Punya pertanyaan tentang majoo? Kami dapat membantu!
Icon majoo chat
majoo fab
Hai, majoopreneurs!

Punya pertanyaan terkait fitur dan paket berlangganan majoo? Yuk, segera terhubung dengan kami!

Klik Ingin Berlangganan
majoo fab
Ingin Berlangganan majoo fab
Klik Hubungi CS
majoo fab
Hubungi CS majoo fab

Table of Content

    Strategi Iklan untuk Memastikan Online Shop Tidak Merugi

    Strategi iklan di platform digital dapat diterapkan untuk meningkatkan penjualan

    Dengan meningkatnya penggunaan platform digital dalam bisnis, strategi iklan pun semakin dikembangkan untuk mengatasi masalah-masalah pemasaran serta penjualan yang sudah tidak lagi dilakukan dengan cara-cara yang konvensional. Namun, apakah benar bahwa beriklan dapat membantu pemilik usaha online shop untuk menghindari kerugian?

    Mengapa Perlu Beriklan di Platform Digital?

    Berbeda dengan platform-platform yang lebih konvensional, platform bisnis yang bersifat digital bisa dibilang memiliki biaya persiapan yang lebih mudah dijangkau. Oleh karena itu, tak sedikit pula pelaku usaha yang akhirnya memutuskan untuk membuka usahanya di sana.

    Secara ekonomi, tentu ini menjadi kabar baik karena keberadaan platform-platform baru tersebut dianggap dapat mendorong minat kewirausahaan dan menggerakkan roda perekonomian dari tingkat terkecil. Namun, di sisi lain, banyaknya pebisnis yang bermain di dalamnya membuat persaingan juga semakin ketat.

    Dengan beriklan, beriklan dapat menjadi upaya tambahan dari pemilik usaha untuk membuat produk atau jasa yang ditawarkan lebih dikenal oleh pasar. Praktik ini dapat membantu pelaku usaha memastikan bisnisnya dapat terus berjalan sekalipun banyak kompetitor yang bergerak di bidang usaha serupa.

    Baca juga: Melirik Pasar Digital, Tren Bisnis bagi Pelaku UMKM

    Di Mana Saja Sebaiknya Iklan Dipasang?

    Jika praktik bisnis konvensional mengandalkan media-media tradisional untuk beriklan, misalnya televisi, radio, surat kabar, atau papan reklame, digitalisasi platform bisnis pun menambah ragam pilihan untuk beriklan.

    Pertanyaannya, manakah platform atau media terbaik yang dapat dimanfaatkan untuk beriklan?

    Untuk online shop, jawabannya sebenarnya sederhana dan tak jauh berbeda dengan bisnis yang dijalankan di tempat usaha fisik; yaitu di platform atau media yang paling banyak digunakan oleh pasar yang ingin ditarget. Berangkat dari jawaban tersebut, pelaku usaha yang mengelola online shop harus tahu terlebih dahulu pasar yang dimiliki oleh bisnisnya.

    Sebagai sebuah online shop, pasar yang ditarget umumnya adalah pengguna produk-produk digital dan teknologi, oleh karena itu untuk mengiklankan online shop yang dikelola, platform-platform yang ada di dunia digital bisa menjadi rekomendasi yang baik. Alasan ini pula yang membuat banyak pemilik usaha memilih untuk mengiklankan bisnisnya di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, serta Twitter.

    Baca juga: Inilah Inspirasi Konten Marketing Campaign yang Berhasil!

     Manfaatkan analisis konsumen dalam merancang strategi iklan di platform digital

    Kapan Waktu Terbaik untuk Memasang Iklan?

    Apabila iklan yang dipasang di papan reklame serta surat kabar dapat dilihat sepanjang waktu selama sehari penuh, iklan-iklan yang ada di platform digital sifatnya seperti iklan yang biasa ditemukan di televisi maupun radio. Pemilik usaha dapat memilih waktu penayangan iklannya sesuai dengan kebutuhan.

    Jika demikian, tentu saja akan muncul pertanyaan lanjutan: kapan waktu terbaik untuk menerbitkan iklan tersebut?

