Table of Content

    Strategi Iklan untuk Memastikan Online Shop Tidak Merugi

    Strategi iklan di platform digital dapat diterapkan untuk meningkatkan penjualan

    Dengan meningkatnya penggunaan platform digital dalam bisnis, strategi iklan pun semakin dikembangkan untuk mengatasi masalah-masalah pemasaran serta penjualan yang sudah tidak lagi dilakukan dengan cara-cara yang konvensional. Namun, apakah benar bahwa beriklan dapat membantu pemilik usaha online shop untuk menghindari kerugian?

    Mengapa Perlu Beriklan di Platform Digital?

    Berbeda dengan platform-platform yang lebih konvensional, platform bisnis yang bersifat digital bisa dibilang memiliki biaya persiapan yang lebih mudah dijangkau. Oleh karena itu, tak sedikit pula pelaku usaha yang akhirnya memutuskan untuk membuka usahanya di sana.

    Secara ekonomi, tentu ini menjadi kabar baik karena keberadaan platform-platform baru tersebut dianggap dapat mendorong minat kewirausahaan dan menggerakkan roda perekonomian dari tingkat terkecil. Namun, di sisi lain, banyaknya pebisnis yang bermain di dalamnya membuat persaingan juga semakin ketat.

    Dengan beriklan, beriklan dapat menjadi upaya tambahan dari pemilik usaha untuk membuat produk atau jasa yang ditawarkan lebih dikenal oleh pasar. Praktik ini dapat membantu pelaku usaha memastikan bisnisnya dapat terus berjalan sekalipun banyak kompetitor yang bergerak di bidang usaha serupa.

    Baca juga: Melirik Pasar Digital, Tren Bisnis bagi Pelaku UMKM

    Di Mana Saja Sebaiknya Iklan Dipasang?

    Jika praktik bisnis konvensional mengandalkan media-media tradisional untuk beriklan, misalnya televisi, radio, surat kabar, atau papan reklame, digitalisasi platform bisnis pun menambah ragam pilihan untuk beriklan.

    Pertanyaannya, manakah platform atau media terbaik yang dapat dimanfaatkan untuk beriklan?

    Untuk online shop, jawabannya sebenarnya sederhana dan tak jauh berbeda dengan bisnis yang dijalankan di tempat usaha fisik; yaitu di platform atau media yang paling banyak digunakan oleh pasar yang ingin ditarget. Berangkat dari jawaban tersebut, pelaku usaha yang mengelola online shop harus tahu terlebih dahulu pasar yang dimiliki oleh bisnisnya.

    Sebagai sebuah online shop, pasar yang ditarget umumnya adalah pengguna produk-produk digital dan teknologi, oleh karena itu untuk mengiklankan online shop yang dikelola, platform-platform yang ada di dunia digital bisa menjadi rekomendasi yang baik. Alasan ini pula yang membuat banyak pemilik usaha memilih untuk mengiklankan bisnisnya di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, serta Twitter.

    Baca juga: Inilah Inspirasi Konten Marketing Campaign yang Berhasil!

     Manfaatkan analisis konsumen dalam merancang strategi iklan di platform digital

    Kapan Waktu Terbaik untuk Memasang Iklan?

    Apabila iklan yang dipasang di papan reklame serta surat kabar dapat dilihat sepanjang waktu selama sehari penuh, iklan-iklan yang ada di platform digital sifatnya seperti iklan yang biasa ditemukan di televisi maupun radio. Pemilik usaha dapat memilih waktu penayangan iklannya sesuai dengan kebutuhan.

    Jika demikian, tentu saja akan muncul pertanyaan lanjutan: kapan waktu terbaik untuk menerbitkan iklan tersebut?

    Sekali lagi, untuk jawaban dari pertanyaan yang satu ini, pemilik usaha perlu kembali melihat karakteristik dari pasar yang ditargetkannya. Tak semua orang terus-menerus berada di media sosial atau platform lain yang diaksesnya secara digital; ada waktu-waktu ketika penayangan iklan menjadi sangat efektif dan optimal, yaitu saat audiens yang ditargetkan mengakses platform penayangan iklan.

