Biaya Bahan Baku: Pengaruh & Strategi Pengendalian

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail

Biaya bahan baku merupakan biaya yang dikeluarkan untuk menciptakan atau memproduksi suatu produk


Biaya bahan baku merupakan biaya yang dikeluarkan untuk menciptakan atau memproduksi suatu produk. Perubahan biaya bahan baku sering terjadi, dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti pasokan, permintaan, kondisi pasar, dan tingkat produksi perusahaan.


Biaya bahan baku juga berdampak pada jumlah produksi perusahaan dalam jangka waktu tertentu dan harga produk saat masuk ke pasar. Selain itu, kualitas bahan baku turut mempengaruhi besaran biaya bahan baku yang harus dikeluarkan perusahaan.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Biaya Bahan Baku

Pasar Komoditas Global

Faktor biaya bahan baku pertama yang harus kamu ketahui adalah pasar komoditas global. Fluktuasi harga komoditas seperti minyak, logam, dan bahan pangan memiliki dampak langsung pada biaya bahan baku industri. Perubahan harga ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti permintaan dan penawaran, geopolitik, dan kondisi ekonomi global.

Kurs Valuta Asing

Kurs valuta asing juga menjadi faktor penting dalam biaya bahan baku, terutama jika perusahaan melakukan impor atau ekspor. Perubahan nilai tukar mata uang dapat menyebabkan fluktuasi harga bahan baku, dan perusahaan harus mengelola risiko ini dengan strategi pengendalian biaya yang tepat.