Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • Asuransi Adalah: Pengusaha Wajib Punya Asuransi, Kamu Harus Tahu!

    Asuransi Adalah: Pengusaha Wajib Punya Asuransi, Kamu Harus Tahu!

    Asuransi bisnis bukan hanya penting bagi bisnismu, tetapi juga demi keselamatan karyawan yang bekerja untukmu.

    Bagi kamu yang sudah memiliki asuransi, mungkin sudah merasakan manfaatnya terhadap diri sendiri, keluarga, rumah, dan kendaraan, ya?

    Singkatnya, asuransi adalah salah satu bentuk pengendalian risiko secara finansial yang dilakukan dengan cara mengalihkan risiko dari satu pihak ke pihak lain.

    Apakah majoopreneurs tahu ada asuransi bisnis? Atau justru baru mengetahuinya setelah membaca artikel ini?

    Asuransi bisnis merupakan salah satu produk yang dikhususkan untuk melindungi bisnis. Produk ini memiliki berbagai manfaat seperti pengalihan risiko serta pengumpulan dana dan premi yang seimbang.

    Tambahannya ternyata banyak. Asuransi juga dapat merangsang pertumbuhan bisnis, mencegah kerugian, memiliki manfaat sosial, pengendalian kerugian, dan bisa dimanfaatkan juga sebagai tabungan.

    Manfaat asuransi bagi bisnis mungkin belum banyak diketahui. Alasannya, orang-orang lebih mengenal manfaat asuransi untuk kesehatan dan jiwa saja. Kalau memiliki kendaraan dan rumah, bisa juga diasuransikan.

    Asuransi bisnis sendiri bertujuan untuk melindungi atau mengurangi risiko kerugian finansial yang akan kamu tanggung ketika sesuatu risiko terjadi pada bisnismu.

    Sekarang, mari lanjut membaca artikel ini, ya, Majoopreneurs!

    Baca Juga: Hal-hal Menarik Mengenai Credit Analyst 

    Apa Itu Asuransi Bisnis?

    Asuransi bisnis adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan dan pengendalian risiko untuk usaha kamu. 

    Seperti sudah disebutkan di atas, produk perlindungan ini memiliki manfaat seperti pengalihan risiko dan pengumpulan dana.

    Dengan memiliki asuransi, kamu tidak perlu takut akan menanggung kerugian yang terjadi. Bisnis tetap dapat berjalan lancar tanpa perlu ada rasa cemas berlebihan, bukan?

    Asuransi bisnis berfungsi melindungi usaha yang kamu jalankan dari kemungkinan merugi secara keuangan di masa depan.

    Hal ini seiring dengan kemungkinan untung atau rugi yang selalu mengikuti ketika kamu menjalankan sebuah bisnis. 

    Pada umumnya, asuransi jenis ini menjadi bagian dari asuransi umum dengan pertanggungan risiko yang memberikan penggantian akibat berbagai risiko.

    Risiko asuransi yang dimaksud antara lain kerugian, kerusakan, biaya yang timbul, dan kehilangan keuntungan.

    Atau termasuk juga tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin diderita pemegang polis karena terjadinya suatu peristiwa yang tidak diinginkan.

    Sebagai pengusaha, kamu mendapatkan dua jenis proteksi. Pertama adalah asuransi jiwa untuk melindungi kesehatan kamu, keluarga, dan para karyawan. 

    Kedua adalah asuransi properti untuk menanggung kemungkinan musibah seperti kebakaran, pencurian, hingga bencana lainnya.

    Manfaat Asuransi Bisnis

    Sekarang majoo jabarkan beberapa manfaat asuransi bisnis untuk usaha yang sedang kamu jalankan, ya. 

    1. Perlindungan Terhadap Risiko

    Kamu pasti setuju jika salah satu manfaat terbesar dari asuransi adalah mampu memberikan perlindungan terhadap risiko kerugian finansial yang diakibatkan oleh suatu kejadian atau musibah tertentu.

    Setiap usaha tentu saja memiliki tingkat risiko, baik yang besar, sedang, atau kecil. Nah, jika faktanya kamu mengalami kerugian, maka mau tidak mau kamu harus siap menanggung kerugiannya.

    Jika kerugiannya kecil, mungkin kamu tidak akan terlalu dipusingkan. Tapi, bagaimana jika kerugiannya besar bahkan membuat kamu mengalami bangkrut? Kamu siap? Tenang saja, hal itu tidak akan terjadi jika kamu menggunakan asuransi. 

    Sadarilah bahwa kita tidak pernah tahu akan seperti apa kondisi hidup dan bisnis di masa depan. Apakah akan berjalan mulus sesuai rencana, atau justru ada rintangan yang harus dihadapi dan memberikan dampak terhadap kondisi finansial?