    Di sini, segmen pasar akan sangat berpengaruh dalam menentukan waktu terbaik. Sebagai contoh, apabila segmen pasar yang ditarget adalah ibu rumah tangga, pukul sepuluh pagi ketika aktivitas pagi sudah banyak yang diselesaikan dan aktivitas siang belum dimulai kerap menjadi waktu senggang yang dimanfaatkan untuk membuka media sosial; menayangkan iklan di media sosial pada saat-saat tersebut bisa memberi peluang yang lebih baik untuk dilihat, kan?

    Baca juga: Menyesuaikan Konten Instagram Bisnis untuk Pelanggan

    Bagaimana Bentuk Iklan yang Sebaiknya Ditayangkan?

    Dalam platform digital, harus diakui bahwa format visual masih menjadi andalan untuk menarik minat calon pelanggan.

    Agar online shop semakin laris dikunjungi, hindari untuk menayangkan iklan yang terlalu berfokus pada teks, tetapi justru tampilkan keunggulan produk atau jasa yang dipasarkan secara visual. Misalnya saja, untuk produk fisik, tampilkan foto produk yang mencolok jika dibandingkan dengan warna latarnya, sehingga fokus audiens akan langsung terarah pada produk tersebut.

    Tidak ada salahnya juga untuk menampilkan teks, tetapi jangan mengemasnya secara polos. Alih-alih demikian, coba bingkai teks tersebut dengan visual yang mencolok dengan warna yang kontras dengan warna teks.

    Selain itu, salah satu keunggulan yang tak dimiliki platform konvensional lain adalah kemudahan akses serta penggunaannya. Terapkan manfaat ini saat menayangkan iklan, yaitu dengan menempelkan tautan menuju online shop yang dimiliki pada iklan tersebut, bisa pada bagian teks pengantar atau justru secara otomatis mengarahkan audiens ke laman online shop ketika seluruh bagian dari posting yang diiklankan diklik.

    Dengan demikian, audiens dapat langsung mengunjungi online shop secara mudah dan saat itu juga. Praktik ini akan sangat membantu untuk memastikan adanya konversi dari iklan tersebut ke penjualan, berbeda bila iklan tidak disertai kemudahan untuk mengakses laman online shop yang tak jarang membuat audiens enggan untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

    Nah, ternyata ada banyak sekali strategi iklan yang bisa diperhatikan dan diterapkan untuk memastikan online shop yang dikelola berhasil menggaet pelanggan baru, kan? Apabila membutuhkan proses yang lebih mudah lagi, coba berlangganan aplikasi majoo yang juga dilengkapi dengan layanan desain Instagram untuk kegiatan pemasaran digital!

    Yuk, gunakan aplikasi majoo sekarang juga!  

    Baca juga: Manfaatkanlah Ragam Tren Digital Marketing Tahun 2022 Ini!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Menjajaki Bisnis Laundromat yang Sedang Naik Daun
    Bisnis laundromat sedang naik daun belakangan ini. Apa yang membuat pelanggan beralih dari laundry kiloan? Apakah bisnis laundry koin ini menguntungkan?
    Inilah 7 Keuntungan Menggunakan Strategi Omnichannel!
    Setiap bisnis tidak bisa lagi mengabaikan revolusi digital sehingga sudah saatnya bisnis menerapkan strategi omnichannel.
    Rekomendasi Pemberian Customer Reward untuk Loyalty Program
    Customer reward umumnya diberikan kepada pelanggan setia sebuah bisnis, reward apa sajakah yang bisa ditawarkan pada mereka?
    3 Loyalty Program dari Beauty Brand yang Bisa Kamu Tiru
    Loyalty program bisa menjadi strategi membangun basis pelanggan setia. Nah, beberapa model program loyalitas pelanggan ini dapat menjadi inspirasi.