Table of Content

    Banner Adalah? Apa Saja Jenis dan Contohnya?

    Tujuan membuat banner untuk membangun brand awareness.

    Seiring berkembangnya zaman, banner menjadi salah satu media promosi yang paling sering digunakan untuk mengenalkan produk ke konsumen. Walaupun saat ini teknologi semakin berkembang, media promosi yang satu ini masih menjadi favorit para pebisnis untuk tujuan komersil. 

    Pada umumnya, banner tidak hanya ditempel di dinding tetapi dapat dipasang pada dudukan yang ringan sehingga dapat dengan mudah untuk dipindahkan. Untuk lebih mengetahui secara lengkapnya, berikut ini definisi, tujuan, contoh, hingga cara membuat banner yang perlu kamu ketahui.

    Apa Itu Banner?

    Definisi banner secara umum adalah salah satu media informasi non-personal yang memiliki pesan promosi yang bertujuan untuk menjual atau memperkenalkan suatu produk kepada konsumen.

    Definisi banner yang lain adalah sebuah media promosi yang dicetak menggunakan print digital dengan berbagai ukuran dan bentuk—potrait atau vertikal.

    Di era digital seperti saat ini, banner juga digunakan sebagai media promosi untuk website atau blog yang berisikan gambar dan teks.

    Penggunaan banner pada website atau blog biasanya disertai dengan link aktif. Tujuan link aktif ini agar para pengguna yang menekan tombol klik ini akan diarahkan pada website yang sedang dipromosikan.

    Pengertian Banner Menurut Para Ahli

    Adapun pengertian banner menurut para ahli, seperti berikut ini:

    1. Menurut Rachmat Kriyantono

    Rachmat Kriyantono mengatakan bahwa definisi banner adalah suatu bentuk komunikasi nonpersonal yang isinya untuk menyampaikan pesan atau menjual sebuah produk agar semakin banyak konsumen membeli produk dan membayar media yang digunakan.

    2. Darmadi Durianto

    Darmadi Durianto menjelaskan bahwa definisi banner adalah suatu proses komunikasi yang bertujuan untuk membujuk banyak orang untuk membeli dan menggunakan produk yang sedang diiklankan.

    Baca Juga: 10 Hal Penting Membuat E-Flyer yang Menarik

    Banner berfungsi sebagai penambah daya tarik untuk para konsumen.

    Fungsi Banner

    Saat ini jasa percetakan semakin diburu karena banyak pebisnis yang memesan banner untuk meningkatkan penjualan produknya. Sebelum memesan banner, sebaiknya ketahui beberapa fungsi banner, di antaranya adalah sebagai berikut:

    1. Menciptakan Brand Awareness

    Salah satu fungsi banner adalah menciptakan brand awareness. Di saat bisnis menggunakan media tersebut untuk media promosinya, secara tidak langsung konsumen akan membacanya. Namun jangan lupa untuk meletakkan banner di tempat yang strategis, ya.

    2. Sebagai Media Promosi

    Banner berfungsi sebagai media promosi. Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan bisnismu untuk desain dan ukurannya. Promosi yang ingin kamu sampaikan pun dapat disesuaikan dengan keinginan bisnismu sehingga konsumen tertarik untuk membeli dan menggunakan produk yang kamu tawarkan.

    3. Sebagai Media Informasi

    Banner merupakan salah satu media yang memberikan informasi yang cepat dan terarah. Kamu dapat memberikan penjelasan secara rinci. Misalnya, banner sebagai media informasi di puskesmas. Banner ini berisi informasi penyuluhan cara mencuci tangan yang baik atau informasi tentang COVID-19.

    4. Sebagai Dekorasi dan Penunjuk Arah

    Banner pun tak selamanya menjadi media promosi dan informasi saja. Banner bisa digunakan untuk dekorasi dan penunjuk arah. Misalnya, dekorasi pada sebuah event atau sebagai penunjuk arah di sebuah gedung bertingkat.

    Baca Juga: 9 Media Promosi Online Paling Efektif, Kamu Pilih yang Mana?

    Jenis-jenis Banner yang Perlu Kamu Ketahui

    Jenis-jenis banner sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Agar kamu tidak salah pilih, ketahuilah beberapa jenis banner seperti berikut ini.

    Jenis Banner Menurut Bentuknya

    Jenis banner juga terbagi menurut bentuknya. Apa saja bentuk dari banner ini? Penjelasannya ada di bawah ini, ya.

    1. Y Banner

    Y Banner adalah salah satu jenis banner. Yang bentuk tiang penyangganya menyerupai huruf Y. Pada umumnya tiang penyangganya terbuat dari bahan besi sehingga kokoh dan tidak mudah roboh.

