Biaya komersial adalah biaya-biaya operasional di luar biaya produksi. Seperti yang sudah diketahui, operasional perusahaan tentu melibatkan berbagai macam biaya. Biaya-biaya tersebut dikelompokkan untuk mempermudah pengaturan keuangan perusahaan.
Berdasarkan karakteristiknya, biaya dikelompokkan menjadi material cost, labor cost, dan expense. Sementara itu, jika dilihat dari traceability, terdapat direct cost dan indirect cost.
Nah, berdasarkan fungsinya, biaya dibagi menjadi production cost (biaya produksi) dan commercial cost (biaya komersial).
Apa Itu Commercial Cost atau Biaya Komersial?
Seperti telah disebutkan sebelumnya, commercial cost merupakan pembagian yang muncul berdasarkan klasifikasi fungsional. Jadi, penggolongannya mengikuti pola kegiatan dasar organisasi bisnis, yaitu produksi dan non-produksi. Karena itu, kadang commercial cost juga disebut sebagai biaya non-produksi.
Untuk memahaminya, mari kita ingat kembali terlebih dahulu pengertian biaya produksi. Definisi biaya produksi ialah biaya yang berkaitan langsung dengan pembuatan atau konstruksi suatu barang.
Sementara itu, biaya komersial adalah total biaya operasi perusahan di luar biaya produksi. Di dalamnya termasuk biaya pemasaran, biaya administrasi, dan lain-lain. Lebih rinci terkait jenis-jenis commercial cost akan dibahas pada poin berikutnya.
Poin pentingnya ialah kamu perlu memahami commercial cost bila kamu mengelola suatu perusahaan.
Sebut saja, dalam penentuan harga jual, tak hanya production cost, tetapi commercial cost juga perlu dimasukkan dalam pertimbangan bila kamu tak ingin keuangan perusahaan merugi.
Lebih dari itu, efektivitas pengelolaan commercial cost juga sangat menentukan keberlangsungan bisnis. Pemahaman dan penentuan anggaran biaya komersial yang baik memungkinkan perusahaan menerapkan strategi penghematan biaya secara tepat. Dampak selanjutnya tentu meminimalkan risiko kerugian.
Jika kamu berada dalam posisi manajemen perusahaan, pemahaman tentan commercial cost juga membantumu dalam pembuatan keputusan investasi. Sebagian dari kamu mungkin sudah memahami bahwa variabel biaya yang akan dikeluarkan dan potensi keuntungan perlu dipertimbangkan saat perusahaan akan berinvestasi.
Dengan kata lain, commercial costs berperan dalam penentuan harga jual yang tepat, evaluasi kinerja bisnis, dan pembuatan keputusan investasi yang tepat. Jadi, risiko kerugian dapat diminimalkan, sedangkan potensi keuntungan lebih maksimal.
Baca Juga: Iklan Komersial: Pengertian, Tujuan, Ciri, dan Contohnya
Apa Saja Biaya Komersial?
Sebelumnya telah disinggung bahwa commercial cost terdiri dari beberapa jenis biaya. Nah, apa saja biaya komersial tersebut? Mari lihat pembahasan jenis-jenis commercial costs di bawah ini!
Biaya pemasaran
Biaya pemasaran mengacu pada biaya yang dikeluarkan oleh bisnis untuk mempromosikan dan mengiklankan produk atau layanannya kepada pelanggan potensial.
Commercial cost yang satu ini mencakup berbagai pengeluaran seperti periklanan, public relation, promosi penjualan, pemasaran langsung, dan kampanye pemasaran lainnya.
Biaya-biaya ini perlu dikeluarkan oleh bisnis dalam rangka menarik dan mempertahankan pelanggan, meningkatkan brand awareness, dan mendorong penjualan.
Biaya penjualan
Biaya penjualan adalah biaya internal dan eksternal yang timbul yang secara langsung dan tidak langsung berkaitan dengan penjualan.
Contoh biaya komersial yang termasuk dalam biaya penjualan, misalnya biaya gaji dan komisi tim penjualan, biaya pelatihan untuk tim penjualan, biaya transportasi untuk kunjungan ke pelanggan, biaya alat untuk mendukung penjualan, dan lain-lain.
Biaya pengiriman
Saat kamu mendengar istilah ‘biaya pengiriman’, beberapa di antara kamu mungkin mengaitkannya dengan bisnis online. Sebagian dari kamu mungkin merasa biaya ini tidak relevan karena bisnisnya hanya melayani pelanggan di gerai fisik.
Padahal baik bisnis online ataupun offline, tetap ada biaya pengiriman. Biaya pengiriman adalah biaya langsung untuk memindahkan barang dari rak toko atau gudang milikmu kepada pelanggan.
Dengan kata lain, biaya-biaya ini termasuk, tetapi tidak terbatas pada:
Biaya kemasan: Kotak kemasan, stiker, paper bag, dan lain-lain.
