi tersebut pasti cocok untuk usaha car wash milikmu. Kamu tetap perlu mempertimbangkan fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi wirausaha tersebut memang cocok untuk bisnis car wash. Berikut ini beberapa fitur yang kemungkinan besar akan dibutuhkan oleh bisnis car wash. 

    • Multi komisi otomatis
      Pada bisnis car wash, pekerjaan sering kali tidak bisa diselesaikan hanya oleh satu orang karyawan saja. Untuk menyelesaikan satu mobil, mungkin dibutuhkan tiga orang. Ada karyawan yang bertugas mencuci, menyedot debu, dan melakukan pengeringan. 

      Bila bisnismu menerapkan sistem komisi, tentu akan rumit bila sistem yang digunakan tidak memungkinkan pembagian tersebut. Artinya, kamu akan tetap harus menghitung pembagian komisi secara manual. Maka saat memilih aplikasi car wash, pilihlah aplikasi yang memungkinkan komisi suatu pekerjaan bisa dibagi ke beberapa karyawan secara otomatis.


    • Dapat menangani bisnis lain dalam satu tempat
      Saat ini, lazim sekali kita temukan suatu bisnis tergabung dengan bisnis lain. Misalnya, ada kedai kopi yang tergabung dengan galeri, tempat cuci sepatu yang tergabung dengan bisnis clothing, juga car wash yang sekaligus menyediakan kafe. Gunanya untuk memberi konsumen lebih banyak alasan untuk datang.


      Khusus untuk car wash yang tergabung dengan kafe, biasanya ditujukan untuk memberi kenyamanan bagi konsumen. Mereka bisa menunggu sambil duduk santai di kafe. Selain tentu saja dari sisi pemilik, tujuan utamanya untuk menambah pundi-pundi penghasilan. 


      Hal tersebut memang menguntungkan, namun sebagai pemilik pengelolaannya tentu sangat menantang. Kamu harus mengelola dua bisnis sekaligus. Ada aplikasi POS yang menawarkan kemudahan pengelolaan kafe dan car wash, pastikan kamu memilihnya.


    • Fungsi absensi karyawan
      Mungkin kamu bisa memilih untuk datang dan mengawasi karyawan setiap hari. Tapi, coba bayangkan bila waktu tersebut dapat kamu gunakan untuk fokus pada pengembangan bisnis, bertemu calon investor untuk ekspansi, misalnya. Biarkan aplikasi yang membantu kamu mengurus absensi karyawan.


      Maka kamu mungkin tidak ingin melewatkan fitur laporan jam kerja dan perhitungan komisi karyawan sesuai dengan pekerjaannya. Kamu tidak harus mengawasi secara langsung, sebab karyawan akan absen pada aplikasi, di mana waktu mulai dan selesai jam kerja tercatat secara akurat di sana. 


    • Analisis waktu teramai
      Aplikasi POS akan membantu memproses setiap transaksi pada bisnis car wash milikmu, juga mencatat seluruh penjualan. Dari data tersebut kamu bisa melihat secara akurat jam kunjungan paling ramai.


      Ini menjadi insight penting untuk bisnis, kamu bisa mengatur jadwal karyawan agar efisien. Tidak menempatkan karyawan terlalu banyak di jam-jam yang relatif sepi, dan sebaliknya menempatkan karyawan lebih banyak di waktu paling ramai.


      Informasi tersebut juga bisa menjadi bahan evaluasi untukmu, mengapa di jam-jam lain sepi? Mengapa hanya jam tersebut yang jumlah kunjungan sangat tinggi? Apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan jumlah kunjungan di jam-jam yang relatif rendah angka kunjungannya?


    • Program loyalti
      Apakah kamu familier dengan kartu yang diberikan oleh car wash, di mana setiap kamu berkunjung akan dibubuhkan cap, dan setelah mengumpulkan sepuluh cap, kamu akan mendapat satu kali layanan cuci mobil gratis. Boleh-boleh saja untuk membuat program loyalti seperti itu, tapi cukup sulit menjamin konsumen kembali dengan program ini. 

      Tidak semua teliti dan bisa menjaga kartu kecil untuk program loyalti ini tidak hilang serta selalu dibawa setiap kali mencuci mobil. Kebanyakan orang lupa menyimpan kartu tersebut dan mengulang program dari awal. Akhirnya, mereka merasa tidak harus datang ke tempatmu. 

      Bila kamu menggunakan aplikasi, hal seperti ini tidak akan terjadi. Kamu bisa mengatur data konsumen dan program loyalti di aplikasi POS. Konsumen cukup menyebutkan nama misalnya dan data kunjungan mereka bisa langsung diakses. Kamu juga bisa mengirimkan pesan singkat atau email untuk mengingatkan konsumen mengenai program yang sedang berjalan.

    Itulah beberapa fitur yang mungkin ingin kamu pastikan ada pada aplikasi POS pilihanmu.

    Menggunakan aplikasi POS untuk bisnis car wash adalah peluang membuat bisnis lebih maju. Sayang sekali bila dilewatkan. Kamu hanya perlu memastikan kamu memilih aplikasi yang paling tepat untuk bisnismu. Selamat memilih!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
    Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.
    Keuntungan yang Didapatkan Pemilik Bisnis dari Sistem Paylater
    Paylater adalah sistem pembayaran yang sedang digemari oleh konsumen karena menguntungkan, apakah metode ini juga menguntungkan pihak pebisnis?
    5 Strategi Pemasaran Online untuk Bulan Ramadan
    Bisnis perlu menerapkan strategi pemasaran online dan optimalkan omnichannel bila mau meningkatkan penjualan selama Ramadan. Bagaimana caranya?
    Kapan Waktu Terbaik Mengatur Stok Bahan Baku di Bulan Puasa?
    Meningkatnya harga stok bahan baku untuk proses produksi merupakan kepusingan baru yang harus dihadapi pelaku usaha di bulan puasa. Bagaimana mengakalinya?