    Y Banner adalah salah satu jenis banner yang bisa digunakan bisnis untuk memperkenalkan produknya di berbagai event. Penggunaannya cocok diletakkan di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

    2. X Banner

    Jenis banner satu ini berbentuk huruf X dengan dua tiang penyangga. Tiang penyangganya terbuat dari bahan alumunium ringan sehingga mudah dibawa kemana saja. X Banner dapat digunakan di event atau diletakkan di dalam ruangan. X Banner kurang cocok diletakkan di luar ruangan karena beratnya yang ringan dan mudah roboh jika tertiup angin.

    3. Mini X Banner

    Mini X Banner sama bentuknya dengan X Banner tetapi ukurannya lebih kecil. Jenis banner ini pada umumnya diletakkan di atas meja dan digunakan untuk mempromosikan suatu informasi, misalnya menu makanan atau jadwal acara.

    4. Roll Banner

    Roll banner adalah jenis banner berbentuk gulungan. Banner ini cukup kamu tarik dari sisi atas ke bawah sehingga terlihat secara keseluruhan.

    Roll banner memiliki beberapa ukuran, yaitu:

    • 80 x 200 cm
    • 85 x 200 cm
    • 120 x 200 cm
    • 15 x 200 cm

    Giant Banner

    Apabila kamu menginginkan banner yang berukuran besar, pilihlah giant banner. Jenis banner ini pada umumnya diletakkan di luar ruangan karena ukurannya cukup menyesakkan. Kamu bisa menemukan giant banner di pusat perbelanjaan atau luar perkantoran.

    Kamu perlu menyesuaikan isi banner dengan kepentingan perusahaan. Lokasi penempatan banner pun perlu diperhatikan agar bisa dilihat dengan jelas oleh orang yang sedang lewat di depan banner tersebut. 

    Jenis Banner Dilihat Ukurannya

    Untuk memudahkan pebisnis memilih media promosi dengan berbagai kebutuhan, salah satunya dengan mengetahui ukuran banner yang sesuai.

    Dilihat dari ukurannya, jenis banner dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

    1. Banner Ukuran Standar

    Jenis banner berukuran standar dipakai untuk kebutuhan iklan atau promosi. Contoh ukuran banner standar, antara lain:

    • Medium Rectangle : 300 x 250 IMU/ Pixel
    • Square Pop Up : 250 x 250 IMU/ Pixel
    • Vertical Rectangle : 240 x 400 IMU/ Pixel
    • Large Rectangle : 336 x 280 IMU/ Pixel
    • Rectangle : 180 x 150 IMU/ Pixel

    2. Banner and Buttons

    Jenis banner and buttons digunakan di website atau blog. Berikut ini beberapa contoh ukuran banner and buttons, antara lain :

    • Full Banner : 468 x 60 IMU/ Pixel
    • Half Banner : 234 x 60 IMU/ Pixel
    • Micro Bar : 88 x 31 IMU/ Pixel
    • Button 1 : 120 x 90 IMU/ Pixel
    • Button 2 : 120 x 60 IMU/ Pixel
    • Vertical Banner : 120 x 240 IMU/ Pixel
    • Audio Button : 125 x 125 IMU/ Pixel
    • Leaderboard : 728 x 90 IMU/ Pixel

    Jenis-jenis Banner Sesuai Kontennya

    Jenis banner juga dikategorikan menurut kontennya, seperti berikut ini:

    1. Banner Niaga

    Banner niaga adalah media promosi yang dibuat dengan tujuan mempromosikan suatu layanan atau produk dari suatu perusahaan. Banner ini diletakkan di depan toko untuk menarik customer agar mereka tertarik dan membeli produk yang bisnis tawarkan.

    Informasi yang ada di dalam banner mengenai keunggulan produk beserta harga atau nominal diskonnya. Agar kegiatan promosi berjalan dengan baik, kata-kata yang disajikan di dalam banner ditulis secara persuasif atau bersifat ajakan.

    2. Banner Pendidikan

    Pihak kampus sering menggunakan banner untuk memberikan berbagai informasi penting terkait hal-hal akademik dan berisikan data yang bersifat informatif.

    3. Banner Politik

    Jenis banner ini tidak untuk mempromosikan produk tetapi untuk mengunggulkan seorang politikus. Penggunaan banner ini untuk menarik perhatian masyarakat agar bersedia memilih politikus tersebut dalam pemilihan umum (pemilu). Banner politik berisikan foto politikus serta jargon andalannya

    4. Banner Kegiatan

    Banner kegiatan berisikan informasi terkait acara di sebuah tempat. Penggunaan media ini agar orang lain dapat mengetahui adanya aktivitas menarik yang akan dan sedang berlangsung.

