Marketing campaign menyumbang konten-konten yang kreatif, lucu, dan menyentuh di internet. Tidak diragukan lagi, konten yang memorable memang mampu membuat sebuah bisnis tampak berbeda dari yang lainnya.
Jika kamu baru akan memulai kampanye pemasaran untuk bisnis atau sedang mencari inspirasi konten pemasaran, simak yang dilakukan oleh beberapa usaha kecil di bawah ini dalam rangka meningkatkan penjualannya.
Birchbox optimalisasi blog dan media sosial secara konsisten
Bisnis yang satu ini menyediakan jasa memilih skincare dan haircare bagi para konsumennya. Pasar bisnis ini adalah mereka yang ingin merawat badan secara simpel, tetapi tepat.
Para konsumen berlangganan untuk membeli paket perawatan kulit atau rambut dari Birchbox dan mempercayakan para ahli di balik bisnis tersebut memilihkan produk untuk mereka.
Pertama kali didirikan di New York pada 2010, Birchbox telah bertumbuh dari investasi awal senila 1,4 juta dolar sampai memiliki value lebih dari 485 juta dolar. Kini, lebih dari satu juta subscriber menerima kotak yang berisi produk-produk kecantikan ataupun perawatan badan.
Konon pertumbuhan tersebut dicapai berkat konten kampanye marketing yang tepat, termasuk beberapa blog post harian yang membahas beragam topik. Misalnya, tutorial aplikasi makeup, intip isi boks, dan kehidupan di balik layar tim Birchbox.
Baca Juga: Bagaimana Strategi Menarik Pelanggan Dengan Instagram?
Tidak hanya itu, Birchbox juga membagikan video di blog serta media sosial. Birchbox pun mendorong para pelanggan untuk mengunggah foto kotak yang diterimanya sambil tag akun dan gunakan tagar #Birchbox.
Kemudian, tim media sosial Birchbox akan retweet atau regram unggahan tersebut. Meskipun terdengar sederhana, konsistensi dari penerapan kampanye pemasaran ini telah memberikan dampak kemajuan signifikan bagi Birchbox.
good! SNACKS dampak kekuatan tulisan bagi usaha kecil
Kebanyakan orang mungkin sepakat bahwa protein bar tidak akan terasa enak layaknya permen. Good! SNACKS hadir untuk membantah persepsi tersebut serta menghadirkan camilan penuh nutrisi yang lezat. Namun, tentu meyakinkan calon pembeli bukanlah perkara mudah.
Hal yang dialami good! SNACKS dapat dikatakan sebagai bukti betapa besarnya dampak kata-kata bagi usaha kecil. Pasalnya, produsen nutrition bar di California ini melihat penjualannya meroket setelah mulai fokus pada konten marketing.
Blog yang dimiliki bisnis ini memberikan berbagai informasi kepada konsumen yang amat memperhatikan kesehatan, mulai dari pemenuhan vitamin dan mineral hingga cara membuat kebun sendiri.
Baca Juga: Kenali Strategi Digital Marketing yang Bisa Diterapkan UMKM
Sementara itu, mereka juga terus membagikan cerita tentang bagaimana konsumen menyukai produk mereka di media sosial. Pada saat yang sama, mereka juga selalu menyediakan informasi lengkap tentang di mana produk mereka dapat dibeli.
Mint konten memainkan peran dalam pertumbuhan bisnis
Mint merupakan perusahaan yang menawarkan jasa pengelolaan keuangan pribadi. Bisnis yang diluncurkan pada 2006 ini membantu para penggunanya untuk melacak pengeluaran mereka.
Bisnis ini maju pesat dan segera diakuisisi oleh Intuit dengan nilai 170 juta dolar. Usut punya usut, konten marketing campaign yang dibuat oleh bisnis ini memainkan peran besar bagi pertumbuhannya.
Mint Life, blog milik Mint, memberikan dampak signifikan. Selain menampilkan testimoni konsumen, blog ini juga membagikan artikel tentang pembuatan bujet, work-life balance, serta alat ataupun trik untuk meningkatkan kualitas hidup secara umum.
Uber membangun citra brand melalui video YouTube
Berbicara tentang Uber hari ini tentu saja perusahaan yang satu ini sudah tidak tergolong ke dalam bisnis kecil lagi. Akan tetapi, bisnis ini pun dimulai dari bawah.
Terlepas dari berbagai faktor pendukung lain, konten marketing merupakan salah satu aspek yang mendorong Uber menjadi satu dari sekian banyak aplikasi praktis terkemuka.
Salah satu perkembangannya yang sangat signifikan dapat dilihat pada 2014 dan 2015. Pada 2014, Uber menerima pemesanan kotor sejumlah 2,96 miliar dolar yang meningkat signifikan dalam pertengahan tahun berikutnya menjadi 3,63 miliar dolar.
Video YouTube Uber disebut-sebut sebagai pendorong penting bagi keberhasilan tersebut. Melalui video-video YouTube-nya, Uber menunjukkan value yang diusung sambil menggaet konsumen yang tertarik dengan jasa mereka.
Baca Juga: Ubah Tampilan Social Media Bisnis dengan Aplikasi Edit Video
Kesimpulan
Ada banyak faktor yang memengaruhi kemajuan serta pertumbuhan bisnis, salah satunya strategi pemasaran yang tepat. Kampanye pemasaran berikut konten yang kamu buat ternyata berperan signifikan bagi pertumbuhan bisnis.
Terbukti, bisnis-bisnis di atas dapat lebih berkembang setelah lebih fokus terhadap konten kampanye marketing. Adapun konten yang kamu pilih bisa disesuaikan dengan bisnis, kuncinya memberi value kepada konsumen.
Begitu pula dengan platform, kamu bisa memanfaatkan blog, Instagram, Twitter, YouTube, ataupun TikTok. Selain itu, kamu pun dapat menjalankan kampanye pemasaran melalui style="text-decoration:none;">email dan SMS. Kembali lagi, pilihlah yang paling sesuai dengan bisnismu!
Kunci utama lainnya adalah konsistensi. Jalankanlah kampanye pemasaran tersebut secara konsisten. Dengan demikian, bisnis milikmu dapat makin dikenal serta masuk ke dalam top of mind konsumen.