    Sekali lagi, untuk jawaban dari pertanyaan yang satu ini, pemilik usaha perlu kembali melihat karakteristik dari pasar yang ditargetkannya. Tak semua orang terus-menerus berada di media sosial atau platform lain yang diaksesnya secara digital; ada waktu-waktu ketika penayangan iklan menjadi sangat efektif dan optimal, yaitu saat audiens yang ditargetkan mengakses platform penayangan iklan.

    Di sini, segmen pasar akan sangat berpengaruh dalam menentukan waktu terbaik. Sebagai contoh, apabila segmen pasar yang ditarget adalah ibu rumah tangga, pukul sepuluh pagi ketika aktivitas pagi sudah banyak yang diselesaikan dan aktivitas siang belum dimulai kerap menjadi waktu senggang yang dimanfaatkan untuk membuka media sosial; menayangkan iklan di media sosial pada saat-saat tersebut bisa memberi peluang yang lebih baik untuk dilihat, kan?

    Baca juga: Menyesuaikan Konten Instagram Bisnis untuk Pelanggan

    Bagaimana Bentuk Iklan yang Sebaiknya Ditayangkan?

    Dalam platform digital, harus diakui bahwa format visual masih menjadi andalan untuk menarik minat calon pelanggan.

    Agar online shop semakin laris dikunjungi, hindari untuk menayangkan iklan yang terlalu berfokus pada teks, tetapi justru tampilkan keunggulan produk atau jasa yang dipasarkan secara visual. Misalnya saja, untuk produk fisik, tampilkan foto produk yang mencolok jika dibandingkan dengan warna latarnya, sehingga fokus audiens akan langsung terarah pada produk tersebut.

    Tidak ada salahnya juga untuk menampilkan teks, tetapi jangan mengemasnya secara polos. Alih-alih demikian, coba bingkai teks tersebut dengan visual yang mencolok dengan warna yang kontras dengan warna teks.

    Selain itu, salah satu keunggulan yang tak dimiliki platform konvensional lain adalah kemudahan akses serta penggunaannya. Terapkan manfaat ini saat menayangkan iklan, yaitu dengan menempelkan tautan menuju online shop yang dimiliki pada iklan tersebut, bisa pada bagian teks pengantar atau justru secara otomatis mengarahkan audiens ke laman online shop ketika seluruh bagian dari posting yang diiklankan diklik.

    Dengan demikian, audiens dapat langsung mengunjungi online shop secara mudah dan saat itu juga. Praktik ini akan sangat membantu untuk memastikan adanya konversi dari iklan tersebut ke penjualan, berbeda bila iklan tidak disertai kemudahan untuk mengakses laman online shop yang tak jarang membuat audiens enggan untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

    Nah, ternyata ada banyak sekali strategi iklan yang bisa diperhatikan dan diterapkan untuk memastikan online shop yang dikelola berhasil menggaet pelanggan baru, kan? Apabila membutuhkan proses yang lebih mudah lagi, coba berlangganan aplikasi majoo yang juga dilengkapi dengan layanan desain Instagram untuk kegiatan pemasaran digital!

    Yuk, gunakan aplikasi majoo sekarang juga!  

    Baca juga: Manfaatkanlah Ragam Tren Digital Marketing Tahun 2022 Ini!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Inilah Brand yang Berhasil Menerapkan Omnichannel Marketing
    Cek contoh omnichannel marketing yang berhasil dieksekusi oleh brand besar, seperti Starbucks, Timberland, dan Singapore Airlines. Yuk, simak selengkapnya!
    Pelanggan adalah Teman! 5 Alasan Bisnismu Wajib Punya CRM
    Dengan memiliki dan menjalankan sistem CRM, kamu akan tahu persis strategi apa yang harus diambil untuk membuat para customer makin betah berbisnis denganmu
    Cloud Kitchen, Peluang Bagi Bisnis Kuliner untuk Bangkit
    Pada era new normal cloud kitchen dapat menjadi peluang menjanjikan bagi bisnis kuliner. Apa saja sih keuntungan model bisnis cloud kitchen ini?
    5 Usaha Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan Menjelang Idulfitri
    Meskipun Idulfitri kali ini berlangsung di tengah pandemi, tetap ada berbagai peluang usaha sampingan yang bisa kamu jalankan.