    Baca Juga: Kenali Perbedaan Brosur, Pamflet, dan Leaflet 

    Cara Membuat Banner yang Mudah

    Cara membuat banner bisa dilakukan dengan mudah dengan menggunakan situs Canva. Cara membuat banner di Canva ini bisa kamu praktikkan dengan menggunakan komputer atau smartphone. Berikut cara membuat banner yang mudah dengan menggunakan situs atau aplikasi Canva.

    1. Buka situs www.canva.com atau aplikasinya di smartphone.
    2. Login akun. Apabila kamu belum memiliki akun, kamu bisa sign up terlebih dahulu.

    3. Setelah sign up, kamu tinggal klik login dan ketik banner di kolom pencarian. Kamu akan diperlihatkan beberapa template banner yang bisa dibuat. Di halaman desain Canva ini, kamu akan melihat beragam fitur, antara lain:
      • Templates

        Template banner adalah dasar untuk membuat banner yang dapat kamu pilih.

      • Elements

        Terdapat berbagai pilihan element yang bisa kamu tambahkan ke desain banner.

      • Uploads

        Kamu dapat memasukkan gambar atau video tambahan dari komputer atau smartphone-mu.

      • Photos

        Fitur yang berisi foto-foto yang telah disediakan oleh Canva dan bisa masukkan ke dalam desain banner.

      • Text, Audio, Videos

        Kamu dapat menambahkan teks serta audio dan video yang sudah disediakan oleh Canva.

      • Background

        Terdapat berbagai background yang bisa kamu gunakan ke dalam desain banner.

    4. Pilihlah template yang kamu inginkan, kemudian desain banner semenarik mungkin agar target market-mu tertarik ketika melihat banner yang kamu buat.
    5. Apabila sudah selesai mendesainnya, download banner yang telah kamu buat. Tombol download terdapat pada bagian kanan atas halaman desain Canva (via website dan aplikasi di smartphone).

    6. Pilihlah tipe file yang akan di-download, lalu klik download.
    7. Kamu sudah bisa mencetak desain banner tersebut.

    Baca Juga: Ketahui Definisi Spanduk, Contoh serta Manfaatnya

    Kesimpulan

    Banner yang lain adalah sebuah media promosi yang di cetak menggunakan print digital dengan berbagai ukuran dan bentuk—potrait atau vertikal.

    Sebuah bisnis akan sangat membutuhkan media promosi seperti banner ini. Apakah kamu memiliki bisnis yang sedang kamu jalani dan kesulitan dalam mengunggah banner digitalmu ke website tokomu? Tentunya kamu membutuhkan aplikasi wirausaha online yang akan memudahkanmu dalam mengunggah promosi bisnismu, kan?

    Solusinya adalah menggunakan aplikasi majoo. Aplikasi majoo adalah aplikasi wirausaha online all in one. Fitur aplikasi majoo yang dapat mengatur promosi untuk website bisnismu adalah fitur toko online. Kamu dapat mengatur promosi toko online dengan mudah dari dashboard majoo dengan berbagai jenis pengaturan promosi yang menarik untuk pelanggan dan meningkatkan penjualan. Sungguh mudah, bukan?

    Selain itu, di dalam aplikasi terdapat fitur kasir online, akuntansi, analisis bisnis, owner dan lain sebagainya.

    So, upgrade level bisnismu dengan menggunakan aplikasi majoo.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Kenali Apa Itu CV ATS Friendly
    CV ATS Friendly adalah CV yang secara otomatis dapat disortir melalui sebuah aplikasi yang disebut ATS. Lalu, bagaimana membuat CV ATS Friendly yang baik?
    NPV adalah: Rumus, Contoh, dan Cara Menghitung
    Tidak hanya bermanfaat untuk menganalisis untung rugi, perhitungan NPV juga akan sangat membantu dalam menyusun perencanaan keuangan perusahaan.
    Bisnis Proposal atau Proposal Bisnis? Mana yang Benar?
    Apa itu bisnis proposal? Apakah sama dengan proposal bisnis? Sebelum membuatnya, pahami pengertian dan ciri-ciri proposal bisnis lebih dulu.
    Bank Digital adalah Kebutuhan Masyarakat Saat Ini. Kok Bisa?
    Bank digital adalah transformasi layanan perbankan dari luring menjadi daring. Kemunculannya semakin marak di Indonesia. Mau jadi nasabahnya?