    Umumnya, para pengusaha menggunakan asuransi bisnis untuk properti. Jadi, asuransi digunakan untuk melindungi aset yang dimiliki perusahaan tersebut.

    Misalnya risiko pencurian aset, kebakaran, bencana, dan lain sebagainya.

    Dengan adanya perlindungan asuransi pada bisnis kamu maka keamanan kegiatan bisnis pun juga akan lebih terjamin.

    Oleh karena itu, berbagai jenis asuransi ini hadir untuk memberikan rasa aman dan tenang bagi para pemegang polis ketika harus menghadapi suatu risiko finansial.

    2. Memudahkan Pengelolaan Uang

    Mungkin banyak orang yang masih tidak menyadari jika ternyata salah satu manfaat asuransi adalah dapat memudahkan kamu dalam mengelola keuangan.

    Masalahnya, kebanyakan dari para pelaku bisnis akan sulit mengumpulkan uang apalagi dengan nominal besar untuk tujuan yang tidak pernah direncanakan atau tidak pernah terlintas dalam pikiran.

    Sementara, musibah seperti sakit, kecelakaan, kematian, hingga kebakaran adalah beberapa contoh kondisi yang tentunya tidak bisa kita atur waktu terjadinya.

    Itu sebabnya, asuransi dinilai sangat penting karena dapat membantu kamu mengelola dan mengumpulkan sejumlah dana untuk menanggung risiko kerugian finansial dari kondisi-kondisi tidak terduga tersebut.

    3. Memberikan Perlindungan Bisnis

    Jika mungkin selama ini kamu baru mengetahui bahwa asuransi hanya sebatas memberikan manfaat untuk melindungi diri kita, tunggu sampai kamu merasakan manfaatnya.

    Kamu pasti tahu bahwa asuransi juga memiliki beragam jenis produk dan masing-masing jenis itu menawarkan manfaat yang berbeda-beda pula, termasuk salah satunya untuk melindungi bisnis yang sedang kamu jalani.

    Ketika kamu memilih dan membeli produk asuransi bisnis, maka kamu dapat memberikan perlindungan lebih terhadap kelangsungan bisnismu agar tidak mengalami risiko kerugian besar yang dapat mempengaruhi arus kas perusahaan.

    4. Membuat Pondasi Bisnis yang Kuat

    Dengan memiliki asuransi usaha, kamu tidak perlu pusing karena harus memikirkan risiko bisnis yang akan terjadi. 

    Risiko akan ditanggung oleh pihak asuransi hingga secara tak langsung membuat pondasi bisnis kamu lebih kuat dan membuatmu tenang saat menjalankan bisnis.

    Jadi, upaya mempertahankan bisnis akan berbuah manis jika kamu mempersiapkan dengan baik dan matang untuk melakukan pencegahan serta penanganan risiko tersebut.

    5. Jaminan Pengiriman Barang

    Sudah semakin banyak bisnis yang berhubungan dengan pengiriman barang. Salah satunya adalah bisnis di bidang perdagangan.

    Asuransi penting sekali bagi bisnis di bidang perdagangan ini, Majoopreneurs. 

    Alasannya adalah karena bisnis di dunia perdagangan merupakan salah satu bisnis dengan tingkat risiko yang tinggi dan bahkan paling sering mengalami kerugian saat proses pengiriman.

    Risiko yang sering terjadi adalah kerusakan dan kehilangan saat proses pengiriman barang. 

    Nah, dengan memiliki asuransi bisnis, kamu tidak perlu pusing, Majoopreneurs. Risiko akan menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi, termasuk menanggung barang yang rusak atau hilang.

    6. Menjadi Pengusaha yang Lebih Berani

    Kamu harus menyadari bahwa ketika menjalani proses membangun bisnis, banyak sekali risiko yang dapat terjadi. Terlebih, jika bisnis yang kamu bangun termasuk besar tentunya akan memiliki tingkat risiko yang besar pula.

    Kamu memerlukan sebuah produk asuransi untuk melindungi atau mengurangi tingkat kerugian yang akan kamu tanggung.

    Dengan begitu, asuransi menjadi salah satu alasan secara tidak langsung yang membuat kamu menjadi pengusaha yang lebih berani.

    Jenis-Jenis Asuransi Bisnis

    Yuk, sekarang majoo ajak kamu mengenal jenis asuransi yang bisa melindungi bisnismu. 

    Ada produk asuransi bisnis apa saja yang bisa kamu pilih sebagai proteksi untuk usaha kamu? Berikut adalah pilihan dan penjelasannya:

    1. Asuransi Tanggung Gugat

    Asuransi tanggung gugat atau public liability dapat membantu melindungi usahamu dari tuntutan pihak ketiga bila terjadi risiko kerugian atau kecelakaan terhadap orang lain akibat produk yang kamu jual.

