Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Survival Kit Bisnis Kecil di Masa Pandemi COVID-19

     

    Pandemi COVID-19 yang sedang terjadi saat ini, berhasil memaksa perekonomian dunia berhenti berputar. Dampak ekonomi serta pemulihannya mungkin akan berlangsung selama berbulan-bulan, dan bahkan berpotensi bertahun-tahun.

     

    Prioritas utama semua orang selama pandemi ini adalah untuk menjaga diri tetap aman dan sehat, tetapi sebagai pemilik bisnis kecil, menjaga kesehatan usahamu tentu sama pentingnya.  

     

    Sejalan dengan usaha pemerintah dan pihak-pihak lain yang bergerak untuk menyelamatkan berbagai area di sektor ekonomi, penting untuk memahami survival kit yang bisa membantumu menyelamatkan bisnis kecil yang kamu kelola. 

    Baca Juga: Wajib Tahu! Cara Mendapatkan Bantuan UMKM untuk Usahamu

    Dukungan Pemerintah

    Dikutip dari situs Kemenkeu, pemerintah menyiapkan kebijakan yang ditujukan untuk melindungi masyarakat yang penghasilannya berkurang atau hilang akibat pandemi COVID-19, termasuk sektor UMKM.

     

    Berikut adalah kebijakan yang dibuat pemerintah bersama BI dan OJK:

    • Penundaan pembayaran pokok dan bunga untuk semua skema KUR yang terdampak COVID-19 selama 6 bulan.
    • Pemberian keringanan dan/atau penundaan pembayaran kredit atau leasing sampai dengan Rp10 miliar, termasuk untuk UMKM dan pekerja informal, maksimal 1 tahun.
    • Restrukturisasi kredit melalui peningkatan kualitas kredit/pembiayaan menjadi lancar, dapat diterapkan Bank tanpa batasan plafon kredit.
    • Anggaran Kartu Prakerja dinaikkan dari Rp10 triliun menjadi Rp20 triliun untuk 5,6 juta orang yang terkena PHK dan pelaku UMKM yang terdampak COVID-19. Penerima manfaat menerima insentif pasca pelatihan Rp600 ribu, dengan biaya pelatihan Rp1 juta dan insentif survei kerja Rp150 ribu.

    Kebijakan Internal Bisnis

    Selain faktor eksternal berupa dukungan dari pemerintah, secara garis besar, ada dua poin besar di internal yang bisa kamu upayakan dalam usaha menjaga keberlangsungan bisnismu di saat genting seperti sekarang ini. Yang pertama adalah hal-hal yang perlu kamu lakukan untuk menjaga bisnismu tetap berjalan dan sekaligus menjaga pelanggan.

     

    Gunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram untuk menceritakan aktivitas bisnismu, ingatkan orang tentang layanan atau produkmu, dan unggah cerita-cerita yang menghangatkan hati. Ingat, di saat-saat seperti ini, usahakan untuk tetap menampilkan kesan positif.

     

     

     

    Beri tahu pelangganmu mengenai situasi bisnismu saat ini, terutama jika mereka sangat mengandalkan layananmu dan bisnismu mengalami masalah, apa pun itu. Jaga sikap positif dan beri tahukan tentang solusi yang sedang kamu usahakan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

     

    Alihkan bisnismu ke platform digital. Baik itu melalui website, media sosial, pengiriman email ke pelanggan, atau bahkan live chat jika memungkinkan.

     

    Poin besar yang kedua adalah memberi dukungan ke lingkungan, masyarakat, dan bisnis lain di sekitar lokasi bisnismu berada.

     

    Dalam masa-masa ini, mungkin sulit rasanya untuk memikirkan orang lain, terutama ketika kamu sedang mencoba menyelamatkan bisnismu sendiri. Tetapi ingatlah mereka yang ada di sekitarmu, dan tak ada salahnya untuk menunjukkan dukungan kepada siapa pun dan kepada semua orang yang membutuhkannya.

     

    Misalnya, membantu orang-orang tua dan golongan rentan. Saat-saat seperti ini akan terasa lebih sulit bagi mereka yang tidak dapat meninggalkan rumah karena alasan kesehatan, jadi jika memungkinkan, berikan uluran tangan dengan menawarkan untuk membelikan bahan makanan atau obat-obatan bagi siapa pun yang ada di lingkungan sekitarmu.

     

    Saat ini, kita semua tidak tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang. Tetapi, kamu bisa mendukung sesama bisnis kecil yang ada di sekitar lokasi bisnismu. Misalnya, jika biasanya kamu membeli bahan makanan untuk kedaimu di distributor besar, cobalah untuk sesekali membelinya di grosir kecil di dekat kedaimu. Dengan cara ini, kamu juga bisa membantu bisnis lain tetap bertahan.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Menilik Kaitan Barista Cakep dengan Penjualan Coffee Shop
    Barista yang cakep mungkin jadi salah satu alasan konsumen datang ke coffee shop. Namun, hal ini bukanlah satu-satunya cara meningkatkan penjualan.
    Ide Promosi Tahun Baru sebagai Customer Loyalty Program
    Memberikan promosi tahun baru adalah hal yang sudah biasa dilakukan pebisnis. Bagaimana bila ide tersebut digabungkan dengan customer loyalty program?
    dr. Tirta, Sosok di Balik Cemerlangnya Bisnis Shoes and Care
    Tahukah kamu, dr. Tirta mengawali bisnis Shoes and Care dari sepetak kamar kos? Kini usaha tersebut sudah meraup omzet miliaran rupiah.
    Bikin Konten Bisnis untuk Tingkatkan Omzet Usaha? Hayuk!
    Konten bisnis seperti apa yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan omzet usaha? Platform apa yang sebaiknya dipilih untuk melakukannya?