Biaya Overhead Pabrik: Pengertian dan Cara Menghitungnya

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail
Biaya overhead pabrik ternyata juga mempunyai peranan yang cukup penting dalam sebuah bisnis. Meskipun tidak berhubungan secara langsung dengan proses produksi pabrik, namun biaya ini tetap harus diperhitungkan secara tepat. Hal ini supaya bisnis dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan anggaran yang direncanakan.

Pengertian Biaya Overhead Pabrik

Biaya overhead pabrik merupakan biaya yang digunakan untuk proses produksi dimana biaya ini tidak berhubungan secara langsung dengan produksi suatu barang atau jasa, namun berhubungan dengan operasi pabrik secara keseluruhan. Biaya overhead pabrik dapat mencakup biaya sewa gedung pabrik, biaya listrik, biaya perawatan mesin, gaji karyawan non-produksi, dan biaya administrasi.

Biaya overhead pabrik sangat penting dalam perhitungan harga pokok produksi karena biaya ini akan mempengaruhi profitabilitas suatu produk atau jasa. Oleh karena itu, perusahaan harus memperhitungkan dengan cermat biaya overhead pabrik untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya dan meningkatkan efisiensi produksi.

Penghitungan biaya overhead pabrik biasanya dilakukan dengan menggunakan metode costing, seperti full costing atau activity-based costing. Dalam metode full costing, biaya overhead pabrik diatribusikan ke produk berdasarkan jumlah unit produksi, sedangkan dalam activity-based costing, biaya overhead pabrik diatribusikan ke produk berdasarkan aktivitas produksi yang dilakukan.

Baca Juga: Apa Itu Pabrik? Ketahui Pengertian dan Contohnya!

Manfaat menghitung Biaya Overhead Pabrik

Menghitung biaya overhead pabrik tentu saja mempunyai beberapa manfaat bagi bisnis. Beberapa manfaat dari menghitung biaya overhead adalah sebagai berikut:

  1. Memastikan akurasi harga pokok produksi

Dengan menghitung biaya overhead pabrik dengan cermat, perusahaan dapat memastikan bahwa harga pokok produksi yang diberikan pada setiap produk mencakup semua biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan produk tersebut, termasuk biaya overhead pabrik. 


Hal ini penting untuk menentukan harga jual produk yang tepat dan memaksimalkan profitabilitas perusahaan.

  1. Mengoptimalkan penggunaan sumber daya

Manfaat menghitung biaya overhead pabrik juga mempunyai manfaat untuk mengetahui besarnya biaya overhead pabrik yang dikeluarkan, perusahaan dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya, seperti mesin-mesin, listrik, dan karyawan non-produksi, sehingga efisiensi produksi dapat meningkat.


  1. Meningkatkan efektivitas pengambilan keputusan 


Dengan mengetahui besarnya biaya overhead pabrik yang dikeluarkan pada setiap produk, perusahaan dapat mengevaluasi kinerja produksi dan mengambil keputusan yang lebih tepat terkait dengan investasi, produksi, dan pengendalian biaya.

  1. Menjamin kelangsungan operasi perusahaan

Menghitung biaya overhead pabrik juga berguna untuk mengetahui besarnya biaya overhead pabrik yang dikeluarkan, perusahaan dapat menentukan tingkat produksi yang dapat dihasilkan secara berkelanjutan tanpa mengorbankan profitabilitas. Hal ini penting untuk memastikan kelangsungan operasi perusahaan dalam jangka panjang.

Untuk memudahkan kamu dalam menghitung biaya overhead pabrik pada suatu bisnis atau perusahaan, gunakanlah aplikasi akuntansi majoo. Aplikasi ini merupakan aplikasi pendukung bisnis terbaik bagi wirausaha dan memiliki fitur yang lengkap berguna untuk mengelola semua kegiatan yang berhubungan dengan keuangan.