Dalam sebuah bisnis, promosi erat kaitannya dari kegiatan pemasaran pada sebuah perusahaan. Pemasaran baik produk maupun jasa jelas memberikan dampak yang baik pada terlaksananya proses penjualan.
Untuk mempermudah proses penyampaian pesan penjualan kepada konsumen, perlu adanya media promosi yang menarik, kreatif, dan efektif agar dapat menarik perhatian konsumen yang membacanya.
Secara umum, spanduk adalah salah satu media informasi yang digunakan untuk melakukan promosi produk atau jasa agar dapat diketahui oleh masyarakat umum.
Definisi Spanduk
Spanduk yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah banner berasal dari bahasa Latin “banderia” atau “bandum”. Definisi spanduk atau banner pernah disampaikan oleh beberapa ahli seperti berikut ini.
Soewardikoen menjelaskan bahwa spanduk merupakan salah satu media iklan yang terdiri dari unsur gambar (ilustrasi dengan tangan atau foto) digabungkan dengan unsur tertulis (huruf-huruf, kata-kata, dan kalimat) yang dirangkai sedemikian rupa dengan tujuan untuk menarik atau memikat pembaca.
Menurut Darmadi Durianto, pengertian banner yaitu suatu proses komunikasi yang memiliki tujuan untuk membujuk banyak orang untuk membeli dan menggunakan apa yang diiklankan dan menjadi sebuah promosi yang dapat meningkatkan daya beli orang-orang yang menginginkan produk tersebut.
Sedangkan Rachmat Kriyantono mengungkapkan bahwa banner merupakan suatu bentuk komunikasi non personal yang menyampaikan pesan untuk menjual sebuah produk yang memungkinkan lebih banyak konsumen untuk membeli produk yang dijual dan membayar media yang digunakan.
Baca Juga: 4 Pengertian Reklame: Contoh, Jenis Menurut Para Ahli
Istilah banner di era digital ini seringkali juga digunakan untuk menjelaskan sebuah media promosi yang berisi gambar dan teks pada blog atau website. Umumnya disertai dengan link aktif yang ketika link tersebut diklik akan mengarahkan pengguna ke halaman website yang sedang dipromosikan.
Fungsi dan Tujuan Spanduk
Secara umum, terdapat beberapa fungsi spanduk yang mesti kamu ketahui:
-
Media informasi
Spanduk digunakan sebagai media untuk memberikan informasi yang cepat dan terperinci.
-
Media promosi
Fungsi spanduk sebagai media promosi merupakan fungsi utama dari spanduk itu sendiri. Ini dirasa menjadi media yang paling efektif dalam mempromosikan sesuatu.
-
Meningkatkan Daya Tarik
Selanjutnya, spanduk memiliki fungsi sebagai penambah daya tarik untuk para konsumen. Dengan pemasangan spanduk yang dapat menarik perhatian, diharapkan para konsumen akan memiliki ketertarikan untuk datang mengunjungi tempat tersebut.
-
Sebagai Dekorasi dan petunjuk Arah
Spanduk juga dapat berfungsi sebagai media yang dapat digunakan untuk dekorasi ataupun petunjuk arah.
Baca Juga: Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Promosi yang Harus Dipahami
-
Sebagai Identitas atau Ciri Khas
Spanduk atau banner juga bertujuan sebagai ciri khas atau identitas tertentu. Contohnya seperti spanduk atau banner yang digunakan sebagai media beriklan di website atau blog. Dengan adanya banner ini pengunjung akan mudah menghafal dan mengingat brand pada website atau blog tersebut.
Sedangkan tujuan dari pemasangan spanduk ini adalah untuk mempromosikan, mengiklankan, memberikan informasi sebuah produk maupun jasa kepada masyarakat luas, sehingga banyak yang mengetahui isi spanduk dan tertarik untuk membeli produk atau jasa yang dipasarkan.
Selain itu, diharapkan masyarakat yang telah mengetahui informasi yang ada pada spanduk tersebut akan menyebarkan informasinya kepada masyarakat lain.
Baca juga: Menyusun Strategi Pemasaran 2022 dalam 5 Langkah Mudah
Manfaat Spanduk
Popularitas spanduk tidak hilang begitu saja meskipun banyaknya bentuk promosi baru yang bermunculan baik offline maupun online. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari pemasangan spanduk sebagai bentuk pemasaran brand kamu:
-
Menciptakan Brand Awareness
Pemasangan spanduk memberi keuntungan bagi pemilik usaha. Masyarakat menjadi tahu dan mengenal produk atau jasa yang kamu sediakan. Apalagi jika desain dan penulisannya yang efektif dan menarik, tentu saja akan sangat membantu konsumen yang membacanya.