    Contohnya, nih, seorang konsumen membeli produk makanan yang kamu jual. Kemudian konsumen tersebut mengalami keracunan setelah mengkonsumsinya dan menuntut bisnismu.

    Nah, asuransi tanggung gugat ini akan memberikan perlindungan dalam bentuk ganti rugi biaya hukum yang timbul akibat tuntutan pihak ketiga tersebut.

    2. Asuransi Properti

    Asuransi properti berfungsi melindungi gedung atau tempat usaha kamu, baik yang dimiliki sendiri maupun sewa.

    Tak hanya fisik gedungnya, asuransi ini juga mencakup pertanggungan terhadap isinya, seperti peralatan, perabotan, hingga inventaris bisnismu.

    Risiko yang bisa dijamin umumnya akibat pencurian dan kebakaran. Perlu kamu catat, sebagian besar perusahaan asuransi tidak menanggung risiko bencana alam seperti banjir dan gempa bumi.

    3. Asuransi Kompensasi Pekerja

    Asuransi kompensasi pekerja atau workmen compensation berguna untuk memberikan perlindungan terhadap karyawan. Jenis asuransi ini lebih dikenal sebagai asuransi karyawan.

    Perusahaan asuransi akan menanggung biaya-biaya kompensasi pekerja seperti perawatan medis, cacat, melahirkan, atau pun meninggal dunia.

    4. Asuransi Gangguan Bisnis

    Risiko yang dapat terjadi pada bisnis yang kamu jalankan tentunya dapat menimbulkan gangguan tanpa bisa diduga sebelumnya.

    Gangguan ini bisa bersifat serius hingga menyebabkan kehilangan pendapatan karena karyawan tidak dapat bekerja sesuai tugasnya dengan baik atau pun produksi yang terhambat.

    Asuransi gangguan bisnis memberikan pertanggungan atas gangguan bisnis yang dapat menyebabkan hilangnya pendapatan dalam kurun waktu tertentu.

     Gedung, karyawan, inventaris adalah hal yang bisa dijaga oleh asuransi bisnis agar kamu tenang dalam menjalankan usaha tanpa harus pusing memikirkan cara melindungi aset berhargamu.

    Peran Asuransi Bagi Bisnis

    Peran asuransi bagi bisnis dan perusahaan pun sangat penting dan strategis. Tidak hanya bagi karyawan yang diasuransikan, tetapi juga pada jalannya perusahaan tempatnya bekerja.

    Berikut dua poin penting dari peran asuransi bagi bisnismu:

    • Meningkatkan produktivitas dan loyalitas karyawan pada perusahaan. Tentunya karena karyawan merasa diperhatikan oleh perusahaan. Ketika mengalami sakit, misalnya, karyawan dapat segera kembali produktif karena mendapatkan perawatan kesehatan maksimal.
    • Perusahaan pun sebenarnya jauh lebih menghemat dan efisien. Hal ini karena perusahaan tidak perlu membuang waktu memegang tanggung jawab pengelolaan dana kesehatan karyawannya sendiri. 

    Contoh Asuransi Bisnis di Indonesia

    Sudah siap untuk melindungi bisnismu, Majoopreneurs? Ada beberapa contoh pilihan asuransi bisnis di Indonesia yang bisa kamu miliki.

    1. Adira Insurance

    Adira Insurance menawarkan beberapa produk asuransi untuk usaha milikmu. Salah satu yang pastinya kamu butuhkan adalah asuransi harta benda karena dapat melindungi berbagai aset penting dalam perusahaan.

    Harta benda dalam bisnis yang mendapat perlindungan asuransi antara lain berupa bangunan, gedung, mesin-mesin maupun stok barang.

    Jika kamu memiliki karyawan, kamu bisa memberikan Asuransi Kesehatan Medicillin bagi karyawan perusahaanmu dalam bentuk Employee Benefit.

    Atau kamu juga bisa memilih Asuransi Corporate Travel berupa produk asuransi yang memberikan perlindungan menyeluruh untuk karyawan ketika sedang melakukan perjalanan bisnis.

    2. Allianz Indonesia

    Allianz juga menawarkan produk asuransi bisnis yang bisa kamu pilih, Majoopreneurs. Allianz memiliki produk Allianz UsahaKu.

    Asuransi ini memberikan perlindungan terhadap kerusakan pada tempat usaha mulai dari toko, salon, penginapan, kantor kurang dari 6 lantai, rumah sakit atau klinik, dan berbagai tempat usaha lainnya.

    Pertanggungan diberikan untuk kerusakan gedung akibat kebakaran, petir, halilintar, kebakaran di bawah tanah, kejatuhan pesawat terbang, dan asap.

