Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Intip Kunci Transformasi Digital untuk Usaha Kecil Di Sini!

    Transformasi digital dapat menjadi strategi untuk meningkatkan efisiensi operasional bisnis.

    Transformasi digital atau digital transformation sangat penting bagi bisnis. Terlepas dari besar atau kecil skala bisnismu, digital transformation perlu kamu lakukan bila ingin tetap relevan dan kompetitif di pasar saat ini. 

    Namun, bagi usaha kecil dengan bujet terbatas, menerapkan digital transformation tentu bukanlah hal mudah. 

    Mengingat pemanfaatan teknologi bisa meningkatkan efisiensi, menurunkan biaya, meningkatkan produktivitas, hingga meningkatkan customer experience yang berujung menambah profit, tentu kamu tetap perlu mengupayakan transformasi tersebut.

    Baca juga: Kelola Inventori Demi Tingkatkan Customer Experience

    Transformasi digital tidak perlu rumit agar efektif. Kamu bisa menyederhanakan implementasinya dengan fokus pada inisiatif yang dapat menghasilkan return of investment (ROI) tertinggi. 

    Berikut ini, beberapa strategi kunci utama yang perlu kamu fokuskan agar proses digital transformation berhasil.

    Dorong Terciptanya Kolaborasi

    Sebagian besar inisiatif digital transformation bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan menciptakan organisasi bisnis yang mengutamakan pelanggan. 

    Sehubungan dengan hal tersebut, memastikan seluruh tim internal dapat berkolaborasi merupakan kunci keberhasilan. Kamu perlu melibatkan semua tim di dalam bisnis sehingga mereka dapat berkontribusi pada inisiatif yang sedang dijalankan. 

    Biar bagaimanapun digital transformation tidak dapat diperlakukan sebagai proyek teknologi informasi semata. Sebaliknya, perubahan besar sering kali membutuhkan transformasi mendasar dari struktur bisnis dan budayanya.

    Memberdayakan Tim dengan Data

    Data adalah kunci untuk mendorong keputusan bisnis yang akurat. Kamu perlu fokus menggunakan teknologi yang memungkinkan tim memperoleh insight dari berbagai kumpulan data. Tim bisnismu dapat menggunakan insight secara produktif untuk mendorong pertumbuhan bisnis.

    Analisis data yang akurat sangat penting dalam digital transformation yang dilakukan oleh usaha kecil.

    Insight yang akurat dapat membantumu lebih memahami apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pelanggan, mitra, dan tim. Dengan demikian, kamu dapat merancang produk dan sistem yang paling relevan untuk meningkatkan efisiensi dan meningkatkan penjualan.


    Saat memilih digital tools, pastikan penyedia layanan berpengalaman menangani usaha kecil.

    Libatkan Semua Level di Organisasi Bisnis

    Transformasi digital yang sukses membutuhkan fondasi yang kuat dengan menciptakan budaya yang tepat di perusahaan. Karena itu, digital transformation perlu dukungan karyawan di semua tingkatan. 

    Jika bisnismu sudah memiliki struktur organisasi yang bertingkat, pastikan setiap orang di berbagai level terlibat dalam proses transformasi ini.

    Di samping itu, kamu juga perlu mengatasi kekhawatiran karyawan. Umumnya, banyak orang merasa terancam oleh pengenalan teknologi dan otomatisasi. Faktanya, 27% pemilik UKM menyebutkan bahwa penolakan tim terhadap perubahan merupakan tantangan utama saat menerapkan digital transformation.

    Untuk mendapatkan dukungan internal, beri tahu karyawan tentang manfaat digital transformation. Tunjukkan peran online tools dalam membantu meringankan pekerjaan karyawan dan meningkatkan produktivitas. 

    Selain itu, berikan pelatihan yang diperlukan untuk tim. Dengan begitu, mereka akan merasa berdaya untuk menggunakan teknologi secara efektif dalam mencapai tujuan karier.

    Memastikan Integrasi Sistem yang Seamless

    Transformasi digital juga bertujuan untuk merampingkan operasional dan mengotomatiskan alur kerja. Jadi, semua sistem bisnis perlu terhubung satu sama lain dengan lancar.

    Saat kamu menghubungkan aplikasi bisnis, misalnya keuangan, eCommerce, dan kasir, kamu mengubahnya menjadi platform yang dapat dioperasikan sekaligus sehingga tak ada lagi barier dalam alur kerja dan bisnis pun jadi lebih fokus pada pelanggan atau customer oriented.

    Komputasi berbasis cloud akan mempermudah bisnis kecil mengintegrasikan berbagai perangkat lunak untuk membuat operasional makin efisien. 

    Menariknya, kini kamu tak perlu repot membuat sistem sendiri sebab sudah ada aplikasi point of sale (POS) lengkap yang menyediakan sistem terintegrasi, mulai dari kasir hingga pelaporan keuangan atau pengelolaan toko di marketplace.

    Pilih Penyedia Tools yang Berpengalaman Menangani UKM

    Seperti telah disebutkan dalam poin sebelumnya, kini sudah ada alat bantu yang memungkinkan pemilik usaha kecil melakukan digital transformation tanpa harus benar-benar membuat sistem sendiri dari nol, salah satunya penggunaan aplikasi POS.

    Di pasaran terdapat banyak penyedia layanan aplikasi POS. Sebagai bisnis yang masih bertumbuh kamu perlu cermat. Pastikan kamu memilih penyedia layanan yang memang berpengalaman dalam menangani serta membantu UKM untuk maju. 

    Apalagi jika kamu bisa memilih penyedia aplikasi POS yang memang fokus mendorong pertumbuhan UMKM seperti majoo. Jadi, kamu akan menemukan fitur-fitur yang dibuat sederhana, tetapi relevan dengan kebutuhan usaha kecil. 

    Kapan lagi bisa memanfaatkan digital tools yang praktis dan mendukung kenaikan profit? Mau tahu lebih lanjut tentang majoo? Klik di sini, ya!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Pentingnya Manajemen Inventory yang Efektif Bagi UMKM
    Manajemen inventory merupakan bagian krusial dari menguntungkan atau tidaknya sebuah bisnis, terlebih bagi UMKM.
    Awas! Jangan Coba-Coba Bisnis Kopi Sebelum Tahu 5 Hal Ini!
    Sempat diprediksi bakal meredup, bisnis kedai kopi nyatanya justru semakin merebak. Layakkah terjun ke bisnis kedai kopi?
    Tampilan Dashboard Baru dari majoo Hadir Memudahkan Bisnismu
    Tampilan dashboard baru majoo tidak hanya lebih rapi dan modern, tetapi menghadirkan fungsionalitas yang lebih optimal. Yuk, cari tahu highlight fiturnya!
    Pro Kontra Program Loyalty Pelanggan
    Sebelum mengimplementasikan program loyalitas pelanggan, pelajari dulu pro dan kontranya untuk bisnismu.