Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Perlukah Memakai Aplikasi Wirausaha untuk Mendukung Bisnis?

    Kalau kita berbicara tentang bisnis, tentu saja kita akan bicara juga tentang keuntungan. Bisnis yang maju adalah bisnis yang bisa mendatangkan keuntungan. Dan kalau kita bicara tentang keuntungan, kita akan selalu dihadapkan pada upaya menekan biaya serendah mungkin dan menaikkan pendapatan setinggi mungkin.

    Ada beberapa faktor yang harus kita pertimbangkan dalam upaya kita menekan biaya serendah mungkin. Biaya yang rendah tidak selalu menjanjikan kualitas dan durabilitas yang tinggi. Misalnya saja dalam bisnis restoran. Piring keramik kualitas tinggi jelas harganya sangat jauh di atas harga piring melamin. Tetapi, piring keramik kualitas tinggi tidak merusak cita rasa dan citra makanan yang kita sajikan, sementara melamin bisa merusak cita rasa makanan kita dan citra restoran kita. Piring keramik kualitas tinggi jauh lebih tahan panas, misalnya, dibandingkan dengan piring melamin atau piring keramik lain dengan kualitas yang lebih rendah.

    Akibatnya, mungkin dalam tahap awal, kita merasa menanggung biaya yang cukup tinggi untuk membeli piring keramik kualitas tinggi. Namun, seiring berjalannya waktu, kita tidak akan perlu untuk terus menerus mengganti piring kita karena sudah tidak layak pakai. Biaya rendah namun terus berulang seringnya malah akan jauh lebih tinggi dari biaya tinggi namun hanya dikeluarkan sekali.

    Selain itu, kita juga harus memperhitungkan efisiensi dan efektivitas dari semua aspek dalam bisnis kita. Banyak aspek dalam bisnis tradisional yang sudah bisa digantikan dengan teknologi terkini. Dulu, mungkin kita harus mempekerjakan beberapa orang kurir hanya untuk mengirim dokumen atau memenuhi pesanan. Dengan mempekerjakan mereka, kita harus menanggung biaya gaji bulanan, sementara kebutuhan kita akan kurir mungkin tidak terus menerus ada sepanjang hari.

    Sekarang, kita bisa memanfaatkan jasa pihak ketiga yang khusus menangani pengiriman dan pengantaran. Di kota-kota besar, hampir tidak ada lagi bisnis restoran yang masih memiliki staf khusus untuk layanan antar. Semuanya memilih bekerja sama dengan jasa pihak ketiga, karena lebih efektif dan efisien dalam hal biaya.

    Sama halnya dengan menggunakan aplikasi wirausaha untuk mendukung bisnis kita. Ya, aplikasi wirausaha ini memang tidak gratis, dan seringnya terlihat tidak murah. Namun, sebagai seorang wirausahawan, kita harus bisa melihatnya dengan jeli dari sisi biaya.

    Manfaat Aplikasi Wirausaha Untuk Bisnis

    Aplikasi wirausaha yang banyak ditawarkan, dapat mendukung bisnis kita dalam berbagai aspek. Yang pertama dan utama, adalah pencatatan transaksi penjualan yang terintegrasi. Bayangkan ketika kita memiliki beberapa outlet penjualan. Masing-masing outlet akan perlu staf tersendiri untuk merangkum semua nota penjualan dan kemudian mengirimkannya kepada kita. Kita pun masih harus merangkum laporan dari semua outlet untuk mengetahui total penjualan hari itu. Kalau outlet kita baru tutup pada pukul 10 malam, mungkin baru pada lewat tengah malam kita tahu total penjualan hari itu.

    Dengan aplikasi wirausaha yang terintegrasi, kita bisa mengetahui total penjualan masing-masing outlet dan semua outlet secara realtime. Penghematan waktu dan tenaga ini adalah faktor biaya yang sering kita abaikan. Kalau pun kita tidak ada uang lembur, karyawan kita akan terkuras energinya sehingga keesokan harinya kinerjanya tidak akan optimal.