-
Meningkatkan Kredibilitas
Tidak dapat kita mungkiri bahwa persaingan di dunia bisnis sangatlah sengit. Untuk itu, pembuatan spanduk yang menarik dan memiliki kreativitas yang baik akan sangat membantu meningkatkan kredibilitas dari bisnis atau produk dan jasa yang kamu tawarkan.
Baca Juga: Konsep Brand Awareness dan Cara Meningkatkannya Dalam Bisnis
Jenis-jenis Spanduk
Ada tiga jenis spanduk yang ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing:
- Spanduk sablon: kelebihan dari spanduk jenis ini yaitu dapat mencetak banyak spanduk dalam waktu yang cepat. Kelemahan dari spanduk ini adalah jika campuran cat yang digunakan tidak pas, maka hasil cetakan spanduk bisa berpotensi luntur jika terkena air.
- Spanduk spray: kelebihan spanduk spray ini yakni lebih tahan terhadap air dan kelemahan yang dihasilkan dari spanduk ini adalah durasi pengerjaan yang lebih lama.
- Spanduk printing: spanduk ini memiliki kelebihan pada hasil cetak yang lebih bagus dan lebih berwarna dibandingkan dengan jenis spanduk lainnya. Namun, harga yang masih tergolong mahal menjadi kelemahannya.
Selain jenis-jenis spanduk yang sudah disebutkan di atas, ada juga jenis spanduk yang dikategorikan berdasarkan ukuran dan bentuknya. Berikut penjelasannya.
-
Berdasarkan Ukurannya
Umumnya jenis spanduk berdasarkan ukuran ini dapat dibedakan menjadi beberapa bagian lagi, yaitu:
- Ukuran Standar
Spanduk atau banner dengan ukuran standar ini biasanya digunakan untuk kepentingan promosi seperti pop-up. Ukuran banner standar biasanya sekitar:
- 300 x 250 IMU/Pixel - Medium Rectangle
- 250 x 250 IMU/Pixel - Square Pop-up
- 336 x 280 IMU/Pixel - Large Rectangle
- 180 x 150 IMU/Pixel - Rectangle
- 240 x 400 IMU/Pixel - Vertical Rectangle
- Banner dan Buttons
Selanjutnya ada banner dan buttons yang biasanya banyak digunakan untuk media beriklan di internet. Ukuran banner dan buttons sekitar:
- 120 x 60 IMU/Pixel - Button 2
- 120 x 240 IMU/Pixel - Vertical Banner
- 125 x 125 IMU/Pixel - Suara Button
- 728 x 90 IMU/Pixel - Leaderboard
- 469 x 60 IMU/Pixel - Full Banner
- 234 x 60 IMU/Pixel - Half Banner
- 88 x 31 IMU/Pixel - Micro Bar
- 120 x 90 IMU/Pixel - Button
Baca juga: Tren Promosi Bakar Uang Ternyata Bermanfaat bagi Perusahaan
-
Berdasarkan bentuk, spanduk atau banner terdiri dari beberapa macam jenis, seperti:
- X - Banner
Sesuai dengan namanya, banner ini berbentuk X dan terdapat dua tiang penyangga. Umumnya, tiangnya terbuat dari aluminium yang ringan dan mudah untuk dibawa. Banner jenis ini terhitung tahan lama dan dapat digunakan baik di dalam maupun luar ruangan.
- Mini X - Banner
Selanjutnya ada mini X banner yang hampir mirip dengan X banner, hanya saja ukurannya lebih kecil. Tempat penyimpanan mini X banner ini biasanya ada di atas meja. Mini X banner ini difungsikan sebagai media promosi atau informasi seperti jadwal sebuah acara atau menu makanan dan minuman.
- Roll Banner
Kemudian ada jenis roll banner. Banner ini berbentuk roll dan untuk menggunakannya cukup ditarik pada bagian sisi atas atau bawah roll agar semua bagiannya terbuka.
Contoh Penggunaan Spanduk
Berikut ini merupakan beberapa contoh penggunaan spanduk di kehidupan sehari-hari.
- Spanduk makanan
- Spanduk HUT RI
- Spanduk ramadhan
- Spanduk konter pulsa
- Spanduk laundry
- Spanduk ponsel
- Spanduk toko kelontong
- Spanduk toko baju
- Spanduk seminar
- Spanduk wisata
- Spanduk workshop
Media promosi dan pemasaran tidak dapat dimungkiri telah menjadi salah satu vital core dalam kegiatan berbisnis. Dengan banyaknya media promosi dan informasi yang ada, Aplikasi Majoo dapat memudahkan kamu untuk mem-branding usaha bisnis yang kamu miliki.
Aplikasi Majoo merupakan aplikasi POS yang mempunyai berbagai macam fitur. Selain dapat melakukan pemantauan dalam performa berbisnis, Aplikasi kasir online Majoo mempunyai blog khusus dalam tips dalam berbisnis dan menjadi platform pemasaran bisnis kamu. Menarik bukan?