Aspek Pemasaran yang Harus Diperhatikan dalam Bisnis

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail

Aspek pemasaran merupakan elemen penting yang membantu bisnis menjangkau target pasar mereka dengan lebih efektif

Aspek pemasaran merupakan elemen penting yang membantu bisnis menjangkau target pasar mereka dengan lebih efektif. Aspek-aspek ini mencakup diferensiasi produk, segmentasi pasar, analisis kompetitor, promosi, dan analisis pasar.

Aspek-aspek Utama Pemasaran dalam Bisnis

Detil Produk dan Diferensiasi Produk

Faktor pemasaran pertama yang perlu kamu pahami adalah detil komprehensif dari sebuah produk. Produk bisa berupa barang atau layanan yang ditawarkan di pasar untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Setiap kebijakan yang berkaitan dengan produk dalam konteks pemasaran ini melibatkan tawaran fisik, merek, kemasan, garansi, dan layanan purna jual.


Pembaharuan produk bisa diimplementasikan setelah memahami keinginan dan kebutuhan pasar. Setelah isu ini terselesaikan, keputusan seputar harga, distribusi, dan promosi dapat diambil. Selain itu, produk tidak selalu berarti barang, karena produk juga bisa berarti jasa.


Jasa adalah aktivitas atau pekerjaan yang ditawarkan kepada pihak ketiga yang bersifat tak berwujud dan tidak akan berubah kepemilikannya. Produksi ini bisa berhubungan atau tidak berhubungan dengan produk fisik. Detail produk ini dapat dilihat dari kondisi pasar yang ada dengan menganalisis faktor pemasaran lainnya.


Nah, pasar di sini berarti sekelompok calon pembeli produk dan merek. Jadi, ada hubungan yang kuat antara pasar dan produk yang ditawarkan oleh penjual atau perusahaan. Untuk itu, segmen pasar dari suatu produk sangat penting agar produk yang ditawarkan sesuai dengan yang diinginkan oleh pasar.


Di sini, kita akan membahas faktor pemasaran dalam hal perbedaan produk atau diferensiasi produk. Jadi, diferensiasi produk adalah konsep mendasar yang perlu diketahui oleh penjual dalam menentukan berbagai motif pembelian yang selektif.

Chamberlin menjelaskan bahwa kumpulan barang yang dijual harus berbeda jika ada beberapa faktor penting yang mampu membedakan barang tersebut dari penjual barang lainnya. Faktor-faktor ini sangat penting karena nantinya akan memicu selera yang berbeda pada setiap pembeli.

Segmentasi Pasar

Analisis pemasaran pada detail produk dan diferensiasi produk dilakukan berdasarkan pemisahan atau spesialisasi pada beberapa produk. Oleh karena itu, segmentasi pasar harus dilakukan berdasarkan spesialisasi atau pemisahan pada calon konsumen di pasar.


Sulit untuk perusahaan saat memasarkan produknya tanpa mengetahui segmentasi pasar karena karakteristik pasar yang heterogen. Dalam kasus seperti ini, perusahaan harus mampu menentukan beberapa segmen pasar, dan mengalokasikan berbagai sumber segmen tersebut. Segmentasi pasar dalam hal ini adalah aktivitas mengelompokkan pasar yang heterogen dari suatu produk ke dalam beberapa unit pasar yang homogen.


Jadi, perusahaan dapat membagi pasar menjadi beberapa segmen tertentu yang setiap segmen tersebut memiliki karakteristik homogen. Hal ini tentunya karena dalam realitas masih ada beberapa produk yang memiliki karakteristik heterogen di semua pasar, atau produk tersebut hanya dibutuhkan oleh beberapa kelompok pasar tertentu saja.


Homogenitas pada setiap segmen disebabkan oleh diferensiasi dalam cara atau metode pembelian, dalam cara menggunakan produk, kebutuhan penggunaan, alasan mengapa harus membeli, tujuan membeli, dan banyak lagi. Jadi, segmentasi dalam konteks ini adalah proses menyeluruh di mana perusahaan harus memperhatikan pembelian dari setiap segmen.

Analisis Pasar dan Perkiraan Permintaan

Analisis faktor pemasaran ini melibatkan analisis pasar. Analisis pasar adalah salah satu langkah yang harus dilakukan dalam merencanakan strategi yang sesuai dengan kondisi pasar untuk menangkap peluang yang ada dan mengembangkan bisnis lebih jauh.