    Fitur Aplikasi Wirausaha yang Menarik

    Beberapa aplikasi wirausaha juga menawarkan fitur-fitur yang bisa memangkas biaya dan waktu. Fitur pengelolaan persediaan, misalnya. Meskipun kita hanya memiliki satu outlet saja, dengan fitur ini, kita bisa mengetahui persediaan barang kita, juga persediaan bahan baku secara realtime. Kita tidak perlu masuk ke gudang dan menghitung secara manual lagi setiap hari.

    Fitur lain yang sangat menarik adalah fitur loyalty. Pelanggan yang puas dengan layanan kita, pasti akan tertarik untuk menjadi member, atau minimal ingin menjadi yang pertama kali tahu kalau kita akan melakukan promosi atau obral. Fitur loyalty ini bisa kita manfaatkan untuk mengelola data pelanggan, sehingga kita bisa menjaga kesetiaan para pelanggan kita pada bisnis kita.

    Tidak hanya itu. Aplikasi wirausaha juga membantu kita dalam mengelola sumber daya manusia dalam bisnis kita. Fitur absensi sudah terintegrasi di dalam aplikasi ini, sehingga kita tidak perlu lagi membeli sistem absensi secara terpisah. Bahkan, kita bisa mengotomatisasi sistem komisi dan bonus penjualan bagi karyawan kita. Kita tidak perlu lagi menghitung secara terpisah. Lebih hemat waktu dan tenaga – dan tentunya biaya.

    Aplikasi wirausaha yang terbaik adalah yang bisa memberikan analisa penjualan. Ketika semua titik penjualan sudah terintegrasi di dalam aplikasi wirausaha ini, secara otomatis aplikasi wirausaha ini akan mencatat data waktu dan tempat penjualan. Dengan demikian, kita bisa melihat langsung kapan outlet kita di satu lokasi dibanjiri pelanggan. Bisa jadi, di outlet A, pelanggan hanya ramai di akhir pekan, sementara di outlet B hanya ramai pada malam hari. Berdasarkan analisa ini, kita bisa menentukan langkah-langkah yang kita perlukan. Misalnya, menambah jumlah sales atau kasir pada akhir pekan di outlet A, atau menjadwalkan staf outlet lebih banyak di outlet B pada malam hari, mengurangi jumlahnya pada siang hari.    

    Tentu saja, pada saat kita baru akan memulai usaha, kita akan berpikir berkali-kali untuk menggunakan aplikasi wirausaha. Biasanya karena kita ragu, akankah biaya itu bisa dibenarkan dikeluarkan di awal. Justru pada saat awal, biaya yang terasa besar itu akan memangkas biaya lainnya, dan mempermudah kita dalam menjalankan usaha kita. Kita tidak akan dibebani biaya berulang dan biaya-biaya lain yang tidak perlu.

    Apabila usahamu sudah berjalan sekian lama, tentu saja ini saat yang tepat untuk beralih dari cara tradisional ke cara yang lebih terintegrasi. Kamu akan merasakan betapa banyak waktu dan tenaga, dan biaya yang terpangkas dengan menggunakan aplikasi wirausaha.

    Menggunakan aplikasi wirausaha ini adalah langkah paling bijak untuk mendukung bisnis. Bukan tidak ada ruginya, melainkan hanya ada untungnya.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Ingin Jualan di Media Sosial? Kamu Wajib Baca Ini!
    majoo punya beberapa tips nih, agar kamu bisa memaksimalkan penjualan melalui media sosial. Yuk, disimak!
    Memaksimalkan Bisnis secara Optimal dengan Integrasi GoFood
    Ada banyak cara untuk memaksimalkan bisnis, salah satunya dengan melakukan integrasi GoFood. Wah, maksudnya bagaimana, tuh?
    Bagaimana Digital Marketing Bisa Membantumu Perluas Pasar?
    Saat ini merupakan era menarik bagi digital marketing. Berkat pemasaran digital, bisnis lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen dan memperluas pasar.
    Mengapa Pelaku Usaha Perlu Memahami Karakter Gen Z?
    Mengapa pelaku usaha perlu mempertimbangkan karakter Gen Z dalam menjalankan operasional bisnis? Apa, sih, yang akan terjadi jika tidak dilakukan?