    Selain itu, asuransi ini juga memberikan ganti rugi untuk kerusakan akibat kerusuhan, huru-hara, pemogokan, terorisme dan sabotase, kerusakan akibat perbuatan jahat, gempa bumi, longsor, dan lainnya yang bisa ditanyakan kepada agen asuransinya.

    3. Askrindo Asuransi Tanggung Gugat

    Asuransi Askrindo yang satu ini cocok untuk kamu yang punya bisnis seperti hotel, rumah sakit, atau pusat perbelanjaan. 

    Selain bisnisnya, asuransi ini juga melindungi profesi seperti dokter, pengacara, arsitek, direktur.

    Jenis perlindungan asuransi ini termasuk Public Liability, Employers Liability, Comprehensive General Liability, D & O Liability, Professional Indemnity, dan Asuransi Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara.

    Kerugian material akibat cedera badan jadi salah satu manfaat dari asuransi ini.

    Kamu juga bisa menambahkan manfaat tambahan seperti penggantian biaya perkara, penggantian biaya pendampingan pengadilan, tuntutan atas kehilangan keuntungan, dan tuntutan atas kerugian keuangan.

    4. AXA Indonesia

    Untuk Majoopreneurs yang memilih asuransi bisnis dari AXA Indonesia, mereka memberikan solusi asuransi untuk bisnis yang tepat untuk mengelola risiko-risiko.

    AXA Indonesia memiliki produk asuransi mulai untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sampai dengan perusahaan besar.

    Produk asuransi bisnis yang ditawarkan terdiri dari empat jenis: 

    1. Asuransi Kesehatan sebagai perlindungan asuransi kesehatan bagi karyawan,
    2. Asuransi Proteksi sebagai perlindungan asuransi untuk investasi dan bisnis dari berbagai risiko, 
    3. Asset Management dalam bentuk reksadana sebagai solusi investasi dengan potensi imbal hasil yang optimal, 
    4. serta Asuransi Umum berupa paket perlindungan asuransi kesehatan bagi karyawan.

    Baca Juga: Kenalan dengan Sales Funnel dan Contohnya, Yuk! 

    Kesimpulan

    Asuransi bukan hanya memberikan manfaat dalam hal jaminan atas perlindungan risiko bisnis, tapi juga bisa menjadi pondasi yang dapat memperkuat bisnis itu sendiri.

    Dengan asuransi bisnis, kamu dapat lebih fokus mengembangkan bisnis tanpa harus memikirkan berbagai risiko finansial bisnis. Hilang satu kekhawatiran, ya, Majoopreneurs.

    Setelah memiliki asuransi, kamu dapat lebih tenang dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis.

    Bisnis yang sudah terlindungi akan berjalan dengan lebih teratur karena segala kemungkinan risiko sudah diantisipasi. Kamu juga akan tenang dalam menjalankan bisnis setelah membaca aneka artikel seputar UMKM yang sudah majoo siapkan, lo!

    Agar bisa membuat bisnis kamu berjalan lancar, jangan lupa satu hal, ya. Kamu juga harus melakukan antisipasi terhadap cash flow bisnis. Pastikan bahwa bisnis kamu selalu memiliki arus kas yang sehat, ya, Majoopreneurs.

    Pertanyaan Terkait

    • Jenis-jenis asuransi bisnis antara lain: (1) Asuransi Tanggung Gugat, (2) Asuransi Properti, (3) Asuransi Kompensasi Pekerja, (4) Asuransi Gangguan Bisnis
    • Jenis-jenis asuransi bisnis antara lain: (1) Asuransi Tanggung Gugat, contohnya Askrindo Asuransi Tanggung Gugat; (2) Asuransi Properti, misalnya Allianz UsahaKu (3) Asuransi Kompensasi Pekerja, misalnya Asuransi Kesehatan Medicillin, (4) Asuransi Gangguan Bisnis, misalnya Allianz UsahaKu.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Sistem, Tujuan, Ciri-ciri, dan Contoh Bisnis MLM
    MLM adalah bisnis yang telah berlangsung lama dan tetap menarik perhatian masyarakat, meski dipandang negatif oleh sebagian orang. Kamu tertarik?
    Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang
    Contoh laporan keuangan perusahaan dagang bisa dianalogikan layaknya rapor untuk bisnismu, mulai dari laporan neraca perusahaan, dan laba rugi usaha.
    Ide Jualan Bulan Puasa yang Dijamin Cuan 2022!
    Selain menjadi bulan ibadah umat muslim, Ramadan 2022 juga banyak membawa peluang usaha. Temukan beragam ide jualan bulan puasa penuh cuan di sini!
    Bagaimana Cara Menentukan Biaya Overhead Pabrik?
    Biaya overhead pabrik digunakan untuk mengetahui rincian alokasi dana yang dikeluarkan agar pengeluaran produksi lebih efisien.