Biaya pekerja yang bertugas mengemas produk
Biaya transportasi atau kurir
Biaya asuransi pengiriman
Dan lain-lain
Biaya administrasi
Hampir bisa dipastikan, terdapat kegiatan administrasi dalam setiap bisnis. Nah, biaya-biaya yang timbul karena kegiatan administrasi disebut biaya administrasi. Umumnya, biaya-biaya ini merupakan biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk operasional sehari-hari.
Mulai dari biaya pengelolaan gedung, biaya sewa, utilitas, biaya akuntansi, hingga biaya gaji eksekutif masuk dalam biaya administrasi. Biaya-biaya ini tidak terkait langsung dengan fungsi inti perusahaan seperti produksi atau penjualan, tetapi mendukung fungsi dan administrasi bisnis.
Biaya administrasi juga biasanya tetap dikeluarkan terlepas dari perusahaan menjual produk atau tidak. Karena itu, dari sisi sifatnya biaya administrasi termasuk ke dalam biaya tetap.
Baca Juga: Commercial Invoice: Pengertian, Fungsi dan Cara Membuatnya
Cara Menghitung Biaya Komersial
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, commercial cost merupakan biaya operasional bisnis. Dengan demikian, cara menghitung biaya komersial layaknya cara menghitung operational cost. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan.
Mengumpulkan dokumen keuangan
Jika kamu merasa bingung dalam menghitung biaya operasional, kumpulkan dokumen keuangan perusahaanmu, meliputi:
Laporan laba rugi
Neraca keuangan
Laporan arus kas
Laporan ekuitas
Setiap catatan atau tanda terima pengeluaran yang mungkin tidak dimasukkan dalam laporan keuangan
Laporan bank
Laporan kartu kredit
Pengumpulan seluruh dokumen di atas tidak harus selalu dilakukan. Beberapa biaya mungkin tidak relevan. Selain itu, sebagian besar biaya mungkin sudah tercatat di laporan rugi laba atau neraca.
Namun, agar yakin dan tak ada yang terlewat sebaiknya kamu tinjau semua laporan yang berkaitan dengan pengeluarn bisnis.
Mengidentifikasi jenis biaya
Setelah itu, periksalah setiap laporan dengan cermat untuk memastikan tak ada transaksi yang terlewat. Transaksi yang tidak tercata tentu berisiko pada perhitungan biaya komersial atau biaya operasional bisnis yang salah.
Kalau ada banyak dokumen keuangan yang perlu kamu tinjau, buatlah spreadsheet atau gunakan software akuntansi untuk mempermudah pelacakan pengeluaran secara akurat.
Mulailah dengan laporan laba dan rugi karena mencakup entri individual untuk setiap pengeluaran bisnis.
Setelah selesai dengan laporan tersebut dan dokumen lain yang relevan, periksa dokumentasi dan faktur tambahan untuk melakukan referensi silang terhadap pengeluaran tersebut.
Buang semua pembayaran yang sudah ada dalam laporan laba rugi sehingga kamu tidak menghitung biaya dua kali lipat.
Kabar baiknya, pekerjaanmu bisa lebih mudah karena sebelumnya kamu telah mengelompokkan jenis biaya, yaitu:
Biaya penjualan, pemasaran, dan pengiriman
Biaya administrasi
Biaya gaji
Menghitung total biaya
Jika setiap jenis biaya sudah kamu identifikasi, kamu tinggal menjumlahkan semua biaya untuk setiap kategori, yaitu kategori biaya penjualan dan pemasaran (termasuk biaya pengiriman), biaya administrasi, dan biaya gaji.
Setelah selesai, langkah selanjutnya kamu menghitung total biaya bisnis untuk periode tertentu. Cara menghitung biaya komersial bisa dilakukan dengan rumus yang sangat mudah.
Perhitungannya memang tidak sulit. Tantangan utama terletak pada identifikasi, pengelompokkan, dan analisis hasil. Namun, jika pembukuanmu akurat, kamu dapat melacak pengeluaran tanpa harus berpindah-pindah laporan keuangan dan tanda terima pembayaran.
Tak perlu khawatir bila kamu masih belum terlalu memahami pembuatan laporan keuangan. Kini, kamu bisa menggunakan aplikasi wirausaha majoo yang sudah dilengkapi fitur aplikasi akuntansi. Penasaran? Yuk, coba majoo sekarang!
Sumber:
https://www.toppr.com/guides/fundamentals-of-accounting/fundamentals-of-cost-accounting/classification-of-costs/
https://analisku.com/biaya-komersial-adalah/
https://www.wallstreetmojo.com/marketing-cost/
https://finmark.com/glossary/sales-and-marketing-expenses/
https://beambox.com/townsquare/how-to-calculate